Logo BeritaSatu

Makna Semesta Perempuan di Mata 15 Seniman

Selasa, 18 Agustus 2020 | 21:23 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Museum Basoeki Abdullah mengajak 15 seniman dari berbagai daerah meramaikan pameran seni rupa kontemporer bertajuk Semesta Perempuan, yang akan berlangsung pada 25 September hingga 25 Oktober 2020.

Tema perempuan dipilih dengan pertimbangan sebagian besar karya-karya Basoeki Abdullah memiliki spirit perempuan, baik dalam konteks estetis, sensualitas, hingga spiritual.

Nantinya para seniman yang nantinya siap memamerkan karyanya adalah Agustan, Afriani, Citra Sasmita, Erica Hestu Wahyuni, Ika Kurnia Mulyati, Guntur Wibowo, Indyra, Ponkq Hary Purnomo, Tubagus Patoni, Reza Pratisca Hasibuan, Syis Paindow, Ignasius Dicky Takndare, Prajna Deviandra Wirata, Mahdi Abdullah, dan Vikey Yordan.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud, Hilmar Farid mengatakan, pameran merupakan implementasi dari Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan dalam upaya melestarikan warisan budaya Indonesia.

Hilmar menjelaskan, kaitan antara warisan budaya bangsa dengan tema pameran Semesta Perempuan sangat erat, karena pameran ini melibatkan perupa dari berbagai wilayah Nusantara. Bukan hanya dari wilayah Jawa, tetapi juga Bali, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Melalui keterwakilan15 perupa ini, diharapkan masyarakat melihat persoalan perempuan dalam konteks dimensi kultural melalui keberagaman tema. Mulai dari persoalan kekerasan perempuan, lingkungan hidup, hingga pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia saat ini.

"Salah satu kekuatan pameran ini yakni bagaimana menyatukan simbol-simbol wilayah masing-masing sebagai penanda sekaligus pembeda satu karya dengan karya lain. Semangat kebudayaan yang mengedepankan nilai-nilai seperti ini tertuang dalam amanat Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan,” kata Kepala Museum Basoeki Abdullah Maeva Salmah, mewakili Dirjen Kebudayaan Hilmar pada jumpa pers daring, Selasa (18/8/2020).

Tidak hanya itu, terdapat banyak pesan moral yang disampaikan dalam pameran. Salah satunya, makna tentang perempuan. Bukan hanya bermakna sebagai sosok ibu yang melahirkan anak-anak. Lebih luas lagi, perempuan adalah penjaga keseimbangan, ibu yang merawat Bumi Pertiwi lengkap dengan kasih sayang dan nilai-nilai yang ditanamkan kepada generasi muda.

"Dengan demikian, tidak berlebihan jika pemilihan tema Semesta Perempuan yang melibatkan sebagian perupa Nusantara ini dimaknai sebagai peristiwa kebudayaan. Ini sangat penting, sebagai salah satu dinamika sejarah seni rupa Indonesia khususnya di tengah pandemi global,” terangnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Publik Puas dengan Kinerja Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno

Publik mengaku puas dengan kinerja tiga menteri, yakni Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno.

NEWS | 8 Desember 2022

Jokowi Tinjau Rumah Contoh Tahan Gempa di Cianjur

Jokowi meninjau rumah contoh yang tahan gempa di Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022

Korban Bom Bunuh Diri, Aipda Sofyan Dapat Kenaikan Pangkat

Korban bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Aipda Sofyan mendapatkan kenaikan pangkat luar biasa dari Aipda menjadi Aiptu Anumerta.

NEWS | 8 Desember 2022

Survei Poltracking: Kepuasan Kinerja Jokowi Kembali Naik

Berdasarkan survei Poltracking, kepuasan mayoritas publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma'ruf meningkat.

NEWS | 8 Desember 2022

Pemeriksaan Genomik Tumor Tentukan Terapi Kanker yang Optimal

Pemeriksaan DNA tumor bisa membantu menentukan opsi terapi pengobatan kanker bagi para pasien.

LIFESTYLE | 8 Desember 2022

Ferdy Sambo Urung Bersaksi di Sidang Hendra dan Agus

Ferdy Sambo urung menyampaikan kesaksian terhadap dua terdakwa perkara obstruction of justice atau perintangan penyidikan kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 8 Desember 2022

Bom Bunuh Diri di Bandung, Polisi Periksa 18 Saksi

Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengungkapkan, sebanyak 18 orang diperiksa terkait peristiwa bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat.

NEWS | 8 Desember 2022

Pelaku Bom Bunuh Diri Gunakan Bom Panci Berisi Paku

Pelaku bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar, Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), Rabu (7/12/2022), menggunakan bom rakitan dalam panci berisi paku.

NEWS | 8 Desember 2022

Wanita Paling Berpengaruh 2022 Versi Forbes, Ada Sri Mulyani Lagi

Forbes menempatkan lagi nama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ke daftar jajaran wanita paling berpengaruh di dunia pada tahun 2022

NEWS | 8 Desember 2022

Gempa Cianjur, Warga Diminta Tak Dirikan Bangunan di Patahan Cugenang

BMKG meminta warga korban gempa Cianjur agar tidak mendirikan bangunan kembali di Patahan Cugenang sepanjang 9 kilometer.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Publik Puas dengan Kinerja Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno

Publik Puas dengan Kinerja Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE