Logo BeritaSatu

Dalam 2 Bulan, Ombudsman Terima 1.330 Aduan Soal Penyaluran Bansos

Rabu, 1 Juli 2020 | 20:33 WIB
Oleh : Fana F Suparman / WM

Jakarta, Beritasatu.com - Ombudsman Republik Indonesia telah membuka Posko Pengaduan Daring bagi masyarakat terdampak Covid-19 sejak 29 April 2020 lalu. Selama dua bulan berjalan, Ombudsman paling banyak menerima laporan mengenai penyaluran bansos, yakni sebanyak 1.330 laporan atau 83% dari 1.604 laporan yang diterima Ombudsman melalui Posko Pengaduan hingga 30 Juni 2020.

"Penyaluran bantuan sosial menjadi substansi yang paling banyak dilaporkan oleh masyarakat," kata Anggota Ombudsman, Ahmad Suadi, di Jakarta, Rabu (1/7/2020).

Posisi kedua terbanyak yang dilaporkan masyarakat ke Ombudsman adalah sektor ekonomi dan keuangan sebanyak 176 pengaduan atau 11%, menyusul sektor transportasi 52 pengaduan (3%), Pelayanan Kesehatan 38 pengaduan (2%) dan sektor keamanan delapan pengaduan (1%).

Ahmad Suadi memaparkan, jenis bantuan sosial yang diadukan masyarakat terutama terkait Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebanyak 402 pengaduan, Program Keluarga Harapan (PKH) 41 pengaduan, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 28 pengaduan, bantuan sembako 17 pengaduan dan Kelompok Penerima Manfaat (KPM) sebanyak satu pengaduan.

Dari keseluruhan pengaduan bansos, 22,28% di antaranya terkait penyaluran bantuan yang tidak merata dalam hal waktu atau wilayah sasaran. Kemudian 21,38% tentang prosedur dan persyaratan untuk menerima bantuan tidak jelas dan 20,89% masyarakat yang kondisinya lebih darurat lapar namun tidak terdaftar.

Sementara, berdasarkan wilayah, lima provinsi dengan pengaduan terbanyak adalah Provinsi Banten dengan 207 laporan Sumatera Barat (157 laporan), Kepulauan Bangka Belitung (138 laporan), Jawa Tengah (96 laporan), Jawa Timur (94 laporan). Untuk instansi yang diadukan, Dinas Sosial paling banyak diadukan yakni sebanyak 78,45% dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebanyak 4,33%.

"Serta Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebanyak 2,07%," katanya.

Dikatakan, tindak lanjut laporan masyarakat oleh Ombudsman dilakukan berdasarkan Surat Edaran Nomor 20 Tahun 2020 Tentang Posko Pengaduan Daring Covid-19. Laporan yang telah divalidasi dan memenuhi syarat akan ditindaklanjuti melalui dua mekanisme yakni, diteruskan kepada instansi K/L/D terkait melalui narahubung yang telah ditunjuk dan selanjutnya dimonitor serta melalui mekanisme Respon Cepat Ombudsman (RCO).

"Progres Penanganan pengaduan oleh Ombudsman, sebanyak 53,8% pengaduan telah diteruskan ke instansi terkait, kemudian 26,6% pengaduan masyarakat telah dinyatakan selesai dan 5,7 % masih dalam proses validasi laporan," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Ombudsman, Lely Pelitasari Soebekty mengatakan, pihaknya telah mengevaluasi posko daring dengan mencermati perkembangan jumlah aduan dan situasi eksternal termasuk di daerah-daerah.

Dikatakan, dari evaluasi itu, Ombudsman menilai penyampaian aduan terkait Covid-19 telah dimungkinkan untuk dilakukan lagi melalui saluran reguler seperti surat, email, website ombudsman.go.id, call center Ombudsman 137 serta WhatsApp center.

Meski demikian, pengaduan yang sudah masuk melalui posko daring akan tetap diselesaikan dengan mekanisme posko daring hingga 31 Juli 2020, sesuai dengan tenggat waktu yang ditetapkan sebelumnya.

“Untuk itu, masyarakat tetap dapat melapor melalui posko hingga 6 Juli 2020. Kemudian mulai 7 Juli 2020, pengaduan terkait Covid-19 melalui posko daring akan dinonaktifkan dan masyarakat dapat melapor ke Ombudsman melalui saluran reguler," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lord Rangga Pernah Jadi Manajer Klub Bola di Brebes

Lord Rangga menghebohkan publik pada 2020 melalui kehadiran Sunda Empire di Bandung, Jawa Barat. Ia kerap membuat pernyataan nyeleneh.

NEWS | 7 Desember 2022

Pelaku Bom Bunuh Diri Bandung, Kapolda: Bawa Dua Bom

Kapolda Jabar mengatakan pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung diduga membawa dua unit bom ke lokasi.

NEWS | 7 Desember 2022

Update Bom Bunuh Diri Bandung: 10 Korban Anggota Polisi dan 1 Sipil

Kapolda Jabar Inspektur Jenderal Polisi Suntana menyebutkan ada 11 orang yang menjadi korban dalam peristiwa ledakan bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Waspada, PVMBG: Gunung Semeru Masih Berstatus Awas

PVMBG Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melaporkan aktivitas Gunung Semeru masih ada pada level tertinggi yakni level IV atau Awas.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri Bandung, Polda Jatim Perketat Penjagaan

Polda Jatim memperketat penjagaan pasca-ledakan bom bunuh diri meledak di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022).

NEWS | 7 Desember 2022

Olah TKP, Benny Ali Lihat Senpi di Pinggang Bharada E

Benny Ali mengungkapkan dirinya sempat melihat adanya senjata api (senpi) masih berada di pinggang Bharada E saat olah TKP kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Bom Bunuh Diri, IPW: Waspadai Aksi Lone Wolf Jelang Pernikahan Kaesang

Polri diimbau mewaspadai aksi lone wolf usai bom bunuh diri Bandung menjelang tanggal 10 Desember 2022 yaitu hari pernikahan Kaesang Pangarep.

NEWS | 7 Desember 2022

Kemendikbudristek: Guru Harus Perhatikan Kemampuan Siswa Dibanding Kurikulum

Guru di sejumlah daerah dinilai masih fokus dalam merampungkan target kurikulum dibanding memperhatikan kemampuan siswa.

NEWS | 7 Desember 2022

Pertokoan Sekitar Astana Anyar Bandung Tutup Pasca-Bom Bunuh Diri

Pertokoan di sekitar Jalan Astana Anyar dan Kantor Polsek Astana Anyar Kota Bandung, Jawa Barat, memutuskan untuk menutup toko mereka pasca-bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Benny Ali Sebut Ferdy Sambo Sadar Buat Anggota Polisi Menderita

Benny Ali menyebut Ferdy Sambo telah menyadari ulahnya membuat banyak personel kepolisian menderita.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Rayu Investor AS, Airlangga Pamer Kinerja Ciamik Indonesia

Rayu Investor AS, Airlangga Pamer Kinerja Ciamik Indonesia

EKONOMI | 31 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE