Logo BeritaSatu

Anugerah Pharmindo Resmikan National Distribution Center Rp 300 Miliar

Selasa, 4 Februari 2020 | 19:20 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Cikarang, Beritasatu.com - Perusahaan layanan kesehatan, PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL), meresmikan National Distribution Center (NDC) dengan investasi Rp 300 miliar di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa (4/2/2020). NDC merupakan warehouse berskala nasional guna mendukung pemerintah meningkatkan distribusi produk kesehatan untuk membuat bangsa Indonesia menjadi lebih sehat.

"NDC merupakan inovasi sebagai wujud komitmen making healthcare more accessible," kata Presiden Director APL, Christophe Piganiol, dala keterangan yang diterima Selasa (4/2/2020).

Hadir dalam peresmian itu, Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemkes) Engko Sosialine Magdalene, didampingi Presiden Komisaris APL Biantoro Wanandi, President Director APL Christophe Piganol, Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zak Adiktif, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Rita Endang, dan Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum.

Christophe Piganol mengatakan, APL telah mendukung industri kesehatan di Indonesia sejak 1985 dengan menjangkau 34 provinsi dan 504 kota. APL mendukung percepatan industri 4.0, khususnya dalam bidang kesehatan di Indonesia melalui distribusi produk kesehatan, pemasaran produk, pemberian dukungan tata laksana, dan digitalisasi.

Christophe Piganol mengatakan, APL yang merupakan jaringan internasional Zuellig Pharma, membangun National Distribution Center dengan standar kepatuhan tinggi serta fasilitas canggih hingga mampu mendistribusikan produk farmasi dan alat kesehatan sampai ke seluruh pelosok Indonesia dengan kualitas terjaga. "NDC yang berada di lahan seluas 39.930 m2 dilengkapi fasilitas berstandar internasional untuk mengakomodir beragam produk kesehatan," kata Christophe Piganol.

Christophe Piganiol mengatakan, melalui National Distribution Center ini, APL membantu distribusi produk kesehatan ke masyarakat Indonesia sejalan instruksi pemerintah Indonesia, untuk pengembangan industri farmasi dan industri alat kesehatan.

NDC telah mendapatkan pengakuan sertifikasi Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) dari BPOM dan lisensi izin penjualan alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan. NDC di Cikarang mampu menampung produk kesehatan dalam kapasitas 19.000 pallet dan memiliki beberapa jenis ruang temperatur sehingga distribusi produk akan lebih tepat waktu, tepat guna, dan tempat yang tepat dengan kualitas produk terbaik. Fasilitas ini dilengkapi sistem pemadam kebakaran dan akses kontrol 24 jam membuat tingkat keamanan sangat tinggi. NDC juga memiliki 16 total loading dock yang dilengkapi dengan inflatable dock shelter dan dock leveler.

Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemkes Engko Sosialine Magdalene mengatakan, salah satu prioritas Kementerian Kesehatan saat ini adalah menjamin ketersediaan, pemerataan, dan keterjangkauan produk-produk kesehatan yang berkualitas dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. "National Distribution Center ini sebagai salah satu inovasi dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pendistribusian obat dan alat kesehatan hingga ke seluruh wilayah Indonesia," kata Engko Sosialine Magdalene.

Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif, BPOM Rita Endang menyampaikan, BPOM terus melakukan upaya peningkatan komunikasi, pendampingan, dan desk consultation untuk pengawalan pelaku usaha, baik industri farmasi maupun distributor (Pedagang Besar Farmasi/PBF). Berbagai upaya ini bertujuan mendukung akses dan ketersediaan obat untuk masyarakat sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan terutama di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pada kesempatan ini Rita Endang juga memberikan dua sertifikat CDOB kategori Cold Chain Product dan Obat Lain kepada pedagang besar farmasi APL atas komitmennya dan upaya pemenuhan persyaratan distribusi.

CEO Zuellig Pharma, John Davison mengatakan, sebagai salah satu perusahaan farmasi terbesar di Asia, Zuellig konsisten memastikan layanan distribusi kesehatan menjadi lebih terjangkau. Sejalan strategi industri 4.0 di Indonesia, Zuellig mendukung APL melalui transfer teknologi dan pengetahuan serta mengintegrasikan dan menyesuaikan solusi digital untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang. "Kami juga membantu memerangi produk palsu dengan memanfaatkan teknologi blockchain yang dikembangkan dengan SAP dan kemampuan analitik data yang canggih,” kata John Davison.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Awasi Potensi Korupsi Penyaluran Bantuan Korban Bencana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti soal isu bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana yang dikelola dengan tidak amanah.

NEWS | 2 Desember 2022

Persiapan Pemilu 2024, KPU Gelar Konsolidasi Nasional

KPU menggelar rapat konsolidasi nasional dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Ekonomi Global Suram, Jokowi Minta KPU Efisien Gunakan Anggaran Pemilu 2024

Presiden Jokowi mengingatkan KPU untuk efisien menggunakan anggaran Pemilu 2024 karena Pemilu kali ini digelar dalam situasi ekonomi global yang suram. 

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kenaikan UMP Tak Sesuai, Buruh Gelar Demo di Balai Kota

Kenaikan UMP Tak Sesuai, Buruh Gelar Demo di Balai Kota

NEWS | 30 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE