Logo BeritaSatu

Digitalisasi Media Massa Jadi Kesempatan untuk Berkembang

Jumat, 1 Maret 2019 | 20:34 WIB
Oleh : Herman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Gelombang digitalisasi telah membawa perubahan dalam dunia bisnis, termasuk media massa dari konvensional menjadi digital. COO BeritaSatu Media Holdings, Anthony Wonsono menyampaikan, kehadiran era digitalisasi seharusnya tidak dilihat sebagai sebuah hambatan, melainkan kesempatan bagi media massa untuk berkembang lebih besar lagi.

“Setiap kali ada transformasi atau perubahan dalam ekosistem kita, itu sebetulnya bisa menjadi kesempatan. Untuk bisnis media massa, digitalisasi juga harus dilihat sebagai kesempatan untuk berkembang dan berinteraksi dengan pembaca atau penonton kita secara maksimal. Ini harus jadi kesempatan besar, di mana kita bisa terus berinovasi mengembangkan teknologi,” kata Anthony Wonsono saat menjadi pembicara di acara Indonesia Digital Media Conference yang digelar Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), di Jakarta, Jumat (1/3/2019).

Advertisement

Dari seluruh lini bisnis Lippo Group, Anthony Wonsono mengatakan satu per satu bisnis tersebut sudah mulai didigitalisasi, seperti MatahariMall, Hypermart, jaringan Lippo Malls, maupun bisnis media massa. Saat ini BeritaSatu Media Holdings yang ada di bawah Lippo Group memiliki sejumlah media massa seperti Beritasatu.com, Jakartaglobe.id, Koran Investor Daily, Koran Suara Pembaruan, Majalah Investor, Majalah Globe Asia, Majalah The Peak, serta BeritaSatu TV.

“Yang selalu diingatkan kakek saya (Mochtar Riady), setiap bisnis akan mati kalau kita tidak mengikuti tiga tren, yaitu perubahan dalam dunia teknologi, perubahan di dunia politik, dan perubahan ekonomi. Saat ini ekosistem digital di Indonesia sudah semakin mantap dan berkembang. Kita juga melihat ke depannya digital consumers akan terus meningkat, sehingga kita akan terus mencari kesempatan-kesempatan lain untuk coba bergerak,” kata Anthony Wonsono.

Diakui Anthony Wonsono, saat ini belanja iklan memang paling banyak diserap oleh industri televisi, baru setelah itu media cetak dan digital. Namun kondisi ini tak lantas mengendurkan semangat Lippo Group untuk terus berinvestasi di media digital.

“Kalau kita balik ke beberapa tahun lalu saat Lippo Group memulai bisnis media, selain mempertimbangkan keuntungan, visi dan misi kita waktu itu adalah untuk pendidikan. Kita ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, memberikan sudut pandang yang objektif, fakta-fakta yang teruji dan pasti. Kita ingin membangun bangsa Indonesia melalui konten-kontan yang dihadirkan berbagai platform digital,” ujar Anthony Wonsono.

Untuk mendapatkan keuntungan dari bisnis media digital, Anthony Wonsono mengatakan ke depannya media di bawah BeritaSatu Media Holding akan fokus di revenue model yang berbasis subscription atau berlangganan.

"Tentu ada model bisnis lain selain subscription. Tetapi saya pikir perekonomian Indonesia akan terus meningkat, masyarakat kita level pendidikannya juga semakin tinggi, sehingga ke depannya kita bisa masuk ke model subscription dengan lebih nyaman. Untuk saat ini memang masih banyak hal yang harus dipelajari, apakah ekosistem kita sudah siap menerima revenue subscription ini, apakah pembaca kita sudah siap membayar untuk melihat konten," tutur Anthony Wonsono.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polda Metro Selidiki Polisi Tewas di Polres Kepulauan Seribu

Polda Metro menyelidiki tewasnya anggota polisi didug berinisial Aipda I di Kantor Perwakilan Polres Metro Kepulauan Seribu, Selasa (31/1/2023).

NEWS | 1 Februari 2023

Disembunyikan di Kotak Buah, Polda Metro Jaya Sita Sabu 40 Kg

Ditresnarkoba Polda Metro Jaya menggagalkan upaya peredaran narkoba jenis sabu seberat 40 kilogram.

NEWS | 31 Januari 2023

Dua Menteri Partai Nasdem Tidak Hadiri Ratas di Istana, Ini kata Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi dua menteri dari Partai NasDem yang tidak hadir dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Negara hari ini.

NEWS | 31 Januari 2023

Lagi, Kecelakaan Sungai Rengut Nyawa Anggota TNI di Papua

Letda Inf Rian Alfeiro Putra Perdana dilaporkan tewas setelah terpeleset dan hanyut di Kali Yambi, Papua.

NEWS | 1 Februari 2023

Tertangkap Basah, Jambret HP Dihakimi Massa di Karawang

Seorang pemuda dihakimi warga setelah tertangkap basah menjambret HP atau ponsel di Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang.

NEWS | 1 Februari 2023

Menparekraf Ubah Pembuangan Sampah Jadi Taman Wisata Kreatif

Menparekraf Sandiaga Uno berkolaborasi dengan Laskar Krukut Luhur (Laskaru) menggelar program menciptakan kampung kreatif.

NEWS | 1 Februari 2023

Menteri Muhadjir Dorong Kenaikan Biaya Haji Dilakukan Bertahap

Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku telah mengusulkan kepada Menteri Agama (Menag) agar menaikkan biaya haji secara bertahap.

NEWS | 31 Januari 2023

Kuasa Hukum Ricky Rizal: JPU Harus Cabut Tudingan Saya 1 Tim dengan Pengacara Sambo

Kuasa hukum terdakwa Ricky Rizal, Erman Umar minta JPU mencabut tudingan bahwa dia satu tim dengan penasihat Ferdy Sambo.

NEWS | 31 Januari 2023

Ganjar Targetkan Masjid Agung Jawa Tengah Rampung Akhir 2023

Ganjar Pranowo mengatakan, Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT di Magelang yang dimulai pembangunanya hari ini diharapkan rampung akhir 2023.

NEWS | 31 Januari 2023

Jokowi Berikan Kebebasan Kaesang Bila Ingin Maju ke Dunia Politik

Keinginan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik mendapat restu dari ayahnya.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disembunyikan di Kotak Buah, Polda Metro Jaya Sita Sabu 40 Kg

Disembunyikan di Kotak Buah, Polda Metro Jaya Sita Sabu 40 Kg

NEWS | 21 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE