Logo BeritaSatu

Intan Fauzi Loloskan Anggaran Rp 74,1 M di Tahun 2019 untuk Penanganan Banjir Kota Bekasi

Minggu, 29 Desember 2019 | 23:23 WIB
Oleh : Yustinus Paat / JAS

Bekasi, Beritasatu.com - Anggota DPR RI, Hj Intan Fauzi melakukan kegiatan reses perorangan ke Dapil Jabar VI pada masa Persidangan I Tahun Sidang 2019-2020 guna menyerap aspirasi masyarakat yang ada di Kota Patriot itu.

Di sela-sela reses ini, Wakil Rakyat Kota Depok dan Kota Bekasi ini juga memantau langsung pembangunan drainase di lingkungan Komplek TNI AL Kelurahan Jati Bening Kecamatan Pondok Gede dan kompleks Dosen IKIP, Kota Bekasi.

Pembangunan drainase ini merupakan hasil aspirasi Intan Fauzi untuk tahun anggaran 2019.

Data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, anggaran sebesar Rp 11 miliar dialokasikan untuk pembangunan drainase lingkungan komplek TNI AL Jati Bening, Kota Bekasi.

“Alhamdulilah, pembangunan drainase lingkungan dapat selesai di akhir tahun 2019. Semoga tidak ada lagi daerah yang terdampak genangan air. Terima kasih kepada Satuan Kerja Pengembangan Penyehatan Lingkungan Permukiman (PPLP) Ditjen Cipta Karya, Kementerian PUPR (Kempupera)," ujar Intan saat bertatap muka dengan warga di Komplek TNI AL Kota Bekasi, Jumat (27/12/2019).

Wakil rakyat dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini berkomitmen untuk mengawal dan memperjuangkan aspirasi masyarakat. Pasalnya, semua aspirasi masyarakat akan disampaikan kepada pemerintah untuk ditindaklanjuti.

Menurut Intan, penanganan banjir ini dilakukan secara keseluruhan di lima titik banjir, mulai dari RW 10 dan RW 11. Namun yang bisa ditangani di Tahun Anggaran 2019 ini di RW 10 dari peta perencanaan yaitu C, D dan E secara keseluruhan. Dirinya berharap titik banjir di RW10 dalam peta perencanaan A dan B juga bisa dilaksanakan pada tahap berikutnya.

“Karena ini bukan multiyears kontrak, sehingga satu tahun anggaran yaitu TA 2019 dengan progres pekerjaan saat ini 96 persen, dapat selesai per 31 Desember 2019. Semoga Direktorat Jenderal Ciptakarya dapat mengalokasikan untuk RW11 dan juga RW13 Jatikramat di tahun anggaran berikutnya, sehingga penanganan banjir di kompleks AL Jatibening, Pondok Gede dan Jatikramat, Jatiasih dapat menyeluruh," jelas dia.

Awalnya, Intan berharap persoalan penanganan banjir di RW 10 dan RW 11 bisa rampung di tahun 2019 ini. Sehingga, usulan program untuk Tahun Anggaran 2020 difokuskan untuk wilayah Pondok Gede Permai yang sudah menahun banjir. Namun, saat ini penanganannya hanya bisa di 3 titik.

"Hal ini akan saya teruskan ke pemerintah pusat agar mendapatkan perhatian lagi. Saya akan berjuang agar semua aspirasi warga bisa disampaikan kepada pemerintah sebagai pelaksana dari APBN. Nawaitu saya adalah bekerja sebaik mungkin untuk bela umat dan rakyat,” tandas Ketua DPP PAN ini.

Sementara itu, Pejabat Pembuat Komitmen Kempupera, Yasin menjelaskan, dari total 24,7 ha, Tahun 2019, mereka bisa menangani maksimun 11,38 ha untuk komplek TNI AL dan Caman.

“Dengan anggaran yang dialokasikan sebesar Rp 11 miliar, untuk beberapa pekerjaan yaitu pembangunan modular tank (penampungan), perbaikan tanggul, kolam retensi, pompa dengan debit air tinggi, perbaikan 4 pintu air, perangkat penunjang pompa yaitu genset, serta perbaikan taman dan perbaikan jalan akibat pekerjaan proyek,“ tutur Yasin

Sementara itu, Ketua RW 10 Kelurahan Jati Bening, Brigjen Purn. Poernomo menyampaikan terima kasih atas perhatiannya terhadap pembangunan drainase di Komplek TNI AL RW 10 ini.

“Mewakili warga, saya menyampaikan terima kasih yang sebesar besarnya atas penanganan banjir yang sudah menahun selama ini tidak ada solusi. Semoga upaya Ibu Intan membawa berkah,” ungkap dia.

Selain drainase lingkungan, aspirasi penanganan banjir di wilayah kota Bekasi untuk Tahun 2019 juga dilakukan dengan aspirasi Anggota DPR RI dengan dana APBN untuk perbaikan dan pembangunan tanggul yaitu tanggul dan Jalan Cipendawa dengan anggaran sebesar Rp 8 miliar dan tanggul Kemang Pratama sebanyak dua tahap masing masing sebesar Rp 12 miliar dan Rp 25 miliar, serta Kemang Pratama Regency sepanjang 60 meter dengan biaya sekitar Rp 5 miliar, yang dikerjakan oleh Balai Besar Wilayah Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Ditjen Sumber Daya Air, Kempupera.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Olah TKP, Benny Ali Lihat Senpi di Pinggang Bharada E

Benny Ali mengungkapkan dirinya sempat melihat adanya senjata api (senpi) masih berada di pinggang Bharada E saat olah TKP kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, IPW: Waspadai Aksi Lone Wolf Jelang Pernikahan Kaesang

Polri diimbau mewaspadai aksi lone wolf usai bom bunuh diri Bandung menjelang tanggal 10 Desember 2022 yaitu hari pernikahan Kaesang Pangarep.

NEWS | 7 Desember 2022

Kemendikbudristek: Guru Harus Perhatikan Kemampuan Siswa Dibanding Kurikulum

Guru di sejumlah daerah dinilai masih fokus dalam merampungkan target kurikulum dibanding memperhatikan kemampuan siswa.

NEWS | 7 Desember 2022

Pertokoan Sekitar Astana Anyar Bandung Tutup Pasca-Bom Bunuh Diri

Pertokoan di sekitar Jalan Astana Anyar dan Kantor Polsek Astana Anyar Kota Bandung, Jawa Barat, memutuskan untuk menutup toko mereka pasca-bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Benny Ali Sebut Ferdy Sambo Sadar Buat Anggota Polisi Menderita

Benny Ali menyebut Ferdy Sambo telah menyadari ulahnya membuat banyak personel kepolisian menderita.

NEWS | 7 Desember 2022

Wajah Richard, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf Tampak Stres Saat Dicecar Benny Ali

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf tampak stres saat dicecar oleh Benny Ali.

NEWS | 7 Desember 2022

Densus 88 Antiteror Selidiki Pelaku Bom Bunuh Diri Bandung

Densus 88 menyelidiki pelaku peristiwa ledakan diduga bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, apakah berasal dari jaringan teroris.

NEWS | 7 Desember 2022

Kemenkumham Tepis Kekhawatiran Dubes AS soal Dampak Negatif KUHP Baru

Plt Dirjen PP Kemenkumham, Dhahana Putra menepis kekhawatiran Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Kim soal dampak negatif dalam KUHP baru.

NEWS | 7 Desember 2022

Pembunuhan Brigadir J, Benny Ali: Ferdy Sambo Akui Nge-Prank

Benny Ali menyatakan kalau Ferdy Sambo mengakui bahwa dia telah nge-prank atau mengerjai anak buahnya sendiri pada kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Temui Langsung Ferdy Sambo, Benny Ali: Komandan Tega

Brigjen Benny Ali mengatakan langsung ke Ferdy Sambo bahwa komandannya itu tega mengorbankan para anak buahnya.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Olah TKP, Benny Ali Lihat Senpi di Pinggang Bharada E

Olah TKP, Benny Ali Lihat Senpi di Pinggang Bharada E

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE