Logo BeritaSatu

Pemerintah Izinkan Daerah Tanpa Kasus dan Zona Hijau Covid-19 Dibuka

Rabu, 27 Mei 2020 | 14:33 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / HS

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan ada dua kriteria daerah yang dapat melonggarkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sehingga bisa dibuka melakukan aktivitas kembali.

“Adapun untuk daerah-daerah nantinya akan dibuka, ada dua kriteria disini,” kata Doni Monardo seusai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (27/5/2020).

Salah satunya adalah daerah yang sama sekali tidak ada kasus positif virus corona atau Covid-19. Diungkapkan, ada 110 kabupaten/kota yang tercatat nol kasus positif corona, dengan rincian 87 daerah di wilayah daratan dan 23 wilayah kepulauan, kecuali Provinsi Papua.

Dari jumlah tersebut, daerah yang ditawarkan untuk membuka kembali wilayahnya ada sebanyak 87 kabupaten/kota, yang terdiri atas 65 daerah di wilayah daratan dan 22 daerah di wilayah kepulauan.
“Daerah-daerah ini nyaris steril dari ancaman Covid-19, tetapi belum tentu selamanya akan tetap aman,” ujar Doni Monardo.

Pada pekan lalu, Doni Monardo mengatakan, pihaknya telah melakukan komunikasi dengan para bupati dan walikota di daerah yang tidak ada sama sekali kasus positif corona. Mereka memaparkan bagaimana caranya sehingga daerah tersebut bisa aman dari Covid-19.

Setelah paparan tersebut, lanjutnya, dapat disimpulkan, ada tiga hal yang membuat 110 kabupaten/kota tersebut bisa aman dari penularan virus corona.
Pertama, adanya tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat yang tinggi. Kedua, kerja sama dari tokoh-tokoh yang ada di daerah, baik dari pemerintah, tokoh non formal lainnya maupun RT dan RW.
Ketiga, adanya sejumlah daerah yang terisolasi sehingga aman dari Covid-19, termasuk daerah-daerah yang relatif jarang dikunjungi orang dari luar,” terang Doni.

Sedangkan kriteria lain untuk daerah yang boleh dibuka kembali adalah daerah berwarna hijau. Daerah ini merupakan daerah yang ada kasus Covid-19 namun dalam beberapa pekan terakhir telah mengalami penurunan jumlah kasus positif dan meninggal dan terjadi peningkatan kasus sembuh. Hal ini sesuai dengan standar yang ditentukan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Daerah-daerah berwarna hijau adalah daerah-daerah yang ada kasus tetapi dalam beberapa minggu terakhir mengalami penurunan sesuai standar yang telah ditentukan WHO,” ungkap Doni.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

Urus Film Horor hingga Kawasan Industri, Ini yang Dilakukan Danareksa Sekarang

EKONOMI | 39 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE