Logo BeritaSatu

Diapresiasi, Demokratisasi dan Keterbukaan Era Pemerintahan Zul-Rohmi di NTB

Selasa, 15 Oktober 2019 | 22:32 WIB
Oleh : Yustinus Paat / AO

Mataram, Beritasatu.com - Iklim yang demokratis sangat penting bagi pembangunan di daerah, termasuk di Nusa Tenggara Barat (NTB). Konsep demokrasi memberikan ruang yang besar bagi publik mengawal program-program pembangunan yang sedang dilakukan di NTB saat ini.

Karena itu, pemimpin di NTB yang juga dipilih berdasarkan pesta demokrasi perlu memiliki komitmen dalam menjaga iklim demokratis di NTB. Pemerintahan Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah atau Zul-Rohmi memberikan ruang bagi masyarakat untuk ikut mengawal program pembangunan.

Advertisement

"Zul-Rohmi cukup demokratis dan tidak antikritik. Itu merupakan modal yang bagus dalam pembangunan di NTB sekaligus menaikkan indeks demokratisasi dan transparansi," ujar Direktur Lembaga Kajian Sosial dan Politik M16 Mataram, Bambang Mei Finarwanto atau yanng akrab disapa Didu di Mataram, Selasa (15/10/2019).

Zul-Rohmi, kata Didu, juga tidak tampak canggung dalam berinteraksi dengan masyarakat, baik secara langsung lewat program "Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi" setiap Jumat atau lewat akun media sosial (medsos).

"Sudah mau berinteraksi dan mendengarkan keluhan atau aspirasi lewat medsos itu langkah yang inovatif," kata mantan Direktur Walhi NTB itu.

Meski begitu, Didu berharap Zul-Rohmi tidak mengabaikan peran media arus utama, baik cetak maupun media daring. Pasalnya, kata Didu, media arus utama masih menjadi rujukan bagi masyarakat dalam mencari informasi yang valid dan kredibel.

Didu menambahkan, interaksi kepala daerah dengan masyarakat lewat media sosial merupakan ikhtiar yang baik dan langkah awal dalam proses keterbukaan informasi kepada publik. Didu berharap upaya transparasi dan keterbukaan informasi yang dilakukan Zul juga diikuti oleh para kepala dinas dengan menghadirkan informasi yang aktual dan informatif.

"Sudah saatnya para kepala dinas lebih membuka diri, menyampaikan progres program kepada publik secara berkala," imbuhnya

Didu berharap interaksi Zul-Rohmi melalui medsos atau berjumpa langsung dengan masyarakat terus dilakukan secara berkesinambungan. "Dari pertemuan dan aspirasi secara langsung, masyarakat tentu merasa lebih lega jika keluhannya bisa didengar secara langsung," pungkas Didu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kapolda Jatim: Sopir Bus Maut Berpotensi Tersangka

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta  menyatakan, sopir bus maut berpotensi menjadi tersangka karena diduga mengantuk.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gelombang Tinggi Hantam Puluhan Warung di Pantai Bagedur

Gelombang tinggi kembali menerjang objek wisata Pantai Bagedur di Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Bencana Tanah Bergerak Robohkan Rumah Warga di Lebak

Rumah warga di Jampang Cikoneng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, roboh hingga rata dengan tanah akibat terdampak tanah bergerak.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KSPSI Salurkan Paket Bantuan Kapolri untuk Buruh di Maluku Utara

KSPSI menyalurkan 1.000 paket bantuan sembako dari Kapolri untuk buruh di Maluku Utara di site PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gunung Merapi Tercatat Alami 77 Kali Gempa Guguran

Gunung Merapi mengalami 77 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Minggu (15/5/2022) pukul 00.00-24.00 WIB.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Margarito Kamis: Sekda Jadi Pj Rentan Conflict of Interest

Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menegaskan sekretaris daerah (sekda) yang menjadi penjabat (pj) kepala daerah akan rentan conflict of interest.

NASIONAL | 16 Mei 2022

21 Warga Binaan Pemasyarakatan Jatim Peroleh Remisi Waisak

Hari Raya Waisak punya arti penting bagi umat Buddha, termasuk 21 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Budhis di Jawa Timur.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

NASIONAL | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE