Logo BeritaSatu

Pemkot Bogor Usul Pelaksanaan PSSB di Bogor, Bekasi, dan Depok Mulai 15 April

Sabtu, 11 April 2020 | 19:37 WIB
Oleh : Vento Saudale / AO

Bogor, Beritasatu.com - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto telah menyetujui penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, dan Kota Bekasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengusulkan agar pelaksanaan PSBB mulai dilakukan pada Rabu (15/4/2020).

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim mengatakan, dirinya telah mendapat informasi bila Menkes telah menyetujui pemberlakukan PSBB. Untuk itu, ia telah berkoordinasi dengan kepala daerah Depok dan Bekasi.

“Kemungkinan diberlakukan Rabu atau Kamis. Kenapa ada jeda, karena kami harus menyiapkan beberapa hal, salah satunya peraturan tingkat daerah, seperti peraturan wali kota atau peraturan bupati,” kata Dedie dalam keterangannya di Bogor, Jawa Barat, Sabtu (11/4/2020).

Dikatakan, selama jeda waktu sekitar empat hari itu akan ditentukan opsi-opsi implementasi PSBB, termasuk berkoordinasi dengan forum komunikasi pimpinan daerah (Forkominda) lintas instansi. “Kami juga perlu melakukan simulasi-simulasi penyesuaian turunnya bantuan-bantuan yang nantinya dialokasikan kepada masyarakat yang terdampak,” papar Dedie.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajukan permohonan PSBB di wilayah Bogor, Bekasi, dan Depok (Bodebek). Alasannya, kebijakan pencegahan virus corona atau Covid-19 di Bodebek harus seirama dengan DKI Jakarta.

Berdasarkan data, secara nasional, sekitar 70% kasus positif Covid-19 tersebar di wilayah Jabodetabek. "Ini mengindikasikan bahwa kita harus satu frekuensi kebijakan dengan DKI Jakarta. Sebab, ata menunjukkan secara nasional 70% Covid-19 persebarannya ada di wilayah Jabodetabek,” ujar Emil.

Menurut Emil, apa pun kebijakan DKI Jakarta harus diikuti oleh Bodebek. Selain itu, Bodebek juga nantinya bisa memberi masukan yang bisa dipertimbangkan oleh DKI Jakarta.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan akan mendalami soal disiplin prajurit TNI saat fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Awasi Potensi Korupsi Penyaluran Bantuan Korban Bencana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti soal isu bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana yang dikelola dengan tidak amanah.

NEWS | 2 Desember 2022

Persiapan Pemilu 2024, KPU Gelar Konsolidasi Nasional

KPU menggelar rapat konsolidasi nasional dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Disiplin Prajurit Jadi Materi <em>Fit and Proper Test</em> Calon Panglima TNI

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE