Logo BeritaSatu

Kemkumham Diminta Tanggap dan Waspada Kerusuhan di Lapas

Minggu, 12 April 2020 | 12:26 WIB
Oleh : Carlos KY Paath / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemkumham) diminta untuk mewaspadai kerusuhan di lembaga pemasyarakatan (lapas) maupun rumah tahanan (rutan). Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) dinilai perlu mengingatkan jajarannya.

Menurut Anggota Komisi III DPR Hinca IP Pandjaitan, Kemkumham sepatutnya mengantisipasi kerusuhan di Lapas Manado, Sulawesi Utara, tidak terjadi di daerah lain. "Masalah di lapas terus bergulir dan seakan tak berhenti. Jika benar kerusuhan di Lapas Manado terjadi karena terkait dengan isu Covid-19, Menkumham dan jajarannya harus segera tanggap dan waspada," kata Hinca kepada Beritasatu.com, Minggu (12/4/2020).

Advertisement

Hinca menyayangkan kejadian di Lapas Manado. "Sangat disayangkan kejadian ini. Kita minta segera diatasi. Dicari penyebabnya yang pasti dan segera diselesaikan agar tidak lagi terulang di tempat lain. Ini kondisi darurat, Menkumham segera rapat darurat internal dengan semua kepala lapas dan rutan seluruh Indonesia," tegas Hinca.

Hinca menyatakan tidak tertutup kemungkinan pandemi Covid-19 membuat keresahan terhadap warga binaan di lapas dan rutan. "Pola yang terjadi ini, jika benar karena isu Covid19, maka sekali lagi wajib dicermati karena belum ada tanda-tanda pandemi Covid-19 segera berakhir, sebaliknya masih panjang," ujar Hinca.

Seperti diketahui, kerusuhan terjadi di Lapas Manado, Sabtu (11/4/2020). Peristiwa itu dipicu oleh ulah sejumlah narapidana narkoba yang meminta dibebaskan melalui program asimilasi dan integrasi di tengah pandemi Covid-19.

"Faktor yang menjadi pemicunya adalah para warga binaan narkoba meminta agar mereka juga dibebaskan," ujar Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerjasama Sekretariat Jenderal Kemkumham, Bambang Wiyono. Melalui video yang dibagikan oleh Bambang, terlihat asap hitam pekat membumbung tinggi dari dalam lapas. Beberapa bagian gedung juga terlihat hangus terbakar.

Bambang mengatakan para narapidana narkoba tersebut mengamuk lantaran merasa dianaktirikan, karena tidak turut serta dibebaskan oleh pemerintah melalui asimilasi dan integrasi di tengah pandemi Covid-19. "Para warga binaan narkoba merasa dianaktirikan sehingga meminta disamakan dengan warga binaan tindak pidana umum lainnya," ujar Bambang.

Selain itu, kata Bambang, kemarahan narapidana juga disebabkan tidak diperkenankannya salah seorang narapidana untuk melayat orang tuanya yang meninggal.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

NEWS | 40 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE