Logo BeritaSatu

Pengamat: Pandemi Adalah Momentum Pemerintah Genjot Pembelajaran Digital

Jumat, 21 Agustus 2020 | 22:17 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / IDS

Jakarta, Beritasatu.com - Meski banyak pihak yang menentang, pemerintah tetap memutuskan untuk mengizinkan pembukaan sekolah di zona hijau dan kuning dengan sejumlah persyaratan. Alasannya, karena mempertimbangkan masa depan pendidikan siswa dan menyebut pola pembelajaran jarak jauh (PJJ) hasilnya lebih buruk dari tatap muka karena adanya penurunan capaian belajar.

Menurut pengamat pendidikan Indra Charismiadji, kondisi PJJ saat ini dinilai bermasalah karena belum ada pembiasaan. Oleh karena itu, pemerintah seharusnya fokus pada pembiasaan bukan pada mutu untuk saat ini. Pasalnya, saat ini adalah era digital yang seharusnya mengubah pola pikir pemerintah dan masyarakat.

“Apalagi program pemerintah adalah membangun sumber daya manusia unggul di era digital. Jadi akan salah kalau pemerintah menyerah dari PJJ. Justru sekarang ini momentum untuk menggenjot pembelajaran digital, bukan menyerah,” ujar Indra kepada Suara Pembaruan, Jumat (21/8/2020) malam.

Indra menuturkan, dalam menjalankan PJJ ini, pemerintah harus memberikan stimulasi yang fokus pada kesiapan infrastruktur, infostruktur, dan infokultur. Untuk infrastruktur, pemerintah harus fokus pada ketersediaan gawai dan pulsa. Menurut Indra, hingga saat ini pemerintah belum melakukan stimulasi.

“Kenapa dikatakan belum ada stimulasi? Karena stimulasi ini bukan hanya relaksasi dana BOS (bantuan operasional siswa, red) yang saat ini menjadi masalah baru di beberapa daerah. Daripada BOS yang direlaksasi, lebih baik gratisin saja kebutuhan kuota dari pemerintah,” ujarnya.

Sementara infostruktur, Indra menjelaskan, adalah semua yang berbasis digital. Untuk itu, Kemdikbud saat ini diminta memperkuat platform Rumah Belajar untuk dapat digunakan semua anak Indonesia sehingga anggaran negara tidak perlu dialokasikan untuk membeli platform belajar lain. Dengan begitu, pemerintah dapat menerapkan infokultur yakni sistem pembelajaran dari mana saja dan kapan saja sesuai dengan kondisi.

“Ini harus ada pelatihan dan pendampingan yang disebutdengan difusi inovasi,”ujarnya.

Indra menambahkan, hasil kajian sekolah virtual yang dilakukan oleh Harvard University tentang Florida Virtual School pada 2008 dan 2009 justru menunjukkan, anak-anak yang menjalankan pembelajaran virtual hasilnya lebih bagus daripada di sekolah konvensional.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Kasal Laksamana TNI Yudo Margono ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Panglima TNI. Begini profil Yudo Margono yang merupakan anak petani. 

NEWS | 30 November 2022

Paus Doakan Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil: Hatur Nuhun

Paus Fransiskus mendoakan korban gempa Cianjur. Atas doa Paus Fransiskus, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan hatur nuhun.

NEWS | 30 November 2022

Serangan Gelombang Dingin di Xinjiang Tewaskan Tujuh Jiwa

Gelombang dingin di Daerah Otonomi Xinjiang telah menewaskan tujuh orang, menurut situs berita Tiongkok yang mengutip otoritas setempat, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

Bharada E Beberkan Ferdy Sambo dan Putri Pisah Rumah

Di persidangan perkara dugaan pembunuhan berencana Brigadir J, Bharada E membeberkan soal Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi pisah rumah. 

NEWS | 30 November 2022

2 Jenazah Kru Helikopter Polri Diserahkan kepada Keluarga

Jenzah Bripda Khoirul Anam dan Briptu Lasminto, dua kru helikopter Polri P-1103 yang jatuh di Babel diserahkan kepada keluarga, Rabu (30/11/2022).

NEWS | 30 November 2022

LRT Jabodebek Tanpa Masinis, KAI Siapkan SDM Andal

LRT Jabodebek akan beroperasi tanpa masinis, oleh karena itu PT KAI akan menyiapkan SDM andal.

NEWS | 30 November 2022

Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Patologi Anatomi

Polda Metro Jaya menunggu hasil pemeriksaan patologi anatomi untuk menyimpulkan penyebab satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat. 

NEWS | 30 November 2022

Kuasa Hukum Bharada E Gali Fakta Sarung Tangan Ferdy Sambo

Kuasa hukum Bharada E menyatakan akan menggali keterangan dari Kuat Ma'ruf dan Bripka Ricky Rizal mengenai sarung tangan yang digunakan Ferdy Sambo.

NEWS | 30 November 2022

Mangkir dari Pemeriksaan soal Tambang Ilegal, Ismail Bolong Berdalih Sakit

Ismail Bolong mangkir atau tidak memenuhi panggilan pemeriksaan penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri terkait kasus tambang ilegal dengan alasan sakit. 

NEWS | 30 November 2022

Ditembak OTK, Anggota Polres Yahukimo di Dekai Tewas

Orang tak dikenal atau OTK, Selasa (29/11/2022) sekitar pukul 23.09 WIT menembak Brigadir Polisi Muhammad Yusdar, anggota Polres Yahukimo hingga tewas.

NEWS | 30 November 2022


TAG POPULER

# Putri Candrawathi


# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Keluarga Dibunuh di Magelang


# Helikopter Jatuh


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

Profil Yudo Margono, Anak Petani yang Jadi Calon Panglima TNI

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE