Logo BeritaSatu

Jelang Kemarau, Operasi TMC Dilaksanakan Selama 15 Hari

Rabu, 13 Mei 2020 | 22:43 WIB
Oleh : Ari Supriyanti Rikin / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Rabu (13/5/2020) tim teknologi modifikasi cuaca (TMC) mulai menggelar operasi untuk menghasilkan hujan buatan di Riau dan Jambi selama 15 hari ke depan. Tujuannya, membasahi lahan gambut yang mulai mengering dan rawan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Dari perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, puncak musim kemarau terjadi pada Agustus mendatang. Untuk itu, dalam pelaksanaan TMC, BPPT mengacu pada data ketinggian muka air gambut dari KLHK dan Badan Restorasi Gambut. Diharapkan ketika gambut basah menjelang puncak kemarau tidak rawan karhutla.

Pada operasi 15 hari mendatang, sekitar 20 ton garam telah disiapkan di Posko TMC Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Armada pesawat menggunakan pesawat TNI AU Casa 212 skuadron Malang.

Operasi TMC ini dilakukan sesuai arahan Presiden Joko Widodo pada Februari 2020, pencegahan karhutla harus dioptimalkan. Pelaksanaan TMC di Riau ini merupakan permintaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Meski di tengah pandemi Covid-19, tim TMC Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tetap mematuhi protokol kesehatan termasuk melakukan rapid test sebelum beroperasi.

Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam BPPT Yudi Anantasena mengatakan, TMC ditujukan untuk membasahi lahan gambut. Dari aturan yang ada tinggi muka air gambut tidak boleh surut lebih dari 40 cm.

“Saat ini iklim dan cuaca di Riau, Jambi dan Sumatera Selatan masih ada potensi awan yang bisa disemai. Sebelum kemarau datang kita lakukan TMC,” kata Yudi dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (13/5/2020).

Lanjutan
Sementara Kepala Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT Tri Handoko Seto mengungkapkan, untuk Riau, TMC yang kembali digelar ini merupakan kelanjutan dari TMC sebelumnya yang dilakukan Maret-April lalu. Riau lanjutnya, memiliki pola dua kali musim kemarau setiap tahun.

Pada TMC 11 Maret-2 April 2020 lalu, menghasilkan air hujan capai 97,8 Juta meter kubik, dan akumulasi rata-rata curah hujan aktual selama periode TMC sebesar 227,2 mm.

"Saat ini posko TMC Pekanbaru, Riau menjangkau hingga Provinsi Jambi selama 15 hari mendatang,” ucapnya.

TMC ungkapnya, dilakukan untuk membuat hujan buatan sehingga bisa menaikkan level air gambut pada kesatuan hidrologi gambut yang ada di Riau dan Jambi. Seto menyebut, usai TMC di Riau dan Jambi, setelah Idulfitri TMC akan beralih ke Sumatera Selatan dan Kalimantan.

Meski begitu di masa pandemi, BPPT mendapat laporan munculnya hotspot di wilayah-wilayah calon TMC. Oleh karena itu TMC segera dilakukan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Sidang Brigadir J hingga Impor Beras Terpopuler di Beritasatu.com

Sidang perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan isu impor beras menjadi berita terpopuler di Beritasatu.com

NEWS | 29 November 2022

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE