Logo BeritaSatu

Pencernaan Sehat Imunitas Tubuh Kuat

Kamis, 25 Juni 2020 | 22:33 WIB
Oleh : Indah Handayani / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Pandemi virus corona atau Covid-19 membuat masyarakat sangat sadar untuk menjaga imunitas tubuh agar siap menjalani aktivitas. Sayangnya, masih banyak kalangan yang tak sadar bahwa menjaga saluran pencernaan sehat adalah awal dari imunitas kuat. Mengingat sebanyak 70 persen sel imun ada dan hidup di pencernaan.

Baca Juga: Empat Cara Kurangi Ketagihan Junk Food

Advertisement

Dokter spesialis gizi medik, dr Hilna Khairunisa Shalihat, menjelaskan, sebanyak 70 persen sel imun yang terdiri dari Dendritic Cells (DCs), T-cells, dan Immunoglobulin A (IgA) terdapat pada sistem pencernaan. Untuk itu, dengan sistem pencernaan yang sehat, sistem imun pun akan kuat dan terjaga dalam melawan berbagai patogen, baik berupa bakteri ataupun virus.

"Sehingga, mengurangi risiko penularan penyakit, baik yang disebabkan oleh virus maupun patogen lain. Tidak hanya itu, banyak benefit lainnya yang bisa didapatkan, diantaranya mengurangi tingkat stres, asupan pola makan tercukupi," ungkap Hilna di acara webinar FibreFirst 'Sistem Pencernaan Sehat Imunitas Kuat' yang digelar secara virtual, Kamis (25/6/2020).

Menurut Hilna, konsumsi serat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan yang kemudian akan meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan memperhatikan asupan serat minimal 5 hingga 7 porsi per hari atau setara dengan 25-35 gram.

Baca Juga: Konsumsi Ini untuk Daya Tahan Tubuh yang Kuat

"Namun, konsumsi buah dengan sayur tidak bisa hanya salah satu saja, tapi juga harus keduanya, yaitu sayuran sebanyak 3-4 porsi dan buah 2-3 porsi. Contohnya saja, makan sayur bisa di masukan pada saat makan besar, seperti sarapan, makan siang, dan malam. Sedangkan makan buah bisa dilakukan pada waktu snacking sebanyak dua kali pada diantara waktu sarapan dan makan siang atau waktu makan siang dengan makan malam,” paparnya.

Scientific FibreFirst, Nourmatania Istiftiani, mengatakan, diet adalah salah satu faktor kunci yang mempengaruhi komposisi dan fungsi bakteri pencernaan. Oleh karena itu, diet rendah serat, gula tinggi, dan lemak berhubungan dengan timbulnya peradangan di usus dan sisitem pencernaan yang tidak sehat.

"Sayangnya, sebanyak 95,4 persen masyarakat Indonesia tidak mengonsumsi cukup buah dan sayur atau masih kurang dari 5 porsi sehari. Kurangnya konsumsi buah-buahan dan sayuran meningkatkan resiko kekurangan serat dan dapat menyebabkan bertumpuknya kotoran dan racun," jelasnya.

Baca Juga: Tips Menjaga Kebugaran Saat WFH

Sales & Marketing Director PT Kobe Nutri Farma, Jozef Thenu mengatakan, pihaknya menghadirkan FibreFirst mengandung serat premium dan nutrisi dari ekstrak buah pilihan yang dapat memenuhi asupan buah dan sayur, serta menyehatkan sistem pencernaan dengan detoksifikasi optimal.

Bahkan, FibreFirst juga merupakan suplemen kesehatan pertama di Indonesia yang terjamin kualitasnya dengan memberikan jaminan pengembalian uang jika dalam 30 hari konsumen tidak merasa puas oleh manfaat kesehatan.

"Konsumsi serat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan yang kemudian akan meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga meningkatkan kesehatan masyarakat, khususnya selagi kondisi pandemi Covid-19 ini," tandas Josef.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Muncul ke Publik Setelah 36 Hari, Kim Jong-un Minta Korut Bersiap Perang

Pemimpin Korut (Korea Utara) Kim Jong-un muncul di hadapan publik setelah tak terlihat di depan umum, yang menimbulkan spekulasi tentang kesehatannya.

NEWS | 8 Februari 2023

Gagal Ginjal Akut Kembali Terdeteksi, IDI: Monitoring Pemakaian Obat Harus Diperketat

Ketua Umum IDI mengatakan, kesadaran atas efek samping obat sirup merupakan hal yang penting untuk di monitor guna mencegah kasus gagal ginjal akut.

NASIONAL | 8 Februari 2023

MRCCC Siloam Minimalisasi Kesenjangan Perawatan Pasien Kanker

MRCCC Siloam Semanggi meminimalisasi kesenjangan perawatan pasien kanker serta menekankan kesetaraan pasien dalam mendapatkan pelayanan medis.

NASIONAL | 7 Februari 2023

510 Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Keracunan Makanan

Tim kesehatan Puskesmas Wagir mendapat laporan banyak mahasiswa yang mengalami diare saat berada di lokasi perkemahan.

NEWS | 7 Februari 2023

Bappenas: RI Butuh 22 Tahun untuk Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyatakan, Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk menyandang status negara berpendapatan tinggi.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Pelabuhan Iskenderun Turki Terbakar Pascagempa, Operasional Dihentikan

Puluhan kontainer kargo terbakar sejak Senin (6/2/2023) petang hingga Selasa (7/2/2023) di kota pelabuhan Iskenderun yang dilanda gempa dahsyat.

NEWS | 8 Februari 2023

Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, Bareskrim Kirim Sampel ke BPOM

Bareskrim Polri mengirimkan sampel ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait dua kasus baru gagal ginjal akut yang ditemukan di DKI Jakarta.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Ibunya Tewas, Bayi Baru Lahir Selamat dari Puing-puing Gempa Dahsyat

Keajaiban setelah bayi baru lahir ditemukan dalam kondisi selamat dari puing-puing akibat gempa dahsyat di sebuah rumah di Suriah utara.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023

Keren! Qoala Plus Tumbuh Tiga Kali Lipat di Sumatera

Qoala Plus sebagai unit bisnis insurtech Qoala mencatat pertumbuhan tiga kali lipat di wilayah Sumatera.

EKONOMI | 8 Februari 2023

OJK Catat Kredit Macet 21 Fintech Lending di Atas 5 Persen

Sebanyak 21 penyelenggara fintech lending mencatat pembiayaan bermasalah atau tingkat wanprestasi 90 hari (TWP 90) di atas 5%.

EKONOMI | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

BOLA | 32 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE