Logo BeritaSatu

Anugerah Pharmindo Resmikan National Distribution Center Rp 300 Miliar

Selasa, 4 Februari 2020 | 19:20 WIB
Oleh : Whisnu Bagus Prasetyo / WBP

Cikarang, Beritasatu.com - Perusahaan layanan kesehatan, PT Anugerah Pharmindo Lestari (APL), meresmikan National Distribution Center (NDC) dengan investasi Rp 300 miliar di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Selasa (4/2/2020). NDC merupakan warehouse berskala nasional guna mendukung pemerintah meningkatkan distribusi produk kesehatan untuk membuat bangsa Indonesia menjadi lebih sehat.

"NDC merupakan inovasi sebagai wujud komitmen making healthcare more accessible," kata Presiden Director APL, Christophe Piganiol, dala keterangan yang diterima Selasa (4/2/2020).

Advertisement

Hadir dalam peresmian itu, Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemkes) Engko Sosialine Magdalene, didampingi Presiden Komisaris APL Biantoro Wanandi, President Director APL Christophe Piganol, Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zak Adiktif, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Rita Endang, dan Wakil Gubernur Jawa Barat, UU Ruzhanul Ulum.

Christophe Piganol mengatakan, APL telah mendukung industri kesehatan di Indonesia sejak 1985 dengan menjangkau 34 provinsi dan 504 kota. APL mendukung percepatan industri 4.0, khususnya dalam bidang kesehatan di Indonesia melalui distribusi produk kesehatan, pemasaran produk, pemberian dukungan tata laksana, dan digitalisasi.

Christophe Piganol mengatakan, APL yang merupakan jaringan internasional Zuellig Pharma, membangun National Distribution Center dengan standar kepatuhan tinggi serta fasilitas canggih hingga mampu mendistribusikan produk farmasi dan alat kesehatan sampai ke seluruh pelosok Indonesia dengan kualitas terjaga. "NDC yang berada di lahan seluas 39.930 m2 dilengkapi fasilitas berstandar internasional untuk mengakomodir beragam produk kesehatan," kata Christophe Piganol.

Christophe Piganiol mengatakan, melalui National Distribution Center ini, APL membantu distribusi produk kesehatan ke masyarakat Indonesia sejalan instruksi pemerintah Indonesia, untuk pengembangan industri farmasi dan industri alat kesehatan.

NDC telah mendapatkan pengakuan sertifikasi Cara Distribusi Obat yang Baik (CDOB) dari BPOM dan lisensi izin penjualan alat kesehatan dari Kementerian Kesehatan. NDC di Cikarang mampu menampung produk kesehatan dalam kapasitas 19.000 pallet dan memiliki beberapa jenis ruang temperatur sehingga distribusi produk akan lebih tepat waktu, tepat guna, dan tempat yang tepat dengan kualitas produk terbaik. Fasilitas ini dilengkapi sistem pemadam kebakaran dan akses kontrol 24 jam membuat tingkat keamanan sangat tinggi. NDC juga memiliki 16 total loading dock yang dilengkapi dengan inflatable dock shelter dan dock leveler.

Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemkes Engko Sosialine Magdalene mengatakan, salah satu prioritas Kementerian Kesehatan saat ini adalah menjamin ketersediaan, pemerataan, dan keterjangkauan produk-produk kesehatan yang berkualitas dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan. "National Distribution Center ini sebagai salah satu inovasi dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pendistribusian obat dan alat kesehatan hingga ke seluruh wilayah Indonesia," kata Engko Sosialine Magdalene.

Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor dan Zat Adiktif, BPOM Rita Endang menyampaikan, BPOM terus melakukan upaya peningkatan komunikasi, pendampingan, dan desk consultation untuk pengawalan pelaku usaha, baik industri farmasi maupun distributor (Pedagang Besar Farmasi/PBF). Berbagai upaya ini bertujuan mendukung akses dan ketersediaan obat untuk masyarakat sebagai upaya peningkatan pelayanan kesehatan terutama di era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Pada kesempatan ini Rita Endang juga memberikan dua sertifikat CDOB kategori Cold Chain Product dan Obat Lain kepada pedagang besar farmasi APL atas komitmennya dan upaya pemenuhan persyaratan distribusi.

CEO Zuellig Pharma, John Davison mengatakan, sebagai salah satu perusahaan farmasi terbesar di Asia, Zuellig konsisten memastikan layanan distribusi kesehatan menjadi lebih terjangkau. Sejalan strategi industri 4.0 di Indonesia, Zuellig mendukung APL melalui transfer teknologi dan pengetahuan serta mengintegrasikan dan menyesuaikan solusi digital untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang. "Kami juga membantu memerangi produk palsu dengan memanfaatkan teknologi blockchain yang dikembangkan dengan SAP dan kemampuan analitik data yang canggih,” kata John Davison.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

"Kalau hanya mengandalkan 70:30 saja subsidi bagi jemaah haji kita, tidak perlu ada BPKH. Dibubarkan saja!" kata Marwan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Polisi Temukan Puluhan Video Dewasa Milik Pelaku Pencabulan Belasan Anak di Jambi

Polisi menemukan foto dan video dewasa dari telepon genggam milik perempuan muda pelaku pencabulan belasan anak di Jambi.

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Menkes Sebut Biaya Vaksin Berbayar Rp 100.000 Masuk Akal

Menkes Budi Gunadi mengatakan, harga vaksin berbayar bagi masyarakat kurang mampu akan ditanggung negara melalui mekanisme Penerima Bantuan Iuran (PBI).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Sosialisasi KUHP, Ahli Hukum Berikan Edukasi di Manokwari

Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki), kembali melakukan sosialisasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Cari Pilot Susi Air, Aparat Gabungan Telusuri Hutan di Nduga Papua

Aparat gabungan TNI/Polri melakukan penelusuran hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan guna melacak keberadaan pilot Susi Air.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Indonesia Emas 2045, BUMN Diharapkan Jadi Pemeran Utama

BUMN diharapkan bisa menjadi pemeran utama dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Usut Kasus Lahan yang Libatkan Bripka Madih, Polda Metro Gandeng BPN

Polda Metro Jaya menggandeng Badan Pertanahan Nasional atau BPN untuk mengusut kasus lahan yang melibatkan Provost Polsek Jatinegara Bripka Madih.

MEGAPOLITAN | 8 Februari 2023

Menteri Luhut Tegaskan Bakal Tindak Pelaku Penimbunan MinyaKita

Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bakal menindak tegas oknum yang berani menimbun MinyaKita melalui Satgas Pangan Polri.

NASIONAL | 9 Februari 2023

9-10 Februari, Waspadai Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan

Masyarakat pesisir diminta agar waspada gelombang tinggi hingga empat meter yang berpotensi terjadi pada 9-10 Februari 2023.

NUSANTARA | 9 Februari 2023

Menkes: Hanya 1 Anak yang Terkonfirmasi Gagal Ginjal Akut

Menurut Menkes Budi Gunadi, terdapat 2 anak yang dicurigai terkena gagal ginjal akut, namun hanya satu yang terbukti mengidap penyakit tersebut.

NASIONAL | 8 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

NASIONAL | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE