Logo BeritaSatu

Pemprov DKI Uji Coba Penataan Stasiun Tanah Abang

Selasa, 2 Juni 2020 | 12:50 WIB
Oleh : BW

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, Pemprov DKI tengah menguji coba penataan Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, untuk mengurai kemacetan di kawasan itu.

"Diharapkan dengan adanya penataan stasiun ini tidak terjadi lagi kemacetan lalu lintas di jalan-jalan arteri maupun lokal di stasun ini dan seluruhnya," kata Syafrin dalam kegiatan uji coba penataan stasiun di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (2/6/2020).

Syafrin mengatakan, penataan kawasan stasiun terintegrasi secara utuh dengan moda transportasi penumpang maupun barang ini, telah dimulai melalui penandatangan kerja sama pada 10 Januari lalu.

Ada empat stasiun di wilayah DKI Jakarta yang dilakukan penataan, yakni Stasiun Djuanda, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Senen, dan Stasiun Sudirman.

Uji coba pertama di Stasiun Djuanda, lalu Stasiun Tanah Abang, dan kemudian dilanjutkan di Stasiun Senen, serta Stasiun Sudirman.

"Inti dari penataan stasiun ini adalah kita ingin adanya integrasi secara utuh untuk pergerakan orang dan kendaraan, apakah itu yang akan menuju stasiun atau dari stasiun menuju ke angkutan umum lanjutannya, serta adanya integrasi antarmoda dari rel dan jalan maupun roda dua," kata Syafrin.

Syafrin menyebutkan, integrasi lengkap ini dari pemerintah, dalam hal ini pemerintah pusat (Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan), Pemprov DKI Jakarta, BUMN (KAI dan KCI) serta BUMD Pemprov DKI Jakarta (MRT, Transjakarta, dan Sarana Jaya).

Semua stakeholders melakukan kegiatan sesuai dengan pembagian tugas, sehingga menghasilkan sebuah perubahan yang nyata di Stasiun Tanah Abang.

"Semua bersatu padu untuk mewujudkan integrasi yang utuh di lingkungan stasiun," kata Syafrin.

Penataan kawasan stasiun ini seluruh moda transportasi penghubung mendapat tempat masing-masing, seperti layanan Transjakarta sudah tersedia halte.

Demikian juga untuk ojek daring sudah disiapkan untuk parkir untuk turun dan jemput penumpang di bagian utara stasiun.

"Termasuk angkutan lingkungan seperti bajaj, mikrolet, ataupun mikrotrans juga kami tata untuk bisa masuk ke dalam lingkungan stasiun yang terintegrasi," kata Syafrin.

Untuk memastikan penataan tersebut berjalan baik, akan ada pengaturan dan pengawasan oleh satuan tugas pengawasan penataan stasiun yang telah dibentuk.

"Satgas penataan stasiun di bawah komando Kasatpol PP bersama-sama dengan perhubungan dan pemerintah kota," kata Syafrin.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kebakaran Usaha Laundry di Tangerang, 3 Meninggal Dunia

Tiga orang meninggal dunia akibat kebakaran tempat usaha laundry di Perumahan Taman Cikande, RW02 RT09 Desa Cikande, Kabupaten Tangerang.

NEWS | 1 Desember 2022

Hingga Hari Ini, Total Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur 24.107 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat hingga hari ini, Kamis (1/12/2022) sebanyak 24.107 unit.

NEWS | 1 Desember 2022

Pemuda Katolik Siap Berkolaborasi dengan Bawaslu Awasi Pemilu 2024

PP Pemuda Katolik menyatakan kesiapan mereka untuk berkolaborasi dengan Bawaslu dalam mengawasi pelaksanaan Pemilu 2024. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bareskrim Limpahkan 3 Tersangka Korupsi Kredit Bank Jateng

Bareskrim Polri melimpahkan tiga tersangka dan barang bukti kasus dugaan korupsi pemberian kredit proyek BPD Jawa Tengah (Jateng) cabang Jakarta.

NEWS | 1 Desember 2022

Kuasa Hukum Hendra Kurniawan dan Agus Cecar Saksi dari Divisi Propam

Kuasa Hukum terdakwa Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria, Henry Yosodingrat mencecar saksi Radite Hernawa yang merupakan Divisi Propam Polri.

NEWS | 1 Desember 2022

Karang Taruna Dukung Pemerintah Wujudkan Kesejahteraan

Ketua Umum Karang Taruna, Didik Mukrianto pihaknya mendukung dan konsisten bersama pemerintah mengurai persoalan, termasuk mewujudkan kesejahteraan sosial.

NEWS | 1 Desember 2022

Saksi dari Timsus Polri Beberkan Kejanggalan Kasus Brigadir J

Saat hadir sebagai saksi di sidang Hendra Kurniawan, salah satu timsus Polri, Agus Saripul Hidayat membeberkan kejanggalan kasus Brigadir J. 

NEWS | 1 Desember 2022

Kasus Suap, Eks Kepala BPN Riau M Syahrir Ditahan KPK

KPK menahan mantan Kepala Kanwil BPN Riau M Syahrir, tersangka kasus dugaan suap terkait pengurusan dan perpanjangan HGU di Kanwil BPN Riau. 

NEWS | 1 Desember 2022

Bertambah, Pengungsi Gempa Cianjur Mencapai 114.414 Orang

Jumlah pengungsi akibat gempa Cianjur bertambah menjadi sebanyak 114.414 orang sementara sehari sebelumnya 109.386 orang. 

NEWS | 1 Desember 2022

CCTV Rumah Ferdy Sambo 26 Kali Dimatikan secara Paksa

CCTV rumah Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, 26 kali dimatikan secara paksa.

NEWS | 1 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kebakaran Usaha <em>Laundry</em> di Tangerang, 3 Meninggal Dunia

Kebakaran Usaha Laundry di Tangerang, 3 Meninggal Dunia

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE