Logo BeritaSatu

Jemaah Naqshabandiyah di Padang Berlebaran Hari Ini

Senin, 3 Juni 2019 | 10:13 WIB
Oleh : WBP

Padang, Beritasatu.com - Sekitar 100 pengikut jemaah tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Pasar Baru, Kecamatan Pauh, Padang, Sumatera Barat telah berlebaran yang ditandai dengan pelaksanaan salat Idulfitri 1440 Hijriah pada Senin pagi (3/6/2019).

Pelaksanaan salat Idulfitri di Surau Baitul Makmur yang berlokasi 15 kilometer dari pusat Kota Padang itu dimulai sejak pukul 08.00 WIB. Secara umum, salat berlangsung dengan khidmat dan khusyuk yang diawali dengan membaca lafaz takbir oleh seluruh jemaah.

Advertisement

Namun ada yang berbeda dalam pelaksanaan salat Idulfitri. Usai salat, biasanya langsung dilanjutkan dengan khutbah, tetapi jemaah Naqshabandiyah melanjutkan dengan kembali bertakbir dan membaca doa bersama sekitar 30 menit.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan khotbah Idulfitri oleh mursyid (pimpinan) jemaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo.
Khotbah dibacakan dalam bahasa Arab yang didahului oleh kumandang azan oleh salah seorang jemaah.

Saat membaca khotbah, khatib yang berpakaian serba putih dan mengenakan sorban berdiri sambil memegang tongkat kayu sembari memegang sebuah buku yang merupakan materi khotbah.

Sebagian besar pengikut jemaah didominasi oleh bapak-bapak ibu-ibu yang telah berusia lanjut.

Menurut mursyid jemaah Tarekat Naqshabandiyah Surau Baitul Makmur, Syafri Malin Mudo, 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Senin, 3 Juni 2019.

"Hal itu berdasarkan pada perhitungan metode hisab munjid serta rukyatul hilal (melihat bulan) yang digunakan dalam menentukan awal bulan," kata Syafri Malin Mudo.

Menurut Syafri Malin Mudo, metode hisab munjid yang digunakan jemaah tarekat Naqshabandiyah untuk menentukan awal bulan berasal dari Makkah yang dikarang oleh ulama setempat.

Selain itu dalam melaksanakan rukyatul hilal (melihat bulan) dilakukan secara langsung pada tanggal 8, 15, 22 dan 30 Syaban.

Syafri Malin Mudo mengatakan walaupun berbeda pelaksanaan Idulfitri dengan pemerintah, pihaknya tidak menganggap ada persoalan. "Pemerintah memiliki dasar dalam penetapan Idulfitri, kami juga punya dasar yang mengacu pada Alquran dan hadis," lanjut Syafri Malin Mudo.

Syafri Malin Mudo menyebutkan di Padang terdapat puluhan masjid dan musala yang menjadi pusat peribadatan jemaah Tarekat Naqshabandiyah. Mereka tersebar di Kecamatan Pauh dan Kecamatan Lubuk Kilangan. Di Pasar Baru terdapat dua musala dan di Kecamatan Lubuk Kilangan ada 29 musala.

Usai melaksanakan salat idulfitri, jemaah Naqshabandiyah bersalam-salaman dan bermaafan dilanjutkan dengan makan bersama.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mohon Replik Digugurkan, Pihak Bharada E Ingatkan Pesan Eks Jaksa Agung

Pihak Bharada E atau Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu memohon agar majelis hakim menggugurkan replik jaksa penuntut umum.

NEWS | 2 Februari 2023

Timbun Solar dari Berbagai SPBU, Warga Batam Dibekuk Polisi di Rembang

Polisi menangkap warga Batam bernama Jahudi di Rembang karena menimbun bahan bakar minyak bersubsidi jenis solar dari berbagai SPBU. 

NEWS | 2 Februari 2023

Kuasa Hukum Bantah Eliezer Tembak Yosua karena Loyalitas ke Ferdy Sambo

Kuasa hukum Richard Eliezer atau Bharada E membantah tudingan jaksa yang menyebut Eliezer menembak Yosua atau Bharada E karena loyalitas kepada Ferdy Sambo.

NEWS | 2 Februari 2023

Hujan Deras, Terjadi Longsor di Jalur Wisata Kawasan Pacet dan Trawas Mojokerto

Hujan deras yang melanda Mojokerto, Jawa Timur, pada Rabu (1/2/23) sore kemarin, menyebabkan terjadinya sejumlah tanah longsor.

NEWS | 2 Februari 2023

Bank Jago Syariah Luncurkan Produk Deposito Berbasis Aplikasi

PT Bank Jago Tbk melalui unit usaha syariah (Jago Syariah) meluncurkan produk Deposito Jago Syariah dengan menggunakan akad mudharabah muthlaqah.

NEWS | 2 Februari 2023

Soal Peluang Richard Eliezer Bebas, sang Ibu: Kalau Tuhan Berkenan

Rynecke Alma Pudihang, ibu Richard Eliezer atau Bharada E, angkat bicara soal peluang anaknya divonis bebas dalam kasus pembunuhan Brigadir J atau Yosua. 

NEWS | 2 Februari 2023

Hotman Paris Sebut Sidang Teddy Minahasa Prematur

Hotman Paris Hutapea menyebut sidang dugaan peredaran narkoba dengan terdakwa Irjen Teddy Minahasa prematur dan belum saatnya digelar. 

NEWS | 2 Februari 2023

Australia Bakal Ganti Gambar Ratu Elizabeth di Pecahan Uang Kertas 5 Dolar

Australia akan mengganti gambar Ratu Elizabeth II dari pecahan uang kertas 5 dolar A$ 5 dengan desain baru mencerminkan dan menghormati sejarah budaya Pribumi.

NEWS | 2 Februari 2023

Ibu Richard Eliezer Harap Anaknya Divonis Seringan-ringannya

Rynecke Alma Pudihang, ibu Bharada Richard Eliezer atau Bharada E berharap anaknya dapat divonis seringan-ringannya dalam kasus pembunuhan Brigadir J. 

NEWS | 2 Februari 2023

Polda Libatkan Tim TAA dalam Rekonstruksi Ulang Kecelakaan yang Tewaskan Mahasiswa UI

Polda Metro Jaya melibatkan tim TAA Korlantas Polri dalam rekonstruksi ulang kecelakaan yang menewaskan mahasiswa UI M Hasya Atalla Saputra.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mohon Replik Digugurkan, Pihak Bharada E Ingatkan Pesan Eks Jaksa Agung

Mohon Replik Digugurkan, Pihak Bharada E Ingatkan Pesan Eks Jaksa Agung

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE