Logo BeritaSatu

Klarifikasi Polisi soal Mobil Ambulans Ternyata Tidak Angkut Batu

Kamis, 26 September 2019 | 15:25 WIB
Oleh : Bayu Marhaenjati / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Polda Metro Jaya, mengklarifikasi soal mobil ambulans yang diamankan pada saat peristiwa kerusuhan massa, di kawasan Pejompongan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, semalam. Ternyata, ambulans itu tidak membawa batu seperti yang diberitakan sebelumnya.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, batu yang berada di ambulans itu merupakan milik massa yang mencari perlindungan di dalam ambulans ketika petugas mengejarnya.

"Jadi anggota Brimob yang melakukan kegiatan pengamanan, dia dilempari batu oleh perusuh. Kemudian perusuh itu pun membawa alat ini ada batu. Dia itu mencari perlindungan masuk ke mobil PMI membawa batu dan ada kembang api juga. Jadi anggapan dari Brimob ini diduga mobil yang digunakan untuk perusuh, tapi (ternyata) bukan. Tapi perusuh masuk ke mobil untuk perlindungan," ujar Argo, Kamis (26/9/2019).

Dikatakan Argo, ke depannya Polda Metro Jaya, Dinas Kesehatan DKI dan Palang Merah Indonesia (PMI) akan meningkatkan koordinasi serta komunikasi sehingga kegiatan operasional bisa terlaksana dengan baik sesuai dengan fungsi masing-masing.

"Kita akan menyerahkan mobil ambulans kepada PMI dan Dinas Kesehatan DKI. Kita serahkan dengan perangkatnya, artinya dengan krunya. Tapi nanti kalau mau dimintai keterangan sebagai saksi sudah siap," ungkap Argo.

Minta Rehabilitasi

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, Pemprov DKI Jakarta ikut serta menyediakan dukungan kesehatan berdasarkan surat resmi permintaan dari Polda Metro Jaya dan Kementerian Kesehatan.

"Kemudian yang kedua, kami di sini dalam rangka saling berkomunikasi, berkoordinasi untuk memohon pemulangan tim medis kita yang kemarin telah dimintai keterangan oleh pihak Polda Metro Jaya. Dan ketiga, kami minta agar rehabilitasi nama baik institusi Pemprov DKI Jakarta, termasuk jajaran Dinas Kesehatan DKI Jakarta," katanya.

"Keempat, perlu adanya klarifikasi dari pihak kepolisian atas pemberitaan dan kabar dari media sosial bahwa mobil ambulans milik Pemprov memang tidak digunakan untuk mengangkut batu dan bensin seperti yang sudah diberitakan selama ini," tambahnya.

Widyastuti menuturkan, ke depan memang perlu ditingkatkan kolaborasi, koordinasi dan komunikasi di setiap jajaran. Termasuk, di tingkat lapangan.

"Kami memastikan juga bahwa jajaran pemprov dan dinas kesehatan, selalu akan mendukung kegiatan masyarakat yang dalam jumlah besar. Kami selalu akan berpartisipasi menyediakan dukungan kesehatan saat ini dan seterusnya ke depan," tegasnya.

Ketua Bidang Sukarelawan PMI Pusat Muhammad Muas menegaskan, posisi PMI adalah melayani dan membantu masyarakat.

"Kita berusaha agar yang dilakukan PMI benar-benar melayani, untuk mengendalikan kondisi agar tidak terjadi ekses dalam kejadian tersebut. PMI akan bekerjasama dengan polisi sesuai Undang-undang Nomor 1 Tahun 2018 (tentang Kepalangmerahan). Palang Merah berkewajiban melakukan koordinasi partisipasi bersama pemerintah," katanya.

Muas menyebutkan, PMI mengerahkan lima mobil ambulans, tiga sepeda motor, berikut 31 orang petugas. Sementara, Dinkes DKI Jakarta ada satu ambulans, satu dokter dan satu perawat.

"Mobil ambulans PMI kita kerahkan berdasarkan koordinasi dengan Dinkes, lima unit mobil, tiga motor, kru 31 orang semua dalam keadaan sehat walafiat. Dinkes, satu dokter, satu perawat, satu mobil (ambulans)," katanya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mutasi di Tubuh Polri, 3 Wakapolda Diganti dan Ini Namanya

Terjadi mutasi jabatan di tubuh Polri, dan ada tiga wakil kepala kepolisian daerah (wakapolda) yang diganti oleh Kapolri.

NEWS | 26 September 2022

Ke Museum Nias, Ganjar Diberi Alat Musik Tutuhao dan Buku

Gubernur Jateng menerima alat musik tradisional khas Nias Tutuhao dan sebuah buku saat berkunjung ke Museum Nias.

NEWS | 26 September 2022

Interpol Buru Pendiri Mata Uang Kripto Terra/Luna

Interpol telah mengeluarkan surat pemberitahuan merah (red notice) untuk pendiri mata uang kripto Terra/Luna asal Korea Selatan.

NEWS | 26 September 2022

Soal Shadow Team Kemendikbudristek, Nadiem Akui Salah Sebut

Nadiem Makarim mengakui bahwa penyebutan shadow team Kemendikbudristek adalah sebuah kesalahan. Pasalnya, tim dimaksud adalah vendor di bawah PT Telkom.

NEWS | 26 September 2022

Prabowo Ingatkan Cak Imin Soal Kesepakatan jika Ingin Jadi Cawapres Puan

Prabowo Subianto menanggapi keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang ingin menjadi cawapres Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

NEWS | 26 September 2022

Terakhir di Era Mussolini, Italia Bakal Dipimpin Pemerintahan Sayap Kanan

Giorgia Meloni mengklaim kemenangan dalam pemilihan umum yang menandai kembalinya pemerintahan sayap kanan sejak era Benito Mussolini.

NEWS | 26 September 2022

Melek Hukum Lewat Bantuan Teknologi di Platform Reg-tech

Platform Hukumonline bertujuan untuk menjadi solusi satu atap bagi praktisi hukum Indonesia.

NEWS | 26 September 2022

Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Bencana di Pakistan

Indonesia mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk meringankan beban masyarakat Pakistan yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor.

NEWS | 26 September 2022

Kecelakaan di Ruas Tol Jakarta Outer Ring Road, 2 Tewas

Dua orang tewas dalam kecelakaan di ruas jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Km 05.800 B, Senin (26/9/2022) pagi.

NEWS | 26 September 2022

Covid-19 Melandai, Epidemiolog: Pemakaian Masker Masih Diperlukan

Pencabutan aturan penggunaan masker di beberapa negara bukan penanda pandemi Covid-19 telah berakhir.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PLN Uji Coba Peralihan Kompor Listrik di Solo dan Denpasar

PLN Uji Coba Peralihan Kompor Listrik di Solo dan Denpasar

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings