Logo BeritaSatu

Mafindo Buka Kanal Pelaporan Hoax Lewat WhatsApp

Senin, 8 April 2019 | 18:29 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Untuk membantu memudahkan masyarakat mengidentifikasi sebuah berita atau informasi yang dicurigai sebagai hoax, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) bersama WhatsApp baru saja merilis saluran telepon sebagai media pelaporan atau bertanya di nomor WhatsApp 085574676701.

Baca Juga: Mafindo Sebut Ada 997 Hoax Sepanjang 2018

Advertisement

Inisiator Mafindo, Septiaji Eko Nugroho menyampaikan, inisiatif yang dilakukan ini adalah yang kedua di dunia setelah India melakukannya terlebih dahulu. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat dalam proses verifikasi informasi terhadap foto, video, teks, atau audio yang memiliki potensi misinformasi.

"Begitu cepatnya sebuah berita hoax menjadi viral biasanya karena yang menerima malas melakukan cek fakta dan langsung menyebarkan informasi tersebut. Tidak semua orang juga bisa melakukan hal itu dan memang membutuhkan waktu. Melalui layanan Whatsapp di nomor 085574676701, masyarakat bisa dengan mudah bertanya apakah informasi yang diterimanya itu hoax atau bukan," kata Septiaji Eko Nugroho, di acara diskusi publik "Lawan Hoax Demi Keutuhan Bangsa & Negara", di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Baca Juga: Media Arus Utama Dibutuhkan untuk Verifikasi Fakta

Eko menambahkan, Mafindo memang didirikan untuk menangkal peredaran berita palsu atau hoax. Mafindo juga sudah mendapatkan sertifikat Fact-checking kelas internasional dari IFCN (International Fact-Checking Network).

"Kami adalah komunitas independen yang misinya melawan peredaran hoax dengan berjejaring dengan sekitar 300 relawan di 18 kota. Selain melakukan upaya fact-chacking, kami melakukan edukasi ke sekolah-sekolah. Kami juga menjadi salah satu mitra Facebook dalam melakukan fact-checking," terang Eko.

Baca Juga: Kalangan Pemilih Milenial Jadi Rebutan Parpol

Melalui Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax di platform Facebook yang saat ini memiliki lebih dari 60.000 anggota, Eko menyampaikan masyarakat bisa saling berbagi informasi untuk meluruskan peredaran berita hoax. Ada juga situs cekfakta.com yang merupakan proyek kolaboratif pengecekan fakta yang dibangun di atas API Yudistira oleh Mafindo dan bekerja sama dengan beberapa media online yang tergabung di AJI (Aliansi Jurnalis Independen) dan AMSI (Asosiasi Media Siber Indonesia).

"Untuk pengguna Android, kami juga menyediakan aplikasi Hoax Buster Tools sebagai bantuan untuk memeriksa kebenaran suatu informasi," tambah Eko.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Dua Menteri Partai Nasdem Tidak Hadiri Ratas di Istana, Ini kata Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi dua menteri dari Partai NasDem yang tidak hadir dalam rapat terbatas (ratas) di Istana Negara hari ini.

NEWS | 31 Januari 2023

Lagi, Kecelakaan Sungai Rengut Nyawa Anggota TNI di Papua

Letda Inf Rian Alfeiro Putra Perdana dilaporkan tewas setelah terpeleset dan hanyut di Kali Yambi, Papua.

NEWS | 1 Februari 2023

Tertangkap Basah, Jambret HP Dihakimi Massa di Karawang

Seorang pemuda dihakimi warga setelah tertangkap basah menjambret HP atau ponsel di Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang.

NEWS | 1 Februari 2023

Menparekraf Ubah Pembuangan Sampah Jadi Taman Wisata Kreatif

Menparekraf Sandiaga Uno berkolaborasi dengan Laskar Krukut Luhur (Laskaru) menggelar program menciptakan kampung kreatif.

NEWS | 1 Februari 2023

Menteri Muhadjir Dorong Kenaikan Biaya Haji Dilakukan Bertahap

Menko PMK Muhadjir Effendy mengaku telah mengusulkan kepada Menteri Agama (Menag) agar menaikkan biaya haji secara bertahap.

NEWS | 31 Januari 2023

Kuasa Hukum Ricky Rizal: JPU Harus Cabut Tudingan Saya 1 Tim dengan Pengacara Sambo

Kuasa hukum terdakwa Ricky Rizal, Erman Umar minta JPU mencabut tudingan bahwa dia satu tim dengan penasihat Ferdy Sambo.

NEWS | 31 Januari 2023

Ganjar Targetkan Masjid Agung Jawa Tengah Rampung Akhir 2023

Ganjar Pranowo mengatakan, Masjid Agung Jawa Tengah atau MAJT di Magelang yang dimulai pembangunanya hari ini diharapkan rampung akhir 2023.

NEWS | 31 Januari 2023

Jokowi Berikan Kebebasan Kaesang Bila Ingin Maju ke Dunia Politik

Keinginan putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep untuk terjun ke dunia politik mendapat restu dari ayahnya.

NEWS | 31 Januari 2023

Kisah Bocah Perempuan 11 Tahun Lolos dari Penculikan di Semarang

Seorang bocah perempuan berusia 11 tahun lolos dari upaya penculikan dua orang tak dikenal seusai berbelanja di sebuah warung kelontong di Semarang,

NEWS | 31 Januari 2023

Data Pangan Sering Berbeda, Jokowi: Di Era Digital Harusnya Tidak Terjadi

Presiden RI Joko Widodo menyoroti masalah data produksi dan stok pangan yang kerap berbeda antara kementerian atau lembaga terkait.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Masuk Daftar Calon Gubernur BI, Ini Jawaban Sri Mulyani

Masuk Daftar Calon Gubernur BI, Ini Jawaban Sri Mulyani

EKONOMI | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE