Logo BeritaSatu

BPPT Kirim Teknologi Pengolahan Air Siap Minum ke Palu

Jumat, 7 Desember 2018 | 23:03 WIB
Oleh : Ari Supriyanti Rikin / FER

Jakarta - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mengirim unit teknologi pengolahan air siap minum (Arsinum) mobile untuk menjangkau daerah-daerah sulit (remote) di Palu dan Donggala. Meski tanggap darurat telah berakhir dan memasuki masa pemulihan, kebutuhan air siap minum sangat dibutuhkan, terutama daerah sulit air.

Sebelumnya, seminggu pascabencana gempa dan tsunami yang melanda Palu, Donggala dan Sigi, BPPT melalui bakti sosial teknologinya mengirimkan bantuan dari para donatur dan unit Arsinum fix atau Arsinum tak bergerak ke Palu menggunakan kapal Baruna Jaya I.

Deputi BPPT Bidang Teknologi Pengembangan Sumberdaya Alam, Hammam Riza, mengatakan, kebutuhan air minum pascabencana sangat penting. Oleh karena itu, unit Arsinum mobile ini diperuntukkan untuk menjangkau wilayah yang terjauh yang kesulitan air minum apalagi ada daerah yang dilanda tanah bergerak (likuefaksi).

"Meski sebelumnya kami sudah mengirim instalasi yang terpasang dan tidak mobile, tetap diperlukan alat yang bisa memindahkan ke galon-galon masyarakat. Hal ini lebih efektif, kita mendekatkan langsung entah itu ke hunian sementara dan desa-desa tersulit," katanya dalam pelepasan unit Arsinum mobile di kantor BPPT, Jakarta, Jumat (7/12).

Rencananya, teknologi Arsinum BPPT ini tiba Senin malam di Palu, dengan diangkut kapal dari Surabaya ke Makassar lalu menempuh jalur darat ke Palu.

Bakti sosial teknologi BPPT ini juga didukung oleh BRI. Melalui bakti sosial ini, Hammam berharap masyarakat bisa merasakan manfaatnya dan semakin memahami aplikasi teknologi yang berhasil dibuat anak bangsa.

Direktur Pusat Teknologi Lingkungan BPPT, Rudi Nugroho, menjelaskan, Arsinum BPPT ini mampu mengolah air baku yang berasal dari air sumur, air sungai, air payau, air PDAM, air tanah dan mata air.

Sistem filtasinya melalui beberapa tahap. Keunggulan dari Arsinum BPPT ini melalui filtrasi filter, ultrafiltrasi dan membran reverse osmosis dengan ukuran sangat mikro satu per 10.000. Sehingga air yang dihasilkan merupakan air bersih, jernih dan hingga air siap minum.

"Dalam satu jam alat ini mampu mengolah air baku hingga 400 liter. Jika satu orang minum dua liter per hari dan alat beroperasi 10 jam maka bisa melayani kebutuhan air 2.000 orang," ucap Rudi.

Keunggulan lain dari Arsinum ini, pengorganisasian unit bisa memakai tenaga surya atau matahari. Bisa pula dengan genset atau listrik dari PLN. Daya maksimal unit mencapai 2.000 watt.

Sebelumnya, Arsinum mobile BPPT ini juga pernah dioperasikan membantu korban bencana di Lombok. Untuk pengoperasian Arsinum mobile di Palu dan Donggala rencananya hingga Januari 2019.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anies Hormati Kebijakan Partai Usung Calon Pilpres 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghormati kebijakan partai untuk mengusung calon yang akan maju pada Pilpres 2024

NEWS | 26 September 2022

5 Penyelamat Tewas Saat Topan Kuat Noru Melanda Filipina

Lima orang penyelamat tewas di Filipina setelah mereka dikirim ke wilayah yang terendam banjir selama topan kuat Noru melanda Filipina.

NEWS | 26 September 2022

Satgas PMK: 3 Juta Ekor Hewan Ternak Telah Divaksin

Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK) menyatakan 3.038.262 ekor hewan telah menjalani vaksinasi PMK.

NEWS | 26 September 2022

KPK Bakal Telusuri Dugaan Pencucian Uang Lukas Enembe Terkait Judi

KPK membuka peluang untuk menelusuri dugaan pencucian uang oleh Gubernur Papua Lukas Enembe yang terkait dengan perjudian.

NEWS | 26 September 2022

PM Malaysia Ismail Sabri Minta Sekjen PBB Hilangkan Hak Veto

PM Malaysia Ismail Sabri bertemu dengan Sekjen PBB António Guterres kembali meminta pimpinan organisasi dunia itu menghilangkan hak veto.

NEWS | 26 September 2022

BUMN Startup Day, Jokowi: Tangkap Peluang dengan Teknologi

Pada BUMN Startup Day, Presiden Jokowi mengatakan krisis pangan adalah suatu masalah besar yang bisa dipecahkan dengan teknologi.

NEWS | 26 September 2022

Jokowi Optimistis Teknologi Digital Jadi Solusi Krisis Pangan

Presiden Jokowi optimistis teknologi digital akan menjadi solusi untuk menyelesaikan krisis pangan di berbagai negara di dunia

NEWS | 26 September 2022

Sultan Ground Bisa Dimanfaatkan Bukan untuk Tambang

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan Sultan Ground bisa dimanfaatkan tetapi bukan untuk pertambangan

NEWS | 26 September 2022

Mutasi Polri, Kapolres Jaksel Dijabat Kombes Ade Ary

Salah satu jabatan di Polri yang dirotasi yaitu Kapolres Metro Jakarta Selatan dan saat ini dijabat oleh Kombes Ade Ary Syam Indradi.

NEWS | 26 September 2022

Sesuai Agenda, KPK Jadwalkan Periksa Lukas Enembe Hari Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan untuk memeriksa Gubernur Papua, Lukas Enembe hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
We The Fest 2022 Pertemukan Pecinta Musik dengan <em>Kripto</em>

We The Fest 2022 Pertemukan Pecinta Musik dengan Kripto

LIFESTYLE | 48 detik yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings