Logo BeritaSatu

Konser Drive-in, Menggairahkan Industri Musik Kala Pandemi

Senin, 24 Agustus 2020 | 23:24 WIB
Oleh : Dina Fitri Anisa / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Setelah terdampak pandemi, perlahan industri musik mulai bergairah kembali. Konser drive-in menjadi alternatif yang diyakini dapat mendukung perkembangan musik di masa pandemi.

Pengamat musik, Bens Leo mengatakan, konser musik drive-in menjadi alternatif yang baik untuk semua pihak. Baik penyelenggara musik, para musisi, dan juga masyarakat yang sudah haus akan hiburan.

“Konser drive-in, bagi mereka yang suka musik akan tetap jalan ke sana. Terlebih, kalau penyelenggara mampu menggunakan protokol kesehatan, pasti akan laku. Bisa saja nanti konsep ini berkembang, dan dinikmati para pengendara motor dengan menjaga jarak aman dan tidak berinteraksi dengan penonton lain,” terang Bens Leo kepada Suara Pembaruan, Senin (24/8/2020).

Dalam kesempatan yang berbeda, Anto Hoed juga mengatakan, konser drive-in memang lebih rumit penyelenggaraannya dari konser biasa, sebelum pandemi berlangsung. Promotor tidak hanya dituntut untuk memberikan hiburan yang memuaskan, tetapi harus bertanggung jawab dalam menjaga keselamatan semua orang yang terlibat.

"Mungkin di awal, Indonesia sulit menyelenggarakan konser dengan konsep seperti ini. Bukan hanya soal biaya mahal, terdapat banyak aspek yang harus dilihat secara bijak. Seperti penyediaan ruang terbuka yang luas, kelengkapan audio yang mumpuni, dan yang terpenting adalah kemampuan penyelenggara memberlakukan protokol kesehatan dengan tepat,” tuturnya.

Baca Juga : Konser Drive-In Jakarta Batasi Kapasitas 300 Mobil

Sebelum terselenggara di Jakarta pada 29 Agustus 2020, rupanya beberapa kota telah lebih dulu gelar konser drive-in. Kota Semarang menjadi yang pertama, yakni pada 29 Juli 2020, di PRPP Semarang. Sekitar 250 mobil berada di depan panggung. Para penonton di dalam mobil menikmati musik yang dibawakan Jikustik, Soulgroove band dan YLB.

Kemudian konsep konser drive-in ini juga sukses digelar di Bali pada 17 Agustus 2020. Konser yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut merupakan upaya untuk mendukung pelaksanaan simulasi protokol kesehatan dalam konser outdoor oleh para pekerja event di Bali yang tergabung dalam DPD Ivendo (Dewan Industri Event Indonesia) Bali.

Ditambahkan Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata & Penyelenggara Kegiatan (Events) merangkap Plt Direktur Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemparekraf, Edy Wardoyo, simulasi konser drive-in penting dilakukan agar semua pihak, baik pelaku maupun masyarakat paham akan prosedur-prosedur yang harus dijalankan.

"Kita semua berharap bahwa panduan yang disusun dapat segera diterbitkan dalam waktu dekat. Jadi kegiatan event festival maupun pertunjukan dapat dilakukan dengan baik dan sesuai dengan kondisi saat ini,” ujar Edy Wardoyo.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Awasi Potensi Korupsi Penyaluran Bantuan Korban Bencana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti soal isu bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana yang dikelola dengan tidak amanah.

NEWS | 2 Desember 2022

Persiapan Pemilu 2024, KPU Gelar Konsolidasi Nasional

KPU menggelar rapat konsolidasi nasional dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Ekonomi Global Suram, Jokowi Minta KPU Efisien Gunakan Anggaran Pemilu 2024

Presiden Jokowi mengingatkan KPU untuk efisien menggunakan anggaran Pemilu 2024 karena Pemilu kali ini digelar dalam situasi ekonomi global yang suram. 

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Penuhi Cadangan Beras Pemerintah, Bulog Mulai Serap Beras

Penuhi Cadangan Beras Pemerintah, Bulog Mulai Serap Beras

EKONOMI | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE