Logo BeritaSatu

Rekonstruksi Pembunuhan Bos Pelayaran Jadi Tontonan Warga

Selasa, 25 Agustus 2020 | 14:29 WIB
Oleh : Carlos Roy Fajarta / YUD

Jakarta, Beritasatu.com - Puluhan masyarakat pengguna kendaraan bermotor jalan yang melintas di Jalan Pegangsaan Dua, Kelapa Gading sempat berkerumun untuk menyaksikan proses rekonstruksi kasus pembunuhan berencana seorang pengusaha pelayaran logistik Sugianto (51) pada Selasa (25/8/2020).

Proses rekonstruksi yang dilaksanakan pada Selasa (25/8/2020) siang di objek TKP Ruko Royal Gading Square tersebut diperagakan 8 adegan yang sejumlah adegan menampilkan pelaku di pinggir jalan membeli masker.

"Hari Kamis (13/8/2020) Sekitar pukul 12.10 WIB pelaku memergoki korban keluar dari kantor. Tersangka Syahrul melihat korban keluar dari korban dan mengatakan kepada Mahfud itu orangnya. Tersangka Mahfud berpapasan dengan korban di TKP. Kemudian melakukan penembakan terhadap korban dari arah belakang sebanyak 5 kali (Diperagakan dengan senjata api peluru hampa)," ujar salah satu anggota rekonstruksi dari Polda Metro Jaya.

"Teman-teman sudah menyaksikan proses rekonstruksi. Pertama di Polda Metro Jaya, Kedua di Ruko Royal Gading Square. Di TKP pertama ada perencanaan, TKP kedua pelaksanaan eksekusi. Total ada 44 adegan dibagi ke beberapa tahapan.

Dari hasil rekonstruksi kita bisa menggambarkan peragakan apa yang sudah tertuang di Berita Acara Pemeriksaan. Proses pembunuhan 10 orang tersangka mulai dari NL dan pemeran lainnya. Serta UU darurat dari tersangka Insinyur JD (profesi wartawan) ini menyiapkan senjata api. Disimpan untuk pribadinya sejak 2012," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus usai kegiatan rekonstruksi.

Sementara itu, Wadirkrimum Polda Metro Jaya, AKBP Calvin Simanjuntak menyebutkan secara garis besar ada tiga pasal terkait kasus pembunuhan yakni Pasal 340 dan 338 KUHP, dan Pasal 1 Ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951.

"44 adegan di bagi dua tahapan. 36 adegan terkait pembunuhan berencana dengan 10 orang tersangka. Peran ada 3 bagian: perencana NL dan RM. Peran kedua tim supporting yang ikut rapat dan membawa logistik. Tim ketiga adalah eksekutor, yakni DK sebagai penembak dan SR sebagai Joki," kata Calvin.

"Sekurangnya ada dua kali pertemuan antara NL dengan RM. Di Maret ada pertemuan pertama, pertemuan kedua di Agustus. Akan diberikan imbalan Rp 200 juta. NL adalah karyawan dari korban Sugianto. Terkait perencanaan pembunuhan ada 5 kali pertemuan yakni di Hotel Tangerang, Domisili NL, dan Hotel Cibubur. Pada saat direncanakan 5 pertemuan itu belum diketahui bagaimana eksekusi dan siapa eksekutor nya. Di pertemuan 9-11 Agustus 2020.

Modus rencana awal pembunuhan berencana awalnya tidak menggunakan senjata api. Seolah-olah sebagai petugas pajak dan akan dicekik di mobil. Sehingga didatangkan eksekutor pada 12 Agustus. 12 Agustus JUN masih melakukan pelatihan terhadap DK, di perumahan Cibubur dengan menggunakan dua peluru.

Sehingga pada 13 terjadi eksekusi oleh DK dan SR. Perencanaan sudah, eksekusi sudah, setelah eksekusi mereka melarikan diri ke Lampung. Uang diterima oleh DK, SR, dan JUN. Penyidik mendalami perolehan senjata eksekutor. Diperoleh oleh JUN di 2012. Diperoleh dari tersangka Prayit. Prayit mendapatkan dari tersangka TT. Seharga 20 juta. Prayit mendapatkan komisi 5 juta," jelas Calvin.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara, Kompol Wirdhanto Hadicaksono mengatakan pihaknya masih mendalami kasus penggelapan pajak yang dilakukan perusahaan korban Sugianto (51).

"Masih kita dalami terkait penggelapan pajak yang dilakukan perusahaan korban. Kemudian terkait ucapan verbal pelecehan yang dilakukan oleh korban terhadap NL apakah disaksikan oleh para karyawan kantor lainnya juga masih kita dalami," kata Wirdhanto.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022

Kocak, Tanggapan Wagub Jabar soal Pemimpin Berambut Putih

Menanggapi pernyataan Jokowi soal pemimpin berambut putih, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum malah mengunggah fotonya dengan rambut kuning, mirip Naruto.

NEWS | 28 November 2022

KPK Umumkan Penetapan Tersangka Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK mengumumkan Hakim Agung Gazalba Saleh sebagai tersangka atas kasus dugaan suap pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA).

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

Gubernur Edy Tetapkan UMP Sumatera Utara 2023 Naik 7,45%

EKONOMI | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE