Logo BeritaSatu

Status Ibu Kota Dicabut, Jakarta Diusulkan Kota Bisnis dan Riset Internasional

Senin, 24 Februari 2020 | 21:50 WIB
Oleh : Yustinus Paat / WBP

Jakarta, Beritasatu.com - Dewan Riset Daerah Jakarta (DRD) mengusulkan agar Jakarta menjadi kota bisnis dan riset internasional pasca-ibu kota negara pindah ke Kalimantan Timur. DRD menilai Jakarta layak menjadi kota bisnis dan riset internasional.

Sekretaris Komisi I DRD DKI Eman Sulaeman mengatakan pihaknya mengusulkan demikian berdasarkan hasil kajian yang dilakukan DRD pada Oktober hingga Desember 2019 terhadap status Jakarta jika ibu kota baru sudah terealisasi. Hasil kajian ini disampaikan pada saat rapat bersama Komisi B DPRD DKI, di Kebon Sirih, Jakarta, Senin (24/4/2020).

Advertisement

"Kajian kami sejak Oktober sampai Desember 2019. Kita masih ada lagi kajian ke depan, kemarin keterbatasan waktu, kajian bakal ada tahun ini (2020), seperti kajian keuangan, kajian kompensasi sampah," ujar Eman.

Eman menyebutkan sejumlah pertimbangan Jakarta diusulkan menjadi kota bisnis dan riset internasional. Pertama, Jakarta secara infrastruktur sudah maju dan Jakarta saat ini menjadi ibu kota negara. "Jakarta tidak boleh lagi setback menjadi kota yang hanya taraf nasional karena satu ibu kota negara ASEAN. Kemudian kota perwakilan-perwakilan organisasi dunia itu kan ada di Jakarta. Jadi jangan degradasi, harus menjadi kota internasional bahkan bisa lebih maju dari Singapura," terang Eman Sulaeman.

Untuk itu, kata Eman, Bank Indonesia (BI), Bursa Efek Indonesia (BEJ) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tetap berada di Jakarta meskipun ibu kota akan pindah. Jakarta bisa seperti New York di Amerika Serikat yang menjadi pusat keuangan, pasal modal dan perbankan meskipun Ibu Kota AS berada di Washington DC. "Kemungkinan besar itu usulan pemerintah. Jadi dengan adanya BI tidak pindah, Bursa Efek Indonesia tidak pindah, kemudian OJK tidak pindah, pemerintah merencanakan Jakarta seperti New York. Jadi pusat keuangan ada di Jakarta," tutur Eman Sulaeman.

Lebih lanjut, usulan DRD DKI ini akan diberikan ke Pemprov DKI pada Maret 2020 mendatang ke Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Dari Bappeda, kata dia, akan disampaikan ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk diusulkan ke DPR RI. Pasalnya, penetapan Jakarta menjadi kota bisnis dan riset internasional harus melalui undang-undang.

"(Legalisasinya) lewat undang-undang, pemerintah pusat dengan DPR. Mekanismenya, sekarang Jakarta sebagai ibu kota negara, otomatis status ibu kota negara dicabut dan UU Ibukota menjadi Kalimantan Timur. Nah di situ juga dibuat UU untuk Jakarta. Saran kami, Jakarta menjadi daerah khusus bisnis dan riset internasional,"jelas Eman Sulaeman.

Hal utama yang perlu disiapkan DKI Jakarta, kata Eman, adalah sumber daya manusia. Pasalnya, berdasarkan hasil kajian, di DKI Jakarta banyak lulusan SMK yang tidak terserap ke dunia kerja. Karena itu, perlu ada pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan warga DKI sehingga siap menjadi kota bisnis dan riset internasional.

"Selain SMK, kita juga mesti perbanyak vokasi. ASN DKI harus sigap dari sekarang, tidak bisa menunggu 2024 kala ibu kota sudah pindah. Pasalnya, akan ada pengurangan pendapatan. Mengingat status ibu kota memang menguntungkan Jakarta, pembangunan jadi lebih cepat, tamu negara banyak menggunakan penginapan di Jakarta, ada seminar internasional," pungkas Eman Sulaeman.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Alasan Ekonomi Jadi Motif Anggota Densus 88 Bunuh Sopir Taksi Online

Polisi tidak menjelaskan lebih rinci ada kesulitan apa sehingga HS, oknum anggota Densus 88 itu gelap mata melakukan pembunuhan terhadap sopir taksi online.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Ditangkap Densus 88, Tersangka Pembunuh Sopir Taksi Online Ditahan di Polda Metro

Pelaku anggota Densus 88 ditangkap sekitar pukul 16.30 WIB sore di kawasan Bekasi, Jawa Barat tak lama setelah jasad sopir taksi online ditemukan.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Pabrik Kasur di Tenjo Bogor Terbakar, Petugas Kewalahan Padamkan Api

Besarnya api yang membakar pabrik kasur membuat petugas pemadam kebakaran hingga berita ini diturunkan belum bisa memadamkan api.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Pemprov DKI Bangun Jalan Layang untuk Tambah Akses ke JIS

Pemprov DKI Jakarta sedang membangun jalan layang non-tol (JLNT) untuk menambah akses ke JIS atau Jakarta International Stadium.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Pengakuan Anak Disiksa Ibu: Tidak Tahu Mau ke Mana, Raya Ingin Sekolah Lagi

Raya mengaku sudah tidak melanjutkan sekolah sejak kelas 6 SD. Menurutnya, dia tidak melanjutkan sekolah bukan keinginannya, melainkan permintaan sang ibu.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Ibu Aniaya Anak di Depok, Raya Alami Luka Bakar 27 Persen

Penganiayaan anak, Direktur RSUD Depok, Devi Maryori mengatakan, Raya Aurel Rahma Visca mengalami luka bakar grade 2 sebanyak 27 persen.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Wakapolres Depok: Kekerasan terhadap Raya Sejak 1 Tahun Lalu

Wakapolres Depok, AKBP Eko Wahyu Fredian menyebutkan, kekerasan fisik terhadap Raya Aurel Rahma Visca terjadi sejak satu tahun terakhir.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Gempa di Banten, Terasa hingga Jakarta

Gempa dengan magnitudo 5,7 di Bayah, Banten terjadi pada Selasa (7/2/2023) pukul 07.35 WIB. Getaran ringan terasa hingga Jakarta Selatan.

MEGAPOLITAN | 7 Februari 2023

Masjid Al Azhar Sukses Kolaborasi Bagikan Hampers Ramadan

Masjid Jami Al-Azhar, Jakasampurna sukses berkolaborasi membagikan hampers pada bulan suci Ramadan 1443 H lalu.

MEGAPOLITAN | 16 Mei 2022

Pamerkan Sarinah, Wagub DKI: The Window of Indonesia

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Ariza) memamerkan wajah baru kawasan Sarinah, Jakarta Pusat.

MEGAPOLITAN | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

BOLA | 36 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE