Logo BeritaSatu

3 Polres di Jambi Siaga Kebakaran Lahan Gambut

Kamis, 9 Juli 2020 | 22:26 WIB
Oleh : Radesman Saragih / JEM

Jambi, Beritasatu.com - Sekitar 900.000 hektare (ha) kawasan hutan dan lahan ambut di Provinsi Jambi sangat rawan kebakaran memasuki musim kemarau saat ini. Kebakaran hutan dan lahan gambut tersebut sudah mulai terjadi pekan lalu di Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi. Guna mencegah terjadinya kembali kebakaran hutan dan lahan gambut di Jambi hingga ratusan ribu hektare seperti tahun lalu, tiga Kepolisian Resort (Polres) di Jambi siaga kebakaran hutan dan lahan (karhutla) secara dini.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jambi Komisaris Besar (Kombes) Pol Edi Faryadi di Jambi, Kamis (9/7/2020) mengatakan, tiga polres di Jambi yang kini siaga karhutla di hutan dan lahan gambut, yakni Polres Muarojambi, Tanjungjabung Barat (Tanjabbar) dan Tanjungjabung Timur (Tanjabtim). Tiga polres tersebut disiagakan mencegah karhutla lebih dini karena wilayahnya memiliki hutan dan lahan gambut yang luas.

Advertisement

“Kami berupaya agar tidak terjadi lagi kebakaran hutan dan lahan gambut di Muarojambi, Tanjungjabung Barat dan Tanjungjabung Timur tahun ini. Untuk itu kami sudah melakukan pertemuan khusus dengan Kapolres Muarojambi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ardyanto, Kapolres Tanjabbar, AKBP Guntur Saputro dan Kapolres Tanjabtim, AKBP Deden Nur Hidayatullah mengenai pencegahan kebakaran hutan dan lahan gambut di tiga wilayah tersebut,”katanya.

Menurut Edi Faryadi, Polres Muarojambi, Tanjabbar dan Tanjabtim yang wilayahnya saling berbatasan diharapkan bisa bersinergi atau bekerja sama mencegah karhutla di wilayah masing-masing. Kegiatan pertama pencegahan karhutla secara dini yang dilakukan ketiga polres tersebut, yaitu melakukan pemantauan karhutla menggunakan aplikasi asap digital.

“Kami sudah menjelaskan penggunaan aplikasi Asap Digital kepada jajaran Polres Muarojambi, Tanjabbar Barat dan Tanjabtim. Salah satu penggunaan aplikasi digital dalam penanggulangan karhutla tersebut, mengirim laporan pantauan titik api secara cepat. Hal ini penting agar pemadaman karhutla dapat dilakukan lebih cepat sebelum areal terbakar meluas,”katanya.

Dijelaskan, jajaran kepolisian di tiga polres yang memiliki wilayah rawan kebakaran hutan dan lahan gambut tersebut juga diberikan pelatihan tentang cara memadamkan api dengan cepat setelah mendapat laporan titik api melalui pantauan di Command Center (Pusat Komando) Asap Digital di Polda Jambi.

Sementara itu Kapolres Muarojambi, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ardyanto mengatakan, pihaknya siap mengerahkan pasukan pemadaman karhutla dari jajaran Polres Muarojambi mencegah dan menanggulangi karhutla di daerah itu. Melalui penggunaan aplikasi digital penanggulangan bencana karhutla, pasukan pemadaman karhutla Polres Muarojambi siap mencegah dan menanggulangi karhutla secara cepat.

“Pola penanggulangan karhutla menggunakan aplikasi digital ini sudah kami lakukan pekan lalu. Kebakaran lahan gambut di Kecamatan Kumpeh, Muarojambi pekan lalu yang kami ketahui melalui laporan aplikasi digital langsung ditindaklanjuti dengan mengerahkan satuan kepolisian dari kepolisian sektor dan polres memadamkan api dengan cepat,”katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Warga Bersenjata Tajam Menyerang Polres Malinau

Ratusan warga bersenjata tajam menyerang Polres Malinau, Kalimantan Utara lantaran tidak terima setelah ada warga yang tewas akibat tertembak peluru polisi.

NASIONAL | 6 Februari 2023

PPA Lakukan Pendampingan Psikologis terhadap Korban Pedofilia Ibu Muda

Pendampingan psikologis dan sosial terhadap anak-anak korban seks menyimpang (pedofilia) segera diberikan oleh PPA Provinsi Jambi.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Angin Kencang Sebabkan Atap Pusat Belanja di Serang Roboh, 2 Luka

Sebuah atap salah satu pusat perbelanjaan di Kota Serang, Minggu (5/2/2023) sore roboh lantaran angin kencang.

NASIONAL | 5 Februari 2023

PGIW Apresiasi Nahdlatul Ulama sebagai Organisasi Islam Toleran

Ketekunan Nahdlatul Ulama (NU) dalam menjaga dan merawat toleransi antar kerukunan umat beragama telah dirasakan oleh seluruh umat agama lai.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Polda Metro: Bripka Madih Tak Konsisten soal Laporan Sengketa Tanah

Polda Metro nilai Bripka Madih tak konsisten soal laporan sengketa tanah milik orang tuanya yang sempat dilaporkannya pada 2011 silam.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Top News, Penembakan Calon Anggota DPD hingga Pengakuan Duloh Setubuhi Korbannya

Berita penembakan calon anggota DPD RI Bengkulu hingga pengakuan Duloh bersetubuh dengan mertua Wowon menjadi berita terpopuler

NASIONAL | 4 Februari 2023

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Perayaan 1 Abad NU, Exit Tol 1 Sidoarjo Lumpuh Antrean Hingga 2 Kilometer

Perayaan 1 Abad NU, Exit Tol 1 Sidoarjo Lumpuh Antrean Hingga 2 Kilometer

NUSANTARA | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE