Logo BeritaSatu

Ketua AMSI: Hate Speech Telah Jadi Produk, Ada Iklannya

Sabtu, 22 Agustus 2020 | 10:21 WIB
Oleh : Heru Andriyanto / HA

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wenseslaus Manggut mengungkapkan keprihatinan atas maraknya hoax dan ujaran kebencian di berbagai media online maupun platform media sosial, yang menurutnya sudah berkembang menjadi "produk" dan bahkan mendapat iklan.

"Hoax meraja lela, dan di banyak platform ujaran kebencian bahkan menjelma menjadi semacam produk yang bisa diperjualbelikan," kata Wenseslaus saat membuka Kongres II AMSI di Jakarta, Sabtu (22/8/2020).

Advertisement

"Masalah ini susah kita atasi karena ada freedom of speech. Hoax and ujaran kebencian sudah jadi produk, di konten-konten di mana ada hate speech, ada iklan juga di situ," imbuhnya.

Wens, sapaan akrabnya, mengatakan saat ini AMSI memiliki 338 anggota media siber yang terverifikasi dengan misi bersama untuk memerangi hoax, ujaran kebencian, disinformasi dan misinformasi.

"Tiga tahun yang lalu saat AMSI didirikan ada lebih dari 43.000 media online menurut data Dewan Pers. Semua orang bisa membuat media dan negara tidak bisa melarang itu, AMSI apalagi," kata Wens.

AMSI terlahir, kata Wens, justru untuk menjawab tantangan tersebut, untuk membuktikan bahwa media massa tetap merupakan salah satu pilar demokrasi tangguh yang bisa menjadi sandaran publik dan menyebarkan kebenaran serta informasi penting dan bermanfaat bagi masyarakat.

Para anggota AMSI berkolaborasi membentuk Cek Fakta, sebuah inisiatif untuk membantu mengecek akurasi dan kebenaran informasi yang menimbulkan kontroversi atau kehebohan di tengah masyarakat.

Dengan pengalaman dan sumber daya mumpuni di bidang jurnalistik, media siber anggota AMSI terjun untuk melakukan verifikasi dan menyebarluaskan fakta yang didapat melalui seluruh saluran yang mereka miliki, termasuk situs Cek Fakta itu sendiri, ujarnya.

Menjawab Jokowi
Wens juga merespons pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam pidato kenegaraan 14 Agustus lalu yang meminta media siber agar tidak mementingkan jumlah klik dan lebih mengutamakan mutu berita.

Dia mendukung pernyataan presiden, tetapi ekosistem media siber sekarang lebih rumit daripada yang diketahui banyak orang. Meskipun media siber menguasai konten, tetapi jalur distribusi dan penjualan dikuasai pihak lain.

Para pengiklan ini menjadikan jumlah klik atau view sebagai patokan, sehingga mendorong banyak media siber menerapkan strategi yang mendahulukan kuantitas pembaca atau penonton, jelasnya.

AMSI, lanjut Wens, telah bertemu dengan para distributor besar dan berdiskusi agar setidaknya mereka tidak memasang iklan di konten-konten hoax dan ujaran kebencian.

Hadir sebagai pembicara utama dalam Kongres II AMSI tersebut adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Kongres II AMSI dibuka secara virtual dengan ruang kendali di sekretariat AMSI, Gedung Beritasatu Media Holdings, Jakarta Selatan, diikuti seluruh perwakilan dari 21 provinsi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ratusan Warga Bersenjata Tajam Menyerang Polres Malinau

Ratusan warga bersenjata tajam menyerang Polres Malinau, Kalimantan Utara lantaran tidak terima setelah ada warga yang tewas akibat tertembak peluru polisi.

NASIONAL | 6 Februari 2023

PPA Lakukan Pendampingan Psikologis terhadap Korban Pedofilia Ibu Muda

Pendampingan psikologis dan sosial terhadap anak-anak korban seks menyimpang (pedofilia) segera diberikan oleh PPA Provinsi Jambi.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Angin Kencang Sebabkan Atap Pusat Belanja di Serang Roboh, 2 Luka

Sebuah atap salah satu pusat perbelanjaan di Kota Serang, Minggu (5/2/2023) sore roboh lantaran angin kencang.

NASIONAL | 5 Februari 2023

PGIW Apresiasi Nahdlatul Ulama sebagai Organisasi Islam Toleran

Ketekunan Nahdlatul Ulama (NU) dalam menjaga dan merawat toleransi antar kerukunan umat beragama telah dirasakan oleh seluruh umat agama lai.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Polda Metro: Bripka Madih Tak Konsisten soal Laporan Sengketa Tanah

Polda Metro nilai Bripka Madih tak konsisten soal laporan sengketa tanah milik orang tuanya yang sempat dilaporkannya pada 2011 silam.

NASIONAL | 5 Februari 2023

Top News, Penembakan Calon Anggota DPD hingga Pengakuan Duloh Setubuhi Korbannya

Berita penembakan calon anggota DPD RI Bengkulu hingga pengakuan Duloh bersetubuh dengan mertua Wowon menjadi berita terpopuler

NASIONAL | 4 Februari 2023

Korban Gempa Cianjur Diminta Pastikan Termasuk Penerima Bantuan Perbaikan Rumah

Warga korban gempa di Cianjur diminta memastikan rumahnya masuk dalam penerima bantuan perbaikan rumah yang sudah diumumkan di sejumlah desa terdampak.

NASIONAL | 4 Februari 2023

Kesehatan Lukas Enembe, Komnas HAM dan KPK Lakukan Koordinasi

Guna memastikan diperhatikannya hak-hak tahanan dalam hal ini Gubernur Papua nonaktif Lukas Enembe, Komnas HAM melakukan koordinasi dengan KPK.

NASIONAL | 3 Februari 2023

Bakamla RI Berpartisipasi Latihan Sea Lion SAR Avitex

Bakamla RI berpartisipasi dalam latihan yang digelar Turkish Coast Guard karena kedua negara menghadapi tantangan serupa dalam menjaga keamanan wilayah

NASIONAL | 16 Mei 2022

Kepala BNPT Apresiasi Upaya ESQ Jaga Pancasila dan NKRI

Upaya ESQ guna menjaga Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) mendapatkan apresiasi.

NASIONAL | 16 Mei 2022


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Menit Ke-15, Kane Bawa Tottenham Ungguli Manchester City

Menit Ke-15, Kane Bawa Tottenham Ungguli Manchester City

BOLA | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE