Logo BeritaSatu

Pengamat: Ingat, yang Sebar Hoax Bukan Ratna

Kamis, 11 Oktober 2018 | 17:19 WIB
Oleh : Robertus Wardi / HA

Jakarta - Direktur Lingkar Masyarakat Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mendesak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) untuk mengambil tindakan terhadap pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno terkait keterlibatan mereka dalam berita bohong atau hoax yang disampaikan Ratna Sarumpaet.

"Kita minta Bawaslu bekerja. Bawaslu harus proses atas laporan terkait hoax dari Ratna Sarumpaet," kata Ray dalam diskusi bertema “Menimbang Skandal Ratna dari Sudut Hukum Pidana dan Pemilu 2019” di Jakarta, Kamis (11/10).

Ia menjelaskan yang dikejar saat ini bukan Ratna semata. Pasalnya Ratna tidak pernah menyampaikan ke publik bahwa dia berbohong telah dianiaya. Yang membuka ke publik adalah orang-orang yang menemui Ratna atau mendapat hoax tersebut, termasuk Prabowo, Sandiaga, Fadli Zon, Eggi Sujana, Fahri Hamzah, dan Amien Rais.

"Perbuatan mereka itu termasuk pelanggaran kampanye atau bukan? Apakah masuk kampanye hitam atau bukan? Itu yang harus dikejar Bawaslu. Kalau polisi saja sudah menetapkan Ratna sebagai tersangka, harusnya Bawaslu juga membuat keputusan terhadap para penyebar berita hoax," ujar Ray.

Dia menegaskan Bawaslu bisa melihat dua hal dalam penyebaran berita hoaks dari kasus Ratna. Pertama, apakah para penyebar, termasuk Prabowo-Sandi melakukan secara bersama-sama dan terkoordinasi. Kedua, apakah penyebaran hanya orang per orang. Jika terbukti melakukan secara bersama-sama maka Prabowo-Sandi bisa didiskualifikasi.

"Mereka kan keluarkan statemen hampir bersamaan. Isinya juga hampir sama. Ini harus diselidiki, apa karena kebetulan atau memang sudah ada skenario. Kalau sudah diskenario berarti mereka memang melakukan bersama-sama. Maka Prabowo-Sandi dan timnya harus dibubarkan," ujar Ray.

Jika dilakukan orang per orang dan masuk dalam tim Kampanye resmi, Ray tegaskan orang yang terlibat harus diberhentikan dari tim kampanye. Misalnya Fadli Zon yang ikut menyebarkan secara perorangan maka Fadli harus diberhentikan dari tim kampanye Prabowo-Sandi.

"Bawaslu harus berani ambil tindakan. Kalau tidak, di kemudian hari akan muncul lagi hoax-hoax berikutnya," tutup Ray.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perguruan Tinggi Dunia Apresiasi Kemendikbudristek Selenggarakan Program IISMA

IISMA adalah salah satu program paling kompetitif dari Kemendikbudristek yang diminati. Tahun ini jumlah pendaftar mencapai 7.500 mahasiswa dari 31 provinsi.

NEWS | 9 Desember 2022

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

EKONOMI | 44 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE