Logo BeritaSatu

Kabupaten Bungo Diterjang Banjir, 914 Rumah Warga Terendam

Selasa, 6 November 2018 | 08:49 WIB
Oleh : Radesman Saragih / CAH

Jambi - Banjir menerjang Kabupaten Bungo, Jambi. Bupati Bungo, Mashuri meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat mengevakuasi seluruh warga yang terdampak banjir di delapan desa di dua kecamatan, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Warga yang rumahnya terendam dan tidak bisa lagi melakukan aktivitas sehari-hari perlu segera diungsikan dan diberi bantuan.

“Saya meminta BPBD Bungo segera mengevakuasi seluruh korban banjir di Kecamatan Jujuhan dan Jujuhan Ilir yang rumahnya sudah terisolir. Evakuasi korban banjir itu perlu segera dilakukan karena banjir cukup tinggi dan diperkirakan bakal terus naik. Warga yang rumahnya sudah terendam banjir jangan dibiarkan bertahan di rumah mereka agar tidak ada warga yang menjadi korban,”kata Mashuri ketika meninjau korban banjir di beberapa desa di Kecamatan Jujuhan, Kabupaten Bungo, Senin (5/11).

Advertisement

Menurut Mashuri, penanganan banjir di daerah itu harus dilakukan secara cepat mencegah jatuhnya korban jiwa. Korban banjir yang rumahnya sudah teriolir harus segera diungsikan. Kemudian dapur umum juga harus segera didirikan mengantisipasi bertambahnya korban banjir yang mengungsi.

“Selain itu posko kesehatan juga perlu segera didirikan di desa-desa yang terendam banjir. Kemudian bantuan makanan, air bersih, obat-obatan dan pakaian juga harus segera disalurkan kepada korban banjir. Penanganan korban banjir ini harus dilakukan secepatnya hingga nanti penanganan pascabanjir,”ujarnya.

Sementara itu Kepala BPBD Bungo, Indones di di Muarabungo, Kabupaten Bungo, Jambi menjelaskan, jumlah korban banjir yang mengungsi di Bungo hingga Selasa (6/11) baru 20 kepala keluarga (KK). Korban banjir yang mengugsi itu terdapat di Desa Ujungtanjung, Kecamatan Jujuhan. Sebagian besar korban banjir di daerah itu masih bertahan di rumah mereka menunggu banjir surut.

Dijelaskan, banjir yang melanda delapan desa di Kecamatan Jujuhan dan Jujuhan Ilir, Bungo sejak Minggu – Selasa (4 – 6/11) menyebabkan 914 unit rumah warga terendam. Rumah warga yang terendam banjir di lima desa, Kecamatan Jujuhan mencapai 738 unit. Kemudian rumah warga yang terendam banjir di tiga desa, Kecamatan Jujuhan Ilir mencapai 176 unit. Satu rumah di Desa Ujungtanjung, Jujuhan hanyut terseret banjir. Namun tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut.

Sebagian besar warga yang rumahnya terendam banjir masih bertahan di rumah mereka. Mereka menunggu banjir surut. Warga yang mengungsi baru 20 KK, yakni di Desa Ujungtanjung, Jujuhan. Namun kami terus memantau kondisi banjir di lapangan.

“Bila rumah warga sudah terisolir banjir, warga akan kami evakuasi. Petugas BPBD dibantu relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) sudah siap mengevakuasi warga. Bantuan untuk korban banjir juga sudah disalurkan,” katanya.

Indones mengatakan, banjir yang melanda Kecamatan Jujuhan dan Jujuhan Ilir, Bungo disebabkan lualan air Sungai Jujuhan. Sungai tersebut meluap sejak Minggu (4/11) menyusul curah hujan yang terus meninggat di daerah itu pekan lalu. Luapan Sungai Jujuhan diperkirakan terus naik karena curah hujan di daerah itu masih tinggi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Penembakan Calon Anggota DPD hingga Pengakuan Duloh Setubuhi Korbannya

Berita penembakan calon anggota DPD RI Bengkulu hingga pengakuan Duloh bersetubuh dengan mertua Wowon menjadi berita terpopuler

NASIONAL | 4 Februari 2023

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kapolda Jatim: Sopir Bus Maut Berpotensi Tersangka

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta  menyatakan, sopir bus maut berpotensi menjadi tersangka karena diduga mengantuk.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gelombang Tinggi Hantam Puluhan Warung di Pantai Bagedur

Gelombang tinggi kembali menerjang objek wisata Pantai Bagedur di Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Bencana Tanah Bergerak Robohkan Rumah Warga di Lebak

Rumah warga di Jampang Cikoneng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, roboh hingga rata dengan tanah akibat terdampak tanah bergerak.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KSPSI Salurkan Paket Bantuan Kapolri untuk Buruh di Maluku Utara

KSPSI menyalurkan 1.000 paket bantuan sembako dari Kapolri untuk buruh di Maluku Utara di site PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gunung Merapi Tercatat Alami 77 Kali Gempa Guguran

Gunung Merapi mengalami 77 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Minggu (15/5/2022) pukul 00.00-24.00 WIB.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
2 Jam Diskusi, Nasdem-PKS Sebut Tak Bicarakan Cawapres

2 Jam Diskusi, Nasdem-PKS Sebut Tak Bicarakan Cawapres

BERSATU KAWAL PEMILU | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE