Logo BeritaSatu

Asli RI Luncurkan Solusi Biometric Digital Onboarding

Jumat, 27 Maret 2020 | 22:22 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Penyedia jasa keuangan saat ini di tantang menghadirkan dan mengimplementasikan solusi teknologi agar bisnisnya tetap berjalan.

Oleh karena itu, PT Asli Rancangan Indonesia (Asli RI) meluncurkan aplikasi digital onboarding dengan verifikasi biometrik dan liveness test untuk penyedia jasa keuangan dalam rangka membantu menjaga onboarding new clients tetap berjalan.

Advertisement

"Dengan aplikasi ini, bisnis penyedia jasa keuangan dapat terus berjalan, dapat terus onboarding new clients tanpa harus bertemu dan tetap dapat menekan fraud dan angka non performing loan (NPL) rendah, sehingga dalam masa social distancing, maupun work from home, bisnis dapat terus berjalan," ujar komisaris Asli RI, Robert Rompas, dalam keterangan pers yang diterima Beritasatu.com, Jumat (27/3/2020).

Robert mengatakan, digital onboarding dengan verifikasi biometrik akan menjadi kunci terobosan bagi para penyedia jasa keuangan di masa sulit ini. "Ini adalah kali pertama, saya rasakan dampak krisis ekonomi yang begitu mendadak dialami oleh Indonesia selama pengalaman saya bekerja 32 tahun di beberapa bank besar sebelumnya," ujar Robert Rompas.

Baca: Aplikasi Asli RI Resmi Tercatat di OJK

Robert menambahkan, Indonesia sudah pernah melalui banyak krisis ekonomi, tapi krisis kali ini lebih besar memberikan dampak psikologis negatif bagi bangsa. "Perilaku panic buying yang memicu kelangkaan dan kenaikan harga barang-barang pokok hingga ancaman kelangsungan bisnis akibat tidak siap menghadapi tuntutan kebutuhan digitalisasi transaksi bisnis menjadi mimpi buruk bagi para pelaku usaha," tegasnya.

Menurut Robert, Asli RI menawarkan proses digital onboarding yang sangat mudah dan secured. Pertama, klien penyedia jasa keuangan memfoto kartu identitas yang akan terbaca secara otomatis oleh teknologi optical character recognition (OCR).

Kedua, klien diminta untuk melakukan foto selfie dan test liveness untuk menentukan bahwa yang melakukan pengajuan adalah orang hidup bukan foto. Ketiga, seluruh data identitas dan foto selfie yang diambil akan diverifikasi secara biometrik kepada database pemerintah.

Baca: Strongbee Maksimalkan Potensi Personal Trainer

"Seluruh proses tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi mobile di telepon pintar atau smartphone maupun melalui website yang selesai kurang dari dua menit," pungkas Robert Rompas.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bea Cukai Gagalkan Penyelundupan Ribuan Botol Miras Ilegal

Kantor Bea Cukai Kalbagbar di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, berhasil mengagalkan penyelundupan puluhan ribu botol minuman keras (miras) ilegal tanpa cukai.

NEWS | 31 Januari 2023

Polda Jabar Tak Kaitkan Skandal Kompol D dalam Kasus Kecelakaan di Cianjur

Polda Jabar tak mengaitkan skandal Kompol D dalam penyidikan kasus kecelakaan di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 31 Januari 2023

Selingkuh Sejak April 2022, Kompol D Ditahan

Fadil Imran mengatakan, Kompol D yang terlibat kasus perselingkuhan telah ditahan. Kompol D selingkuh sejak April 2022 dengan wanita berinisial N.

NEWS | 31 Januari 2023

Hadapi Tantangan Era 4.0, Polri Perlu Restrukturisasi dan Reposisi

Direktur Lingkar Peduli Anak Negeri (Lingkar Puan), Andre M Pelawi mengatakan Polri perlu melakukan restrukturisasi dan reposisi di era 4.0.

NEWS | 31 Januari 2023

BNN Menutup Kemungkinan Legalisasi Ganja untuk Sarana Medis

Kepala BNN Komjen Polisi Petrus Reinhard Golose menegaskan sudah menutup kemungkinan ganja digunakan sebagai sarana medis.

NEWS | 31 Januari 2023

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia 2022 Merosot 4 Poin Jadi 34

Corruption Perception Index atau Indeks Persepsi Korupsi Indonesia pada 2022 merosot empat poin menjadi 34 atau berada di posisi 110 dari 180 negara. 

NEWS | 31 Januari 2023

Bacakan Duplik, Ricky Rizal Kutip Surat Al-Baqarah dan An-Nahl

Ricky Rizal mengutip Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 191 dan Surat An-Nahl ayat 90 pada dupliknya saat menanggapi replik oleh jaksa penunut umum (JPU).

NEWS | 31 Januari 2023

3 Pengacara Tersangka Pencabulan Santriwati di Jember Mengundurkan Diri

Sebagian tim pengacara tersangka dugaan kasus pencabulan santriwati diduga oleh pimpinan pondok pesantren kompak mengundurkan diri.

NEWS | 31 Januari 2023

Ferdy Sambo Sudah Siap Mental Hadapi Vonis Hakim

Rasamala Aritonang, kuasa hukum Ferdy Sambo, mengatakan kliennya sudah siap mental untuk menghadapi sidang pembacaan vonis perkara pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 31 Januari 2023

Kasus Brigadir J, Sidang Vonis Ricky Rizal Digelar pada Hari Valentine

Majelis hakim menjadwalkan sidang vonis Ricky Rizal pada hari Valentine. Ricky salah satu terdakwa dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dua Menteri Partai Nasdem Tidak Hadiri Ratas di Istana, Ini kata Jokowi

Dua Menteri Partai Nasdem Tidak Hadiri Ratas di Istana, Ini kata Jokowi

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE