Logo BeritaSatu

Tolak RUU Haluan Ideologi Pancasila, Pemerintah Ajukan BPIP

Kamis, 16 Juli 2020 | 13:58 WIB
Oleh : Robert Wardy / WM

Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah menyerahkan surat resmi penolakan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP) ke DPR pada Kamis (16/7/2020) ini. Sebagai gantinya, pemerintah mengajukan RUU Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Advertisement

Penyerahan dipimpin Menko Polhukam Mahfud MD di gedung DPR, Jakarta, Kamis siang. Mahfud didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PAN dan RP Tjahjo Kumolo, Mendagri Tito Karnavian.

Rombongan menteri tersebut diterima Ketua DPR Puan Maharani bersama Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar.

Mahfud menyebut dirinya dan para menteri lainnya mewakili pemerintah membawa surat Presiden Jokowi terkait RUU HIP. Mereka membawa tiga dokumen. Pertama, surat resmi dari Presiden kepada Ketua DPR terkait RUU HIP untuk sampai ke paripurna DPR. Dua dokumen lain adalah lampiran terkait dengan RUU BPIP.

“Rancangan Undang-Undang (RUU, red) ini memang dulu merespon perkembangan masyarakat tentang ideologi Pancasila. Sehingga kami di dalam RUU ini, kalau kita bicara pembinaan dan pengembangan ideologi Pancasila maka TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966 itu harus menjadi pijakannya. Itu menjadi salah satu pijakan pentingnya. Itu ada dalam RUU ini menjadi menimbang butir 2, sesudah UUD 1945. Jadi menimbangnya butir 2 itu TAP MPRS Nomor 25 Tahun 1966,” jelas Mahfud.

Dia menyebut dalam RUU yang diajukan pemerintah, juga memastikan Pancasila yang dipakai adalah dibacakan oleh Bung Karno pada tanggal 18 Agustus tahun 1945. Pancasila itu yang sekarang tertuang didalam pembukaan UUD 1945 dengan lima sila dalam satu kesatuan makna dan satu tarikan nafas pemahaman.

“Nah ini adalah satu sumbang saran dari pemerintah kepada DPR. Dan tadi, kami bersepakat ini akan dibuka seluas-luasnya masyarakat yang ingin berpartisipasi membahasnya dan mengkritisinya, silakan,” tutur Mahfud.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini menyebut pemerintah bersama DPR sepakat akan segera dibuka dokumen RUU BPIP itu kepada publik. DPR bisa masukan ke website-nya atau ke median lain yang bisa diakses publik.

“Kami tekankan bahwa soal Pancasila yang kita pakai secara resmi itu di sini kami cantumkan di dalam Bab 1, Pasal 1 butir 1. Bahwa Pancasila itu adalah Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan Yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan, dalam Permusyawaratan/Perwakilan, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia,” tutup Mahfud



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top 5 News: Eks Wali Kota Blitar Terlibat Perampokan hingga BCA Komentari Pembobolan Bank

Mantan Wali Kota terlibat perampokan dan Lukas Enembe menolak kontrol kesehatan di RSPAD merupakan dua dari lima berita terpopuler (top 5 news).

NEWS | 28 Januari 2023

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

Waspada! Gunung Anak Krakatau Sudah Erupsi Empat kali

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE