Logo BeritaSatu

270 WNI di Minneapolis dan St Paul dalam Keadaan Aman

Minggu, 31 Mei 2020 | 13:45 WIB
Oleh : Natasia Christy Wahyuni / JAI

Chicago, Beritasatu.com - Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Kota Minneapolis dan St Paul (Twin Cities), Amerika Serikat (AS), dipastikan dalam keadaan aman.

Pernyataan itu, disampaikan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Chicago, AS,dalam siara pers, pada Sabtu (30/5/2020), terkait dengan aksi demonstrasi dan kerusuhan yang melanda negara bagian tersebut sejak Rabu (27/5/2020).

“Hingga Jumat pukul 21.00 (Sabtu pukul 09.00 WIB), dari hasil kontak KJRI Chicago dengan simpul masyarakat, seluruh WNI yang berada di dua kota tersebut, sebanyak 270 orang, dalam kondisi baik dan aman,” sebut siaran pers dari KJRI Chicago.

Twin Cities dilanda aksi demonstrasi sejak Rabu (27/5/2020), terkait meninggalnya George Floyd, seorang penjaga keamanan berusia 46 tahun keturunan Afrika-Amerika, diduga akibat tindakan penangkapan oleh empat oknum kepolisian pada hari Senin (25/05/2020).

Kasus tersebut telah memicu aksi demonstrasi di 30 kota di AS. Setelah dilanda aksi demonstrasi dan kerusuhan sejak Rabu sampai Jumat dini hari, kondisi mulai relatif tenang pada Jumat.

KJRI Chicago menyatakan telah berkomunikasi dengan para WNI di wilayah twin cities. Lewat saluran komunikasi Whatsapp dan media sosial, KJRI mengimbau agar WNI memprioritaskan keamanan dan menghindari daerah kerusuhan serta mematuhi anjuran pemerintah setempat.

KJRI menjelaskan, situasi di dua kota yang menjadi awal aksi demonstrasi dan kerusuhan berangsur kondusif karena pemerintah setempat memberlakukan keadaan darurat.

“Gubernur Minnesota, Tim Walz, hari Kamis siang waktu Chicago (Kamis malam WIB) menetapkan keadaan darurat hingga Sabtu untuk kawasan Minneapolis, St. Paul, dan sekitarnya,” bunyi pernyataan KJRI Chicago.

Otoritas di Minnesota juga telah mengerahkan 500 pasukan Garda Nasional untuk membantu mengendalikan situasi. Sementara itu, Wali Kota Minneapolis, Jacob Frey, dan Wali Kota St Paul, Melvin Carter, juga menyatakan keadaan darurat lokal untuk kedua kota itu.

Namun, sebagai antisipasi terjadinya aksi yang lebih besar, pemerintah setempat telah umumkan penetapan jam malam (curfew) untuk kota Minneapolis dan St Paul sejak Jumat sore waktu setempat.

Kasus meninggalnya George Floyd ini telah memicu aksi serupa di beberapa kota AS lainnya. Aksi protes yg mengusung tema "I Can’t Breathe" dan digalang oleh Lembaga Black Lives Matters telah berlangsung hari Jumat di Minneapolis, Chicago, Detroit, Columbus, Louisville, dan Des Moines. Aksi serupa diperkirakan akan berlangsung pada Sabtu di kota-kota yang sama dan kemungkinan beberapa kota lainnya.

Unjuk rasa yang digelar warga awalnya berjalan damai di area dekat kantor polisi Third Precinct sebagai tempat dinas keempat polisi yang menangkap Floyd , tapi terjadi eskalasi pada Rabu (27/5/2020), ditandai dengan tindakan pelemparan benda-benda kepada aparat kepolisian.

Keempat polisi yangg diduga terlibat dalam kematian Floyd sudah dipecat dari dinas kepolisian. Namun, yang diiinginkan para pengunjuk rasa dan keluarga Floyd adalah petugas yang menindih Floyd, yaitu Derek Chauvin, agar ditangkap dan dijatuhi hukuman karena menghilangkan nyawa seorang pria yang tidak melawan saat ditangkap.

Sesuai perkembangan, Komisioner Keselamatan Publik Minnesota pada Jumat (29/5/2020), siang waktu setempat, mengumumkan Derek Chauvin telah resmi ditahan aparat keamanan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan dan Agus Cecar Saksi dari Divisi Propam

Kuasa Hukum terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria, Henry Yosodingrat mencecar saksi Radite Hernawa yang merupakan Divisi Propam Polri.

NEWS | 1 Desember 2022

Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto pihaknya mendukung dan konsisten bersama pemerintah mengurai persoalan, termasuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

NEWS | 1 Desember 2022

Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Saat hadir sebagai saksi di sidang Hendra Kurniawan, salah satu timsus Polri, Agus Saripul Hidayat membeberkan kejanggalan kasus Brigadir J. 

NEWS | 1 Desember 2022

Kasus Suap, Eks Kepala BPN Riau M Syahrir Ditahan KPK

KPK menahan mantan Kepala Kanwil BPN Riau M Syahrir, tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan dan perpanjangan HGU di Kanwil BPN Riau. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bertambah, Pengungsi Gempa Cianjur Mencapai 114.414 Orang

Jumlah pengungsi akibat gempa Cianjur bertambah menjadi sebanyak 114.414 orang sementara sehari sebelumnya 109.386 orang. 

NEWS | 1 Desember 2022

CCTV Rumah Ferdy Sambo 26 Kali Dimatikan secara Paksa

CCTV rumah Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, 26 kali dimatikan secara paksa.

NEWS | 1 Desember 2022

Sufmi Dasco Jadi Profesor, Prabowo: Guru Besar Penentu Peradaban Bangsa

Terkait pengukuhan Sufmi Dasco Ahmad sebagai profesor, Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto menegaskan guru besar merupakan penentu peradaban bangsa.

NEWS | 1 Desember 2022

Update Gempa Cianjur, 329 Orang Meninggal dan 595 Luka Berat

Bupati Cianjur, Herman Suherman menyampaikan hingga saat ini terdapat 349 orang meninggal dunia dan 595 orang luka berat akibat gempa Cianjur. 

NEWS | 1 Desember 2022

KLHK Raih Peringkat Pertama Indonesia SDGs Action Awards 2022

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) meraih peringkat pertama Indonesia SDGs Action Awards 2022 kategori kementerian/lembaga.

NEWS | 1 Desember 2022

Ganjar Sebut Pendidikan Anti Korupsi di 23 SMA/SMK di Jateng Efektif

Pendidikan anti korupsi bisa diberikan melalui komunikasi yang kreatif lain seperti melalui media sosial, kaus, atau berbagai media seperti stiker dan lainnya.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kuasa Hukum Hendra Kurniawan dan Agus Cecar Saksi dari Divisi Propam

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan dan Agus Cecar Saksi dari Divisi Propam

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE