Logo BeritaSatu

Niagahosters Ajak Pebisnis Prioritaskan Keamanan Website

Sabtu, 11 Januari 2020 | 20:26 WIB
Oleh : Press Release / MPA

Jakarta, Beritasatu.com- Semua orang yang berbisnis dalam jaringan internet tentu setuju bahwa keamanan data adalah hal penting. Tetapi faktanya masih banyak pebisnis atau pemilik situs yang kerap mengabaikan keamanan website (situs). Padahal keamanan data sudah seharusnya menjadi prioritas.

Advertisement

“Saat ini, website yang tidak menggunakan Secure Sockets Layer (SSL) cenderung lebih lambat dari yang sudah pakai protokol SSL. Jadi dengan penggunaan SSL ini, pebisnis bisa meningkatkan keamanan website dan membuat website menjadi lebih cepat,” ujar Lead Sys Admin Niagahoster Rhevin Fardhika, di Jakarta, Sabtu (11/1/2020).

Hal itu terungkap dalam Konferensi bertajuk WebSight Conference 2020 yang digelar Niagahoster bekerja sama dengan Sectigo dan WebNic. Konferensi ini membahas isu keamanan pada ​situs internet dengan pembicara yakni Lead Sys Admin Niagahoster Rhevin Fardhika, IT Security Engineer Tiket.com Rahmat Wahyu Hadi, Dwiki Kusuma, IT Security Consultant ITSEC Asia Jakarta, dan Country Manager WebNIC Indonesia Adi Setyawan.

Pada tahun 2017, Avira merilis data 47% dari 100 ritel dunia belum menggunakan sistem yang terenskripsi melalui Secure Sockets Layer (SSL) yang sudah menjadi teknologi keamanan standar global yang memungkinkan komunikasi terenkripsi antara peramban. Lalu pada 2019, Avira juga menemukan dari 500 situs ritel di dunia, hanya 20% yang belum menggunakan SSL.

Temuan itu sekaligus juga menggambarkan urgensi penggunaan SSL dalam pengamanan digital situs dan kepercayaan konsumen memiliki hubungan satu sama lain. Teknologi SSL merupakan pengamanan lapis yang direkomendasikan dan memastikan situs​ website tidak “terendus” / ​sniffing ​ oleh gangguan virus hingga hacker. Oleh karena itu, pasar perlu diedukasi tentang pentingnya keamanan website.

Rhevin mengatakan salah satu cara sederhana membuat laman​ website terenkripsi adalah dengan meng-​install (SSL).​ Teknologi SSL mengamankan proses transportasi pengiriman data antara ​web server (peladen) dengan ​web browser (klien) dan pertukaran data antarpeladen.

​Dengan meng-​install sertifikat SSL, kata Rhevin, pemilik ​website ​ telah mengamankan transaksi dan data-data di dalam website, seperti nomor kartu kredit, alamat rumah, nomor ​ponsel, dan ​password.

“Menyoal transaksi yang paling penting adalah data. Kita harus berpikir berkali-kali lipat saat mau transaksi. Apakah data saya aman? Menurut saya, penggunaan SSL bisa meningkatkan kepercayaan konsumen. Soalnya saat ini, kita mengakses browser dan masuk situs yang tidak terenskripsi SSL, ada notifikasi pop up yang muncul seolah-olah mengatakan situs ini tidak tepercaya, pilihan dikembalikan ke konsumen. Tapi orang cenderung pilih yang aman,” papar IT Security Engineer Tiket.com Rahmat Wahyu Hadi.

Menurut Wahyu, transaksi di situs yang sudah tersertifikasi, data pengguna tidak akan dicuri. Jika sudah menggunakan SSL yang tersertifikasi, data yang tertera di situs tidak mungkin dibajak peretas. Jadi, SSL ini tentu memengaruhi keamanan transaksi yang dilakukan pengguna.

Satu artikel The Verge pada Februari2018 menyebutkan Google ingin HTTPS menjadi​ web default atau situs standar untuk dikembangkan. Setelah anjuran ini, Chrome mencatat sebanyak 81 dari 100 situs teratas telah bermigrasi ke HTTPS.

“Saat ini, semua orang bergantung dengan internet. Orang dengan mudah ​login ​ ke​public WiFi, tanpa mengetahui kita sedang memberikan data pribadi kita(saat melakukan aktivitas tersebut).Bila kita tidak waspada pada situs yang kita akses, maka data-data pribadi kita ada dalam ancaman juga,” ungkap Adi Setyawan, Country Manager WebNIC Indonesia.

Mengembangkan situs ber-HTTPS juga menjadi nilai tambah bagi bisnis,karena label secure akan membuat bisnis lebih kredibel secara​ daring. Keamanan ini akan membuat kepercayaan konsumen untuk meng-​input ​data, hingga melakukan transaksi jauh lebih besar.

“Di manapun, saya keliling banyak kota Indonesia, banyak developer selalu bilang bahwa customer maunya apapun yang termurah. Mulai dari yang kecil saja dulu, jika customer nggak mau gunakan SSL yang berbayar, pakai yang gratis. Setelah rasakan efeknya, developer bisa tingkatkan ke SSL berbayar,” tambah Adi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Mengerikan! Video di Medsos Perlihatkan Detik-detik Aparteman Roboh Saat Gempa Turki

Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sebuah apartemen roboh setelah terjadi gempa berkekuatan M 7,8 di Turki

NEWS | 6 Februari 2023

USGS: Korban Jiwa Gempa Dahsyat Turki Bisa Capai 1.000 hingga 10.000 Orang

Korban jiwa akibat gempa dahsyat Turki yang melanda wilayah selatan Senin pagi bisa mencapai 10.000 orang, kata Survei Geologi Amerika Serikat (USGS).

NEWS | 6 Februari 2023

Mengejutkan, Balon Mata-Mata Tiongkok Beroperasi Sejak Trump Berkuasa

Insiden balon mata-mata milik China serupa telah terjadi selama pemerintahan Donald Trump di Amerika Serikat.

NEWS | 6 Februari 2023

Zelensky Siap Bantu Turki yang Dilanda Gempa Meski Negaranya Tengah Berperang

Perang Ukraina Volodymyr Zelensky menyatakan siap membantu Turki yang kini tengah dilanda bencana gempa berkekuatan M 7,8.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Brigadir J, Jaksa Beri Sindiran Halus ke AKBP Arif Soal Kejujuran

Jaksa penuntut umum sempat menyampaikan sindiran halus kepada AKBP Arif Rachman Arifin terkait dengan kejujuran yang ideal.

NEWS | 6 Februari 2023

Tegur Aksi Balap Liar, Polisi dan Anaknya Dikeroyok Remaja Geng Motor

Seorang anggota polisi yang bertugas di Polsek Bacukiki, Kota Parepare, Sulawesi selatan, bersama anaknya dikeroyok oleh sekelompok remaja anggota geng motor.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Dahsyat Guncang Turki, Israel Siap Kirim Bantuan Darurat

Israel dilaporkan siap mengirimkan bantuan darurat ke Turki setelah terjadi gempa dahsyat M 7,8 di negara itu pada Senin (6/2/2023) pagi.

NEWS | 6 Februari 2023

Puluhan Warga Jatiwarna Laporkan Bripka Madih ke Propam Polda Metro Jaya

Anggota Provost Polsek Jatinegara, Jakarta Timur, Bripka Madih dilaporkan ke Bidang Propam Polda Metro Jaya oleh sejumlah warga Jatiwarna, Bekasi.

NEWS | 6 Februari 2023

Perhatikan Asupan Makanan untuk Cegah Risiko Diabetes Anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mencatat, temuan kasus diabetes anak meningkat hingga 70 kali lipat sejak tahun 2010.

NEWS | 6 Februari 2023

PP Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 1444 H Jatuh pada Kamis 23 Maret 2023

Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan awal Ramadan jatuh pada Kamis Pon, 23 Maret 2023 M.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Mengerikan! Video di Medsos Perlihatkan Detik-detik Aparteman Roboh Saat Gempa Turki

Mengerikan! Video di Medsos Perlihatkan Detik-detik Aparteman Roboh Saat Gempa Turki

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE