Logo BeritaSatu

3 Orang Jadi Tersangka, Polisi Kejar Provokator Kerusuhan Madina

Jumat, 3 Juli 2020 | 17:31 WIB
Oleh : Arnold H Sianturi / CAH

Mandailing Natal, Beritasatu.com - Tiga orang warga Desa Mompang Julu, Kecamatan Penyabungan Utara, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara (Sumut), yang ditangkap pascakerusuhan dengan membakar 2 mobil dan melukai 6 orang polisi, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Madina, Ajun Komisaris Besar Polisi Horas Tua Silalahi mengatakan, ketiga orang sudah ditetapkan sebagai tersangka kericuhan Madina. Mereka yang ditangkap itu sudah diamati polisi saat terjadinya kerusuhan, termasuk dalam melakukan pelemparan batu.

"Kita belum bisa sebutkan identitas ketiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka karena masih dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Pemeriksaan dilakukan untuk dilakukan pendalaman dan pengembangan lebih lanjut atas keterlibatan pihak lainnya," ujar Horas Tua, Jumat (3/7/2020).

Beredar informasi, salah seorang dari warga yang ditangkap polisi itu bernama Rahmad. Pria berusia di atas 30 tahun ini dikabarkan sebagai pelaku yang melempari polisi dan anggota TNI saat melakukan pengamanan sebelum terjadinya kerusuhan.

Selain itu, warga asal Desa Mompang Julu, Kecamatan Penyabungan Utara ini juga diduga sebagai orang yang terlibat dalam pembakaran dua unit mobil saat kerusuhan. Salah satu mobil yang terbakar itu adalah milik Wakapolres Madina, Kompol Elizama Zaluku.

"Untuk tersangka lainnya masih dalam penyelidikan dan pengejaran. Pembakaran mobil, sepedamotor dan pelemparan batu sehingga melukai enam polisi merupakan pelanggaran hukum. Proses hukumnya kita lanjutkan sampai tuntas," katanya.

Adapun enam polisi yang terluka akibat terkena lemparan batu masing - masing, AKP J Hutajulu mengalami luka robek di kaki sebelah kanan, Aipda AB Siagian mengalami luka memar dibkaki dab Bripda WA Putra mengalami luka di bahu kiri.

Korban luka lainnya, Bripka AR Kurniawan mengalami luka robek pada kelopak mata sebelah kiri. Briptu Muhammad Arif dan Bripka H Sitorus mengalami luka di bagian kepala. Seluruh korban dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan.

Seperti diketahui, kerusuhan ini berawal dari penyaluran dana bantuan pemerintah pusat sebesar Rp 600.000, yang disalurkan melalui pemerintahan desa di Desa Mompang Julu dan Desa Hutapuli. Warga menuding kepala desa tidak berlaku adil dalam menyalurkan dana bantuan pemerintah terhadap masyarakat di sana.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen Mundur dari Ketua Partai Progresif Demokratik

Pemimpin Taiwan Tsai Ing-wen mundur dari ketua Partai Progresif Demokratik yang berkuasa.

NEWS | 26 November 2022

Pramono Anung Ingatkan Kader PDIP Target Hattrick pada Pemilu 2024

Pramono Anung mengingatkan seluruh jajaran kader PDIP soal target meraih hattrick atau tiga kali kemenangan berturut-turut pada Pemilu 2024.

NEWS | 26 November 2022

Wamenag Ingatkan Santri Siap Hadapi Tantangan Baru

Wakil Menteri Agama mengingatkan bahwa zaman terus berubah dan santri harus menghadapi tantangan tantangan baru masa kini.

NEWS | 26 November 2022

PT KAI Pastikan Tak Ada Korban di Gerbong Anjlok di Kampung Bandan

PT KAI Kereta Api Commuter memastikan tak ada korban jiwa dalam peristiwa gerbong anjlok kereta rel listrik (KRL) di sekitaran stasiun Kampung Bandan.

NEWS | 26 November 2022

Platform Merdeka Mengajar: 1,6 Juta Guru Belajar dan Berbagi

Lebih dari 1,6 juta guru di seluruh Indonesia terkoneksi untuk saling belajar dan berbagi melalui platform Merdeka Mengajar.

NEWS | 26 November 2022

Dian Meninggal Terakhir di Keluarga Tewas di Kalideres, Jasad Ibu Termumifikasi

Kombes Hengki Haryadi mengatakan, diduga yang terakhir meninggal dunia dari sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, adalah korban bernama Dian (40).

NEWS | 26 November 2022

Viral Video Angin Puting Beliung Terjang Tenda Resepsi Pernikahan

Sebuah video amatir menjadi viral karena merekam angin puting beliung yang memporak-porandakan resepsi pernikahan warga di Kampung Kukun, Cikarang.

NEWS | 26 November 2022

Sekjen PDIP Bawa Oleh-oleh Khusus untuk Megawati Soekarnoputri

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri mendapatkan hadiah khusus berupa tanaman Puring.

NEWS | 26 November 2022

Kosgoro 1957: Soliditas dengan Rakyat Kunci Kemenangan Pemilu

Ketum Kosgoro 1957 Dave Laksono meminta kadernya di seluruh Indonesia membangun soliditas dengan rakyat.

NEWS | 26 November 2022

Guru dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Dapatkan Apresiasi

Kemendikbudristek memberikan apresiasi kepada guru dan tenaga kependidikan melalui Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2022.

NEWS | 26 November 2022


TAG POPULER

# Kasus Tambang Ilegal


# Henry Yosodiningrat


# Net89


# Tiket KCJB


# PLN


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

Lionel Messi dan Enzo Fernandez Angkat Kembali Pamor Argentina

SEMESTA BOLA 2022 | 2 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE