Logo BeritaSatu

KPK Ungkap Mata Kiri Novel Tak Berfungsi Lagi

Jumat, 7 Februari 2020 | 18:55 WIB
Oleh : Fana Suparman / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkap kondisi terkini penyidik Novel Baswedan. KPK mendapat informasi mata kiri Novel Baswedan sudah tidak dapat kembali seperti sedia kala. Kondisi ini akibat air keras yang mengenainya 11 April 2017 atau sekitar 2,5 tahun lalu merusak sebagian besar retina mata kiri Novel.

"Hasil pemeriksaan terakhir pada tanggal 5 Februari 2020 di Singapura tim dokter yang selama ini menangani mata Novel menyatakan kondisi mata kiri tidak dapat diperbaiki lagi, karena kerusakan sebagian besar retina," kata Plt Jubir KPK, Ali Fikri, Jumat (7/2/2020).

Advertisement

Ke Polda Metro Jaya, Novel Beri Keterangan sebagai Korban

Ali mengatakan, mata kiri Novel Baswedan hanya dapat melihat cahaya. Untuk itu, Novel harus tetap menjalani perawatan dan kontrol dokter yang berkelanjutan untuk mencegah infeksi yang mungkin timbul kembali yang dapat menyebabkan diangkatnya bola mata kiri secara keseluruhan. "Sementara, kondisi mata kanan Novel masih sama seperti sebelumnya. Kemampuan melihat sekitar 60% dengan menggunakan lensa khusus. Mata kanan membutuhkan perawatan berkelanjutan untuk mencegah terjadinya penurunan kemampuan melihat," kata Ali Fikri.

Rekonstruksi Penyiraman Novel Baswedan Peragakan 10 Adegan

Dari hasil pemeriksaan pada 5 Februari 2020, kondisi mata Novel Baswedan terus menurun. Keluhan sakit dan terus menurunnya penglihatan Nmsudah dirasakan Novel sejak enam bulan terakhir. Kondisinya semakin parah dalam sebulan belakangan ini. "Karena keluhan ini, pada 8 Januari 2020 Novel sempat ditangani dokter RS JEC dan diberikan obat. Namun, kondisinya tidak membaik sehingga harus dirujuk kembali menemui tim dokter di Singapura," kata Ali Fikri.

Dari beberapa kali konsultasi dan pemeriksaan, Novel kembali menjalani operasi pada 20 Januari 2020 dan dilakukan pemberian injeksi antibiotik serta pengangkatan cairan mata dalam operasi tersebut. Pada rentang waktu tersebut, Novel dalam pantauan tim dokter. "Dan, tim dokter telah menyimpulkan pada pemeriksaan tanggal 5 Februari 2020 mata kiri Novel hanya dapat melihat cahaya," ungkap Ali Fikri.

Diketahui, Novel diteror dengan disiram air keras sepulang salat Subuh dari masjid tak jauh dari rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada 11 April 2017 lalu. Kedua matanya terluka parah dan harus dirawat intensif di Singapura. Setelah 2,5 tahun proses penanganan dengan sejumlah tim yang dibentuk, kepolisian baru berhasil mengamankan Robby dan Rahmat, dua orang yang diduga meneror Novel pada Kamis (26/12/2019). Keduanya merupakan anggota polisi aktif dari Satuan Brimob. Meski demikian, hingga kini belum diketahui secara pasti motif Robby dan Rahmat meneror Novel. Kepolisian juga belum berhasil mengungkap otak atau pelaku utama dari teror tersebut.

KPK terus mendorong pihak kepolisian untuk mengungkap secara tuntas kasus teror yang dialami Novel. Apalagi kasus ini telah menjadi perhatian dunia internasional. Hal ini setidaknya tercermin dari penghargaan antikorupsi internasional 2020 yang akan diterima Novel dari Perdana International Anti-Corruption Champion Foundation (PIACCF), Malaysia pada Selasa 11 Februari 2020. "Organisasi ini dibentuk dengan tujuan untuk mendukung pegawai antikorupsi yang menjadi target atau terancam jiwa, keselamatan atau kehormatannya karena memiliki komitmen dalam penyidikan dan pemberantasan korupsi," kata Ali Fikri.

Dalam menyidik kasus ini, kepolisian menggelar rekonstruksi atau reka ulang di kediaman Novel di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Jumat (7/2/2020) dinihari tadi. Namun, lantaran kondisi kesehatan matanya yang terus menurun, Novel mengikuti rekonstruksi itu. "Sedianya penyidik KPK, Novel Baswedan dijadwalkan untuk mengikuti rekonstruksi terkait perkara penyiraman air keras yang dilakukan terhadapnya. Novel batal hadir karena kondisi kesehatan matanya tersebut. Meski demikian, beberapa waktu terakhir Novel berusaha tetap menjalankan tugasnya sebagai penyidik KPK," kata Ali Fikri.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kapolda Jatim: Sopir Bus Maut Berpotensi Tersangka

Kapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta  menyatakan, sopir bus maut berpotensi menjadi tersangka karena diduga mengantuk.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gelombang Tinggi Hantam Puluhan Warung di Pantai Bagedur

Gelombang tinggi kembali menerjang objek wisata Pantai Bagedur di Sukamanah, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Bencana Tanah Bergerak Robohkan Rumah Warga di Lebak

Rumah warga di Jampang Cikoneng, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, roboh hingga rata dengan tanah akibat terdampak tanah bergerak.

NASIONAL | 16 Mei 2022

KSPSI Salurkan Paket Bantuan Kapolri untuk Buruh di Maluku Utara

KSPSI menyalurkan 1.000 paket bantuan sembako dari Kapolri untuk buruh di Maluku Utara di site PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

NASIONAL | 16 Mei 2022

Gunung Merapi Tercatat Alami 77 Kali Gempa Guguran

Gunung Merapi mengalami 77 kali gempa guguran selama periode pengamatan pada Minggu (15/5/2022) pukul 00.00-24.00 WIB.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Margarito Kamis: Sekda Jadi Pj Rentan Conflict of Interest

Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menegaskan sekretaris daerah (sekda) yang menjadi penjabat (pj) kepala daerah akan rentan conflict of interest.

NASIONAL | 16 Mei 2022

21 Warga Binaan Pemasyarakatan Jatim Peroleh Remisi Waisak

Hari Raya Waisak punya arti penting bagi umat Buddha, termasuk 21 warga binaan pemasyarakatan (WBP) Budhis di Jawa Timur.

NASIONAL | 16 Mei 2022

Ahmad Sahroni: Pemudik Betul-betul Merasakan Kehadiran Polri

Wakil Ketua Komisi III DPR Ahmad Sahroni menyebut pemudik betul-betul merasakan kehadiran Polri saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2022.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Transmart


# Mutasi Perwira


# Ganjar


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tekan Stunting untuk Turunkan Kemiskinan, Ganjar Luncurkan Kancing Merah

Tekan Stunting untuk Turunkan Kemiskinan, Ganjar Luncurkan Kancing Merah

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE