Logo BeritaSatu

10 Instruksi AHY untuk Kader Demokrat di Tengah Wabah Covid-19

Jumat, 27 Maret 2020 | 20:43 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / JAS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengeluarkan 10 instruksi dalam rangka mendukung pemerintah menangani penyebaran virus corona jenis baru atau Covid-19. Instruksi itu ditujukan untuk segenap kader Demokrat yang diharapkan lebih memerhatikan dan mencermati semakin meluasnya wabah Covid-19.

"Partai Demokrat memandang perlu dilakukan Gerakan Nasional Demokrat Lawan Corona secara intensif, masif dan terkoordinasi," demikian AHY sebagaimana surat yang dikutip Beritasatu.com, Jumat (27/3/2020).

Advertisement

Instruksi AHY tertuang melalui surat bernomor Instruksi/01/III/2020. Pertama, memastikan kepada seluruh kader untuk senantiasa menjaga kesehatan diri dan keluarga dengan sering mencuci tangan menggunakan sabun antiseptik atau pembersih tangan atau hand sanitizer.

"Kedua, memastikan kepada seluruh kader dan keluarga untuk tetap berada dan atau berkegiatan di rumah masing-masing kecuali dalam keadaan darurat. Jika disiplin melakukan 'karantina mandiri' atau self-lockdown, maka penyebaran Covid-19 bisa kita batasi," tegas AHY.

Ketiga, memastikan kepada seluruh kader yang merasa mengalami gangguan kesehatan seperti demam tinggi, gangguan pernapasan, maka wajib melaporkan dan atau memeriksakan diri ke dokter/pusskesmas/rumah sakit terdekat.

Keempat, memastikan kepada seluruh pengurus partai agar semua agenda dan kegiatan partai yang mengharuskan kehadiran fisik, apalagi pengumpulan massa, agar ditiadakan. Koordinasi dan komunikasi, serta kerja-kerja politik agar dilakukan melalui telekonferensi.

Kelima, memastikan para kader partai, terutama yang menjadi kepala daerah dan anggota legislatif untuk melakukan aksi nyata dengan cara menghimpun dan mendistribusikan bantuan, bagi para pekerja medis. "Bantuan bisa dalam bentuk perlengkapan medis seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan, alat pelindung diri (APD) maupun cairan disinfektan untuk ruang-ruang publik," ujar AHY.

Keenam, khusus kepada Ketua Fraksi Demokrat DPR agar membantu pemerintah untuk melakukan realokasi anggaran dan prioritas pembiayaan yang diperlukan dalam operasi penanggulangan virus corona, utamanya menambah kapasitas fasilitas kesehatan dan tenaga medis; merumuskan dan menjalankan kebijakan (policy response) serta tindakan pemerintah untuk menanggulangi gejolak ekonomi yang serius saat ini; melakukan kerja sama dengan negara lain, di antaranya untuk pengadaan alat kesehatan, khususnya test kit.

Ketujuh, melaporkan kepada ketua umum atas pelaksanaan instruksi ini setiap hari secara berjenjang, dengan ketentuan para ketua DPC melaporkan kepada ketua DPD setiap pukul 18.00 WIB; selanjutnya para ketua DPD melaporkan kepada ketua umum setiap pukul 19.00 WIB. Ketua Fraksi Demokrat DPR melaporkan kepada ketua umum setiap pukul 19.00 WIB.

Kedelapan, mendokumentasikan semua kegiatan positif terkait Gerakan Nasional Demokrat Melawan Corona ini dengan baik serta mempulikasikannya secara luas baik melalui media massa (media cetak, media elektronik dan media online) maupun media sosial.

Kesembilan, sampaikan ucapan terima kasih saya kepada seluruh kader di manapun berada yang telah berusaha untuk membantu masyarakat dalam menanggulangi wabah virus corona.

"Kesepuluh, laksanakan instruksi ketua umum DPP Partai Demokrat ini dengan penuh tanggung jawab," demikian AHY.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Gagal Ginjal Akut Anak, Bareskrim Sita Drum Cairan Kimia Ukuran 215 Kg

Bareskrim Polri menyita sejumlah barang bukti terkait kasus gagal ginjal akut pada anak. 

NEWS | 30 Januari 2023

Kasus Gagal Ginjal Akut, Polisi Ungkap Modus yang Dilakukan Tersangka

Bareskrim Polri mengungkap modus yang dilakukan oleh tersangka perorangan kasus gagal ginjal akut.

NEWS | 30 Januari 2023

Target 0 Persen Angka Kemiskinan Ekstrem pada 2024 Dinilai Sangat Berat

Pemerintah menargetkan tingkat kemiskinan turun menjadi 7% dan angka kemiskinan ekstrem menjadi 0% pada 2024 mendatang.

NEWS | 30 Januari 2023

Polisi Dalami Peran 7 Tersangka Perusakan Bus Persis Solo

Polisi mendalami peran tujuh tersangka yang mengadang dan melempari bus Persis Solo dengan batu. Ketujuh tersangka merupakan oknum suporter Persita Tangerang.

NEWS | 30 Januari 2023

Jantung dan Kanker Paling Banyak Kuras Kantong BPJS Kesehatan

Penyakit jantung menjadi yang paling besar menguras anggaran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan.

NEWS | 30 Januari 2023

Boris Johnson Ngaku Pernah Diancam Putin Mau Dirudal

Putin ternyata pernah mengancam Boris Johnson secara pribadi, akan mengirimkan rudal kepada mantan perdana menteri Inggris itu, menjelang invasi ke Ukraina.

NEWS | 30 Januari 2023

2 Hari Diguyur Hujan, 4 Desa di Sidoarjo Terendam Banjir

Hujan deras dengan intensitas tinggi selama dua hari menyebabkan empat desa di Tanggulangin, Sidoarjo terendam banjir. 

NEWS | 30 Januari 2023

Cak Imin Usul Jabatan Gubernur Dihapus

Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengusulkan agar jabatan gubernur di Indonesi untuk dihapus karena dinilai tidak fungsional.

NEWS | 30 Januari 2023

Kasus Brigadir J, Jaksa Minta Hakim Tolak Pembelaan Bharada E

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim menolak pleidoi atau pembelaan dari Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam kasus Brigadir J.

NEWS | 30 Januari 2023

Kapolda Metro Berduka untuk Mahasiswa UI yang Tewas Ditabrak

Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran menyampaikan duka untuk Hasya Athallah Saputra, mahasiswa UI yang tewas ditabrak pensiunan polisi. 

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menpan RB: 11.000 ASN Pindah ke IKN Nusantara Tahun Depan

Menpan RB: 11.000 ASN Pindah ke IKN Nusantara Tahun Depan

EKONOMI | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE