Logo BeritaSatu

Masuk Era Digital, Bens Leo Memotret Kebimbangan Musisi

Rabu, 27 Mei 2020 | 20:00 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Tidak menampik, industri musik digital membawa perubahan yang signifikan. Hal ini ditandai dengan bergesernya para pendengar musik ke layanan streaming. Perlahan tetapi pasti, perubahan cara mendengarkan musik ini juga memotret kebimbangan para musisi, terutama terkait hak cipta dan juga royalti.

Pengamat musik, Bens Leo mengatakan para musisi masih terbelit dengan lemahnya penegakan UU Hak Cipta yang diatur dalam UU Nomor 28 Tahun 2014. Di mana saat ini, masyarakat seolah memiliki kebebasan dalam menggunakan karya-karya para pencipta tanpa memiliki izin terlebih dahulu.

Namun sayangnya, saat ini UU tersebut masih belum berjalan maksimal karena diatur dengan ketentuan pelanggaran pidana delik aduan.

"Cover lagu orang harus izin penciptanya. Kalau tidak itu melanggar hak cipta. Sayangnya di Indonesia agak sulit untuk ditegakkan. Tidak sedikit, sebuah lagu cover version bahkan menjadi lebih terkenal dari lagu yang dibawakan oleh penyanyi aslinya,” jelasnya saat dihubungi Beritasatu.com melalui sambungan telepon, Rabu (27/5/2020).

Demi membangun ekosistem musik yang sehat, Bens pun menyarankan agar pemerintah mempertegas pelaksanaan UU Hak Cipta. Jika ada pembajakan, pemerintah bisa segera memberi bantuan para seniman agar dia mendapat perlindungan atas haknya.

“Ini sebenarnya meresahkan, di mana yang dapat mengadu adalah pihak yang merasa dirugikan yaitu pencipta atau penerima ciptaan atas suatu hasil karya yang diakui oleh UU Hak Cipta. Kalau menggunakan delik biasa, kalau ada pembajakan, pencipta tidak perlu melapor dan pihak berwajib bisa menangkap pembajak itu. Jadi prosesnya bisa berjalan dengan cepat,” ungkapnya.

Sedangkan dari sisi pendapatan dari hasil karya yang mereka unggah di paltform seperti Joox ataupun Spotify, para musisi nyatanya masih belum diuntungkan. Terutama bagi para musisi menengah yang belum memiliki penggemar yang luas.

"Sebetulnya yang masih belum jelas adalah cara mendapatkan uang dari penjualan ini. Karena kalau penjualan fisik itu ketahuan pendapatannya dari hasil penjualan. Sementara versi digital keuntungan terlihat setelah mendatangkan jumlah viewers yang banyak. Akhirnya musisi kebingungan sendiri untuk menjual karyanya kalau tidak terbiasa gunakan platform digital,” tukasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Awasi Potensi Korupsi Penyaluran Bantuan Korban Bencana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti soal isu bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana yang dikelola dengan tidak amanah.

NEWS | 2 Desember 2022

Persiapan Pemilu 2024, KPU Gelar Konsolidasi Nasional

KPU menggelar rapat konsolidasi nasional dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Ekonomi Global Suram, Jokowi Minta KPU Efisien Gunakan Anggaran Pemilu 2024

Presiden Jokowi mengingatkan KPU untuk efisien menggunakan anggaran Pemilu 2024 karena Pemilu kali ini digelar dalam situasi ekonomi global yang suram. 

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani, Toko Pe-i Gandeng Pertashop

Penuhi Kebutuhan Pupuk Petani, Toko Pe-i Gandeng Pertashop

EKONOMI | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE