Logo BeritaSatu

Nakhoda Kapal KM Sinar Bangun Diamankan

Rabu, 20 Juni 2018 | 15:52 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / FMB

Parapat - Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Simalungun, AKBP Marudut Liberty Panjaitan menegaskan, nakhoda Kapal KM Sinar Bangun sudah diamankan atas kasus kapal tenggelam yang banyak merenggut korban jiwa tersebut.

"Saya tidak bisa menyampaikan keberadaan nakhoda kapal tersebut. Bila diberitahukan justru bisa menimbulkan amukan massa," ujar Kapolres Simalungun di Pelabuhan Tigaras di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Rabu (20/6).

Kapolres mengatakan, sudah tiga penumpang yang ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa, satu di antaranya ditemukan di hari pertama saat musibah kapal itu tenggelam dan dua jenazah lagi ditemukan tim gabungan dalam pencarian hari ini.

"Nakhoda kapal ini diamankan karena kita menilai sesuatu yang aneh, sebab dalam daftar korban yang hilang maupun selamat, justru namanya tidak ditemukan. Setelah dicari informasi ternyata berada di darat dan kita amankan," katanya.

Namun, Kapolres tidak menjelaskan lebih rinci identitas nakhoda kapal yang dengan sengaja memasukkan penumpang dalam jumlah sebanyak-banyaknya itu demi mendapatkan keuntungan besar.

Berdasarkan informasi yang diperoleh SP dari sejumlah perwira kepolisian, nakhoda kapal KM Sinar Bangun itu bernama Tua Sagala. Identitas nakhoda itu juga dibenarkan oleh warga yang bertetanggaan dengan nakhoda kapal itu di Simanindo, Kabupaten Samosir.

Kapolres mengatakan, ada unsur kelalaian yang membuat polisi turun melakukan investigasi atas musibah kapal tenggelam tersebut. Pertama, sesuai sertifikasi kapal KM Sinar Bangun dengan berat 17gross ton yang hanya mampu menampung 40 penumpang.

"Kemudian, untuk spesifikasi kapal sesuai sertifikat memiliki panjang 17 meter, lebar 4 meter dan tingginya 1,5 meter. Fakta yang ditemukan justru tidak sesuai karena tinggi kapal mencapai 3 lantai. Kendaraan bermotor yang diangkut ada 60 unit," ungkapnya.

Menurutnya, kapal itu juga tidak dilengkapijake penyelamat, perahu karet, maupun sekoci. Investigasi ini masih terus dilakukan. Namun, untuk saat ini kita juga fokus melakukan pencarian korban yang hilang di perairan Danau Toba.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perguruan Tinggi Dunia Apresiasi Kemendikbudristek Selenggarakan Program IISMA

IISMA adalah salah satu program paling kompetitif dari Kemendikbudristek yang diminati. Tahun ini jumlah pendaftar mencapai 7.500 mahasiswa dari 31 provinsi.

NEWS | 9 Desember 2022

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE