Logo BeritaSatu
Polemik Wisata Halal

Gubernur Sumut: Wisata Halal Bukan Hilangkan Budaya Batak

Selasa, 3 September 2019 | 23:20 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / FER

Nias, Beritasatu.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi menyampaikan, wisata halal yang menimbulkan polemik di tengah masyarakat, khususnya bagi etnis Suku Batak di sekitar Danau Toba, bukan untuk menghilangkan budaya maupun mengecilkan agama tertentu.

"Ada pihak yang salah menafsirkan, kemudian mendramatisir wisata halal, dan akhirnya menyalahkan. Ini yang menjadi masalah. Masyarakat menjadi salah menanggapinya," ujar Edy Rahmayadi saat melakukan kunjungan ke Nias, Sumatera Utara, Selasa (3/9/2019).

Advertisement

Mantan Pangkostrad ini menjelaskan, setiap daerah pariwisata menjadi ramai tempat kunjungan wisata, bukan dipandang karena agama yang dianut masyarakat sekitarnya. Namun, setiap daerah wisata juga harus mempertimbangkan suatu kebutuhan wisatawan.

"Kita tidak memandang apa pun itu agamanya. Tetapi kalau ada orang Islam datang ke tempat itu, contoh di Bali, ada makanan di situ, rumah makan halal. Di Thailand yang mayoritas beragama Buddha, tapi di situ ada rumah makan halal," jelasnya.

Menurutnya, konsep wisata yang sedang dibangun untuk mengembangkan pariwisata Danau Toba sebagai destinasi wisata internasional, juga tidak menghilangkan akar budaya masyarakat yang sudah turun- temurun di sekitar Danau Toba.

"Banyak orang yang tidak memahami. Konsep wisata halal Danau Toba bukan berarti semua rumah makan di sana harus berlabel halal. Ini orang-orang belum mengerti, bahkan sampai ada yang mendramatisir. Itu dia yang menjadikan masalah," ungkapnya.

Menurut Edy, produk halal itu bukan merupakan kewenangan pemerintah untuk memberikan penjelasan. Itu merupakan kewenangan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk menjelaskan, termasuk di daerah wisata lainnya.

"Seperti penyelenggaran Sail Nias 2019 yang akan berlangsung dalam waktu dekat ini. Orang-orang tidak akan datang ke Nias apabila tak ada tempat untuk makan. Kita tidak boleh mengecilkan agama apapun," sebutnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kapolda Metro Berduka untuk Mahasiswa UI yang Tewas Ditabrak

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menyampaikan duka untuk Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak pensiunan polisi. 

NEWS | 30 Januari 2023

Dilantik Ganjar, Hevearita Jadi Wali Kota Perempuan Pertama di Semarang

Hevearita Gunaryanti Rahayu pada Senin (30/01/2023) siang resmi dilantik menjadi Wali Kota Semarang hingga masa jabatan 2026 mendatang.

NEWS | 30 Januari 2023

Gibran Persilahkan Polisi Dalami Pemain Persis Solo yang Pukul Suporter Persita

Gibran mempersilahkan kepolisan untuk mendalami mengenai video yang beredar diduga pemain Persis Solo yang memukul oknum suporter Persita pelempar batu.

NEWS | 30 Januari 2023

Pleidoi Ditolak Jaksa, Pengacara: Bharada E Ikhlas dan Sabar

Bharada E ikhlas dan sabar setelah pleidoinya ditolak jaksa dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

NEWS | 30 Januari 2023

Sopir Audi Penabrak Mahasiswi di Cianjur Ditahan Polisi

Sugeng Guruh, sopir Audi langsung ditahan seusai menjalani pemeriksaan sebagai tersangka dalam kasus tabrak lari mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini.

NEWS | 30 Januari 2023

Lempari Bus Persis Solo dengan Batu, 7 Suporter Persita Jadi Tersangka

Sebanyak tujuh orang suporter Persita Tangerang ditetapkan sebagai tersangka lantaran diduga mengadang dan melempari bus Persis Solo dengan batu. 

NEWS | 30 Januari 2023

Kasus Brigadir J, Jaksa Minta Hakim Tolak Pembelaan Putri Candrawathi

Jaksa penuntut umum meminta ke majelis hakim menolak pembelaan Putri Candrawathi, terdakwa dalam kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 30 Januari 2023

Dibeli Rp 8,9 Juta, Lukisan Pria Tua Telanjang Ini Terjual Rp 44 Miliar

Sebuah lukisan yang ditemukan di gudang pertanian dan dibeli dengan harga US$ 600 (sekitar Rp 8,9 juta) telah terjual dengan harga US$ 3 juta (sekitar Rp 44 miliar).

NEWS | 30 Januari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Bareskrim Buka Peluang Tersangka Baru

Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto mengungkapkan, tersangka kasus gagal ginjal akut anak kemungkinan bisa bertambah.

NEWS | 30 Januari 2023

Putri Tidak Visum, Jaksa Tuding Demi Pertahankan Dusta Diperkosa Brigadir J

Jaksa penuntut umum menyoroti soal sikap Putri Candrawathi yang tidak melakukan visum et repertum demi menutupi dusta telah diperkosa Brigadir J.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kapolda Metro Berduka untuk Mahasiswa UI yang Tewas Ditabrak

Kapolda Metro Berduka untuk Mahasiswa UI yang Tewas Ditabrak

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE