Logo BeritaSatu

Tiga Orang Ditangkap, Warga Madina Kembali Blokir Jalinsum

Kamis, 2 Juli 2020 | 15:28 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / CAH

Madina, Beritasatu.com - Setelah tiga hari tenang pascakerusuhan yang mengakibatkan dua mobil dibakar dan enam orang polisi mengalami luka, seratusan warga Desa Mompang Julu, Kecamatan Penyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), kembali memblokir jalan lintas sumatera (Jalinsum).

Berdasarkan laporan yang diterima Beritasatu.com, Kamis (2/7/2020), masyarakat mulai berkumpul dengan membuat dan meletakkan meja, teratak dan kayu-kayuan di tengah badan Jalinsum, mulai sekitar pukul 10.20 WIB. Sampai lewat tengah hari, jumlah warga yang berkumpul di lokasi kejadian bertambah banyak.

Advertisement

Aksi lanjutan ini dilakukan warga sebagai bentuk protes terhadap aparat yang dikabarkan menangkap tiga orang tetangga warga di sana. Penangkapan ini berkaitan dengan pembakaran dua unit mobil, yang salah satunya milik Wakapolres Madina, Kompol Elizama Zaluku. Dua orang yang diamankan diduga sebagai pelaku.

Hendra (45), salah seorang pengendara mobil menyampaikan, sudah tiga jam kawasan jalan tidak bisa melintas dari kawasan Mompang Julu, Kecamatan Penyabungan Utara. Selain karena jalan sudah diblokade, pengendara tidak berani memaksa melintas karena mengkhawatirkan memantik emosi masyarakat di sana.

"Kami mengharapkan, masalah ini supaya cepat diatasi oleh petugas kepolisian dan TNI, agar jalinsum ini bisa dibuka lagi. Untuk memutar arah tidak mungkin karena sudah sangat jauh. Jalan alternatif untuk melalui Desa Mompang Julu pun sepertinya tidak ada. Pengendara sudah dirugikan akibat pemblokiran jalan," jelasnya.

Pemblokiran oleh warga ini mengakibatkan jalinsum lumpuh total. Ratusan kendaraan angkutan barang, umum maupun pribadi tidak bisa melintas dengan tujuan Madina, maupun sebaliknya ke arah Sibolga maupun Tapanuli Selatan (Tapsel). Kemacetan kendaraan lebih dari 3 kilometer. Massa menuntut dua orang rekannya supaya dipulangkan.

Pengamanan Aparat

Sementara itu, puluhan aparat kepolisian bersama dengan TNI melakukan pengamanan di lokasi kejadian. Aparat mencoba melakukan mediasi dengan warga yang melakukan pemblokiran jalan. Petugas berusaha menenangkan warga yang berkumpul dengan melibatkan anak - anak di bawah umur saat menutup jalan di Desa Mompang Julu.

Dalam kerusuhan Senin lalu, massa membakar dua unit mobil dan sejumlah sepedamotor dibakar, juga melempari petugas yang melakukan pengamanan di lokasi demo. Aksi anarkis massa melukai enam orang polisi.

Menurut Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja, enam polisi yang terluka akibat terkena lemparan batu masing - masing, AKP J Hutajulu mengalami luka robek di kaki sebelah kanan, Aipda AB Siagian mengalami luka memar dibkaki dab Bripda WA Putra mengalami luka di bahu kiri.

"Korban luka lainnya, Bripka AR Kurniawan mengalami luka robek pada kelopak mata sebelah kiri. Briptu Muhammad Arif dan Bripka H Sitorus mengalami luka di bagian kepala. Seluruh korban dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan," ujar Tatan Dirsan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

TAG: 
BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tepis Pembatasan, Panitia Satu Abad NU: Semua Boleh Datang ke Sidoarjo

Wasekjen PBNU Rahmat Hidayat Pulungan menegaskan, acara puncak resepsi Satu Abad NU dipastikan terbuka untuk semua golongan masyarakat.

NEWS | 3 Februari 2023

Pertama di Indonesia, Bendungan Tamblang Gunakan Teknologi Inti Aspal

Presiden Jokowi meresmikan proyek Bendungan Tamblang yang dikerjakan oleh PTPP di Kabupaten Buleleng, Bali, dengan anggaran dari APBN senilai Rp 820 miliar.

NEWS | 3 Februari 2023

Duloh Mengaku Bersetubuh dengan Noneng Mertua Wowon Sebelum Membunuhnya

Solihin alias Duloh mengaku bahwa dirinya bersetubuh terlebih dahulu dengan Noneng Suryati, mertua Wowon sebelum akhirnya dibunuh.

NEWS | 3 Februari 2023

Menko Airlangga Apresiasi Progres Konstruksi Smelter Manyar

Menko Airlangga optimis konstruksi smelter Manyar milik PT Freeport Indonesia rampung tepat waktu pada Desember 2023.

NEWS | 3 Februari 2023

Toko Material di Pondok Labu Ludes Terbakar

Sebuah toko penjual material bangunan di Jalan Wijaya Kusuma, Pondok Labu, Cilandak, Jakarta Selatan, ludes terbakar, Jumat (3/2/2023) pagi.

NEWS | 3 Februari 2023

Lukas Enembe Tagih Janji Firli, KPK: Suratnya Masih di Bagian Persuratan

Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan surat Lukas Enembe kepada Ketua KPK Firli Bahuri masih di bagian persuratan lembaga antikorupsi.

NEWS | 3 Februari 2023

Soal Kasus Formula E, KPK Klaim Tak Ragu Jerat Siapa pun

KPK mengeklaim tidak ragu menjerat pihak yang terlibat dalam dugaan korupsi Formula E.

NEWS | 3 Februari 2023

Bukan karena Formula E, Ini Alasan Direktur Penuntutan KPK Kembali ke Kejagung

KPK membantah Direktur Penuntutan Fitroh Rohcahyanto kembali ke Kejagung karena kasus dugaan korupsi Formula E

NEWS | 3 Februari 2023

IPK Indonesia Merosot 4 Poin, KPK Tak Ingin Disalahkan

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak ingin disalahkan atas merosotnya corruption perception index (CPI) atau indeks persepsi korupsi (IPK) Indonesia.

NEWS | 3 Februari 2023

Banjir Bandang Terjang Dua Kecamatan di Kabupaten Dompu

Banjir bandang menerjang Dompu, NTB akibat dua sungai meluap sehingga menggenangi pemukiman warga.

NEWS | 3 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Mutasi Perwira


# Ganjar


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Persipura dan Pelatih Ricky Nelson Sepakat Berpisah

Persipura dan Pelatih Ricky Nelson Sepakat Berpisah

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE