Logo BeritaSatu

Dirut Transjakarta Terpidana, Ombudsan Nilai Pemprov DKI Lalai

Senin, 27 Januari 2020 | 12:17 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / CAH

Jakarta, Beritasatu.com – Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya menilai Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang lalai dalam proses pemilihan Direktur Utama (Dirut) PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) yang baru, Donny Andy S Saragih. Karena Donny masih menjadi terpidana kasus pemerasan dan pengancaman.

Kepala Ombudsman Perwakilan Jakarta Raya Teguh Nugroho mengatakan pihaknya telah menerima laporan dari masyarakat terkait proses pengangkatan Dirut PT Transjakarta. Berdasarkan laporan masyarakat, pihaknya melakukan penelusuran mengenai rekam jejak Donny Andy S Saragih.

“Karena dari laporan masyarakat itu menyampaikan bahwa yang bersangkutan (Donny) ini merupakan terpidana kasus penipuan,” kata Teguh Nugroho saat dihubungi wartawan, Senin (27/1/2020).

Ia sangat heran, bagaimana Pemprov DKI bisa memberikan jabatan Dirut bagi orang yang masih menjadi status terpidana atas putusan kasasi. Karena itu, ia menilai sudah jelas ada dugaan maladministrasi terkait kelalaian Pemprov DKI dalam proses pemilihan direktur BUMD.

Padahal dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 5 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengangkatan dan Pemberhentian Direksi BUMD dan Perusahaan Patungan, pada pasal 6 untuk pengangkatan pejabat BUMD sekurang-kurangnya lima tahun dan tidak boleh mendapatkan hukum pidana.

“Tapi kan yang bersangkutan kan baru inkrah dan sekarang baru dalam proses penahanan,” ujar Teguh Nugroho.

Teguh Nugroho mengatakan saat ini pihaknya sedang mendalami dokumen kasus penipuan yang dilakukan Donny Andy S Saragih.

Tetapi langkah yang paling penting saat ini, adalah meminta Pemprov DKI untuk melakukan pengkajian ulang terhadap Donny Andy S Saragih. Selain itu juga diminta berkoordinasi dengan pihak Pengadilan Tinggi dan Kejaksaan Tinggi untuk memastikan Donny Andy S Saragih memang terpidana atau tidak.

“Juga untuk memastikan tidak ada pelanggaran terhadap pergub pengangkatan pejabat BUMD. Jadi untuk sementara ini dulu, tracking ulang dulu, kalau memang yang bersangkutan memang benar terpidana dan status tahanan gitu, harusnya ditahan, ya tolong dibatalkan saja sesuai dengan Pergubnya sendiri begitu,” jelas Teguh Nugroho.

Seperti diketahui, kasus Donny tercatat dalam perkara 490/Pid.B/2018/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perkara pemerasan dan pengancaman. Donny bersama Porman Tambunan alias Andi Tambunan alias Andi kemudian dituntut "turut serta melakukan penipuan berlanjut" sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 378 jo pasal 55 ayat (1) ke-1 jo pasal 64 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan alternatif ketiga.

Pada 15 Agustus 2018 lalu, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat menyatakan Donny dan Andi bersalah dan memvonis satu tahun penjara serta menetapkan agar para Terdakwa tetap ditahan dalam tahanan kota. Jaksa Penuntut Umum yakni Priyo W kemudian mengajukan banding. Hasilnya, pada 12 Oktober 2018, Pengadilan Tinggi DKI menerima banding JPU dan menguatkan putusannya serta meminta keduanya tetap berada dalam tahanan.

Tak terima, Donny dan Andi kemudian mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Dalam putusan kasasi nomor 100 K/PID/2019 tertanggal 12 Februari 2019, majelis hakim menolak kasasi Donny dan Andi. Hakim bahkan menjatuhkan pidana penjara masing-masing dua tahun kepada keduanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE