Logo BeritaSatu

LG Lebarkan Dominasi AC Inverter untuk Kebutuhan Komersial

Rabu, 26 Desember 2018 | 15:30 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta - Menjadi pemuncak pasar AC inverter untuk kebutuhan hunian (residential AC) dengan raihan 63 persen pangsa pasar di Indonesia, tak menyurutkan langkah PT LG Electronics Indonesia untuk terus melakukan penetrasi AC hemat listrik. Pihak perusahaan menyatakan bakal melebarkan dominasinya pada AC inverter untuk kebutuhan komersial (commercial AC).

Mendukung ambisinya ini, LG menyatakan tengah menyiapkan berbagai kegiatan yang terangkum dalam kampanye besar di tahun depan. Seluruhnya berfokus pada menumbuhkan kepercayaan diantara stakeholder pada teknologi inverter untuk pilihan pendingin ruang usahanya.

Advertisement

"Tingginya tingkat kepercayaan pada teknologi inverter, menjadi kunci percepatan dunia usaha beralih pada gaya hidup hemat energi," ujar Air Solution Engineering Team Leader LG Electronic Indonesia, Dr Hardian Reza Dharmayanda, Rabu (26/12).

Bila dilihat dari jumlah unit tiap perangkatnya, seperti pula AC bagi kebutuhan hunian, kategori AC untuk ruang usaha yaitu Single Commercial Air Conditioning (SCAC) tetap mengandalkan satu unit indoor dan satu unit outdoor. Namun demikian, AC kategori ini memiliki pilihan kapasitas pendinginan lebih besar yaitu 4PK dan 5PK. Faktor inilah yang membuatnya dikatakan menjadi solusi tepat bagi ruang usaha pada kategori Small Office Home Office (SOHO).

LG Lebarkan Dominasi AC Inverter untuk Kebutuhan Komersial

Upaya LG untuk menguatkan kepercayaan pada teknologi inverter bagi AC untuk kebutuhan komersial ini sebenarnya telah dimulai pada tahun ini. Hal ini dilakukan melalui pengujian tingkat hemat listrik pada dua produk SCAC pada lembaga Electric Power and Energy Study (EPES) di Universitas Indonesia (UI). Hasil pengujian menyatakan, produk SCAC LG tipe floor standing memiliki tingkat penghematan listrik hingga 62 persen dan tipe ceiling cassette penghematan listriknya hingga 50 persen.

Pilihan melakukan pengujian pada UI dilakukan LG terkait dengan reputasinya sebagai lembaga akademik yang memiliki independensi tinggi. Hal ini perlu dilakukan, menurut LG, mengingat kompetisi telah bergerak membuat riuh dengan berbagai jargon pemasaran mengenai hemat energi. Akibatnya, hal ini justru menciptakan keraguan untuk beralih pada AC berteknologi inverter bagi pendukung usahanya.

"Dengan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan, memastikan masyarakat mendapatkan seluruh hak yang dijanjikan. Tak hanya jargon dan sebatas klaim," ujar Hardian.

Modal hasil penelitian inilah yang dibawa LG untuk menyusun kampanye penguatan tingkat kepercayaan masyarakat pada AC inverter yang khusus dicipta untuk kebutuhan dunia usaha. Berbagai kegiatan telah disusun dalam kampanye besar yang akan berjalan sepanjang tahun depan.

Diantaranya dengan menghelat seminar khusus yang menyasar pemilik proyek dan pekerja sektor properti khusus bagi SOHO. Berjalan simultan di berbagai kota besar di Indonesia, seminar ini lebih bertujuan memberi edukasi tentang manfaat penggunaan AC teknologi inverter bagi ruang usaha sekaligus pula mempromosikan keunggulan jajaran produk SCAC LG. Berbarengan dengannya, LG pun akan menggelar berbagai program edukasi sejenis untuk menjangkau daerah sekitar yang lebih jauh.

"Berhadapan langsung dengan calon penggunanya, kedua stakeholder ini memiliki peran krusial dalam mengubah dan mempengaruhi pandangan mengenai pentingnya AC berteknologi inverter bagi dunia usaha," tambah Hardian.

Fokus pada kedua stakeholder ini pun diperkuat dengan upaya LG berkomunikasi dengan calon penggunanya langsung. Dilakukan dengan kampanye penempelan stiker langsung pada kemasan kardus produk SCAC LG yang terletak pada jaringan distribusi penjualan LG. Bersanding dengan keunggulan teknologi inverter, hasil uji hemat listrik dari EPES-UI pun turut menjadi fokus komunikasi stiker ini.

Kampanye pemasangan stiker ini dianggap lebih efektif ketimbang media informasi luar ruang. Pasalnya, AC bagi dunia usaha memiliki jaringan distribusi berbeda dengan AC untuk hunian. Lebih tersebar pada jaringan penjualan tradisional spesialis, penjual lebih banyak langsung memajang AC masih dalam kemasan.

"Memiliki ekosistem pasar yang khas membuat pemasangan stiker langsung pada kardus kemasan menjadi komunikasi lebih efektif yang langsung menjangkau calon pengguna," ujar Hardian.

Disamping rangkaian kampanye ini, LG pun menyatakan bakal menyiapkan jajaran produk baru memperkuat varian AC inverter LG bagi kebutuhan komersial. Lahir dari kategori LG Multi V, AC inverter LG ini nantinya bakal lebih menyasar penggunaan pada gedung bertingkat.

Seperti juga pada kategori SCAC yang lebih menyasar ruang usaha kecil menengah, LG pun bakal melakukan pengujian tingkat penghematan konsumsi listrik pada produk LG Multi V dengan teknologi inverter ini nantinya. Meski belum menunjuk lembaga risetnya, namun LG memastikan reputasi pada tingkat independensi tinggi akan menjadi kriteria utama pilihannya.

Lebih lanjut, Hardian menyatakan, keseluruhan kampanye dan rangkaian pengujian yang dilakukan LG ini tak lepas dari target besar perusahaan pada kompetisi AC khusus bagi kepentingan komersial di tahun depan. Perusahaan telah menetapkan proyeksi pencapaian pada 30 persen pangsa pasar AC komersial berbasis Inverter untuk tahun 2019 di Indonesia.

"Kami optimis pada pencapaian target ini yang bakal sejalan dengan upaya berkesinambungan kami untuk terus memperkuat tingkat kepercayaan masyarakat dunia usaha akan AC berteknologi inverter," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Digelar untuk Karyawan ESDM

Vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 digelar Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai implementasi Surat Edaran (SE) Kementerian Kesehatan.

NEWS | 2 Februari 2023

Disidak Jokowi Malam-malam, Warga Bali Curhat Urat Kejepit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi sejumlah rumah warga di Dusun Keingetan, Desa Singakerta, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.

NEWS | 2 Februari 2023

Top 5 News, Aksi Wowon Serial Killer Tipu TKW hinggaMahfud MD Yakin Hakim Kasus Ferdy Sambo Adil

Aksi tersangka serial killer Wowon mengubah karakter menjadi Aki Banyu untuk menipu TKW menjadi berita terpopuler atau top news Beritasatu.com.

NEWS | 2 Februari 2023

Cuaca Jakarta Hari Ini, Hujan Diperkirakan Akan Guyur Sejumlah Wilayah

Cuaca Jakarta  pada siang hari, wilayah Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan akan hujan dengan intensitas ringan.

NEWS | 2 Februari 2023

Kemenparekraf Dukung Upaya Kemenkes Percepat Vaksinasi Booster Kedua

Kemenparekraf menggandeng Kemenkes menggelar kegiatan Sentra Vaksinasi Booster Kedua di kantor Kemenparekraf, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, 1-3 Februari.

NEWS | 2 Februari 2023

Cari Dokumen Rahasia, FBI Geledah Rumah Pantai Milik Joe Biden

Departemen Kehakiman AS menugaskan FBI untuk menggeledah rumah kedua Presiden Joe Biden, sebuah rumah pantai di Rehoboth, Delaware.

NEWS | 2 Februari 2023

BP2MI Gagalkan Pengiriman 6 PMI Ilegal ke Timur Tengah

BP2MI menggagalkan pengiriman enam PMI ilegal dari tempat penampungan dikawasan Bogor yang hendak di kirim ke Timur Tengah. 

NEWS | 2 Februari 2023

Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Garut Jabar Terasa hingga Bandung

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 4,4 mengguncang Kabupaten Garut pada Rabu (1/2/2023) malam. Gempa itu dirasakan hingga warga Bandung. 

NEWS | 2 Februari 2023

Selama Izinkan Aksi Pembakaran Al-Quran, Swedia Tak Bakal Dapat Izin Turki Gabung ke NATO

Turki tidak akan mengizinkan Swedia untuk bergabung dengan NATO selama mengizinkan protes yang menodai kitab suci Islam dengan aksi pembakaran Al-Quran.

NEWS | 2 Februari 2023

Banjir Melanda Parepare dan Kabupaten Barru Sulawesi Selatan

Hujan deras disertai angin kencang selama tiga jam membuat sejumlah wilayah di Kota Parepare dan Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan terendam banjir. 

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Penculikan Anak


# Biaya Haji 2023


# Istri Siri Kompol D


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Digelar untuk Karyawan ESDM

Vaksinasi Covid-19 Booster ke-2 Digelar untuk Karyawan ESDM

NEWS | 25 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE