Logo BeritaSatu

PSBB Total Berlaku, Kegiatan Produktif Terapkan Protokol Ketat

Kamis, 10 September 2020 | 22:13 WIB
Oleh : Dina Manafe / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - DKI Jakarta kembali memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) secara total, bukan PSBB transisi, mulai 14 September 2020. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan, kegiatan-kegiatan produktif akan tetap dilakukan, tetapi dengan protokol kesehatan ketat.

Pemerintah juga terus mendorong sektor produktif tetap berjalan, tetapi dengan menjaga protokol pengendalian Covid-19.

"Pemerintah mendorong kampanye jaga jarak dan menghindari kerumunan atau pun terkait kegiatan pilkada ke depan. Untuk pekerja di kantor pemerintah tetap berjalan sesuai dengan peraturan yang diterbitkan oleh Kementerian PAN-RB,” kata Airlangga di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (10/9/2020).

Salah satu solusi yang akan diterapkan adalah mengubah sistem kerja aparatur sipil negara (ASN) berdasarkan zona risiko. Pemerintah akan mengatur mengenai work from home (WFH) atau bekerja dari rumah dan work from office (WFO) atau bekerja dari kantor. Pekerja perkantoran disiapkan untuk bekerja secara fleksibel. Jadi akan diatur persentase yang bekerja dari rumah, dan yang bekerja di kantor.

Berdasarkan Surat Edaran Menpan RB pada 4 September 2020, WFO untuk instansi pemerintah yang berada pada zona kabupaten/kota tidak terdampak atau tidak ada kasus, maka persentase WFO bisa 100%. Instansi pemerintah yang berada pada zona kabupaten/ kota risiko rendah persentase WFO 75%. Sedangkan intansi pemerintah yang berada di zona risiko sedang, persentase WFO 50%, dan intansi pemerintah di zona risiko tinggi WFO cukup 25%.

Sementara guna memastikan aturan PSBB dipatuhi, pemerintah akan menggelar operasi yustisi, yaitu operasi mengetatkan kedisiplinan masyarakat dalam mematuhi ketentuan PSBB.

Koordinasi
Airlangga juga mengatakan, hari ini pihaknya melakukan rapat koordinasi terkait pemberlakukan PSBB total tahap kedua ini. Rapat koordinasi ini dihadiri antara lain Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PCPEN) bersama delapan gubernur termasuk Gubernur DKI Jakarta dan Gubernur Jawa Barat, empat menko, menteri keuangan, mendagri, menteri BUMN, Wakapolri dan Wakasad.

Hasil rapat koordinasi ini disepakati bahwa pemerintah akan menyeimbangkan antara kegiatan yang terkait dengan pencegahan penyebaran Covid-19 dan juga mempertimbangkan pemulihan perekonomian nasional.

Pemerintah juga mempertimbangkan penambahan jumlah kasus positif, dan juga angka kesembuhan yang tinggi. Dari data KPCPEN, grafik penambahan kasus positif di DKI Jakarta terlihat meningkat tajam sejak diberlakukan PSBB transisi.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ibu Kota China Mulai Melonggarkan Kebijakan Keras Covid-19

Ibu Kota China Beijing pada Rabu (7/12/2022) mulai melonggarkan kebijakan keras Covid-19 mereka yang telah memukul sektor ekonomi dan memicu aksi protes.

NEWS | 8 Desember 2022

2 Korban Bom Bunuh Diri Bandung Masih Dirawat di Rumah Sakit

Dua korban bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Kota Bandung atau bom Bandung dirawat di RS Immanuel dan RS Bhayangkara Sartika Asih. 

NEWS | 8 Desember 2022

Orang Tua Korban Gangguan Ginjal Lapor ke Bareskrim Polri

Keluarga korban kasus gangguan ginjal akut melapor ke Bareskrim Polri atas dugaan tindak pidana yang menyebabkan hilangnya nyawa seseorang. 

NEWS | 8 Desember 2022

Kuasa Hukum Sebut Ferdy Sambo Tak Ikut Tembak Brigadir J

Kuasa hukum Ferdy Sambo, Rasamala Aritonang menyebut kliennya tidak ikut menembak Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

NEWS | 8 Desember 2022

Hapus Cara Tradisional, Aturan Baru Ini Bikin Usia Orang Korea Selatan Lebih Muda

Aturan baru menghapus metode penghitungan usia cara tradisional yang akan membuat usia orang Korea Selatan lebih muda.

NEWS | 8 Desember 2022

Pengurus Baru Aspikom Korwil Jabodetabek Periode 2022-2025 Resmi Dilantik

Acara pelantikan berlangsung di Aula Nurcholis Madjid, Universitas Paramadina, Jakarta Selatan pada Rabu, 7 Desember 2022. 

NEWS | 8 Desember 2022

Kemenkes Pantau Subvarian Omicron BN.1 yang Muncul di Indonesia

Selain Amerika Serikat, Omicron BN.1 juga terdeteksi di lebih 30 negara lainnya, termasuk Australia, Inggris, India, hingga Austria

NEWS | 8 Desember 2022

Hari Ini, 2 Gempa Lebih dari 5,0 M Guncang Tanah Air

Hari ini, Kamis (8/12/2022) wilayah Indonesia diguncang dua gempa berkekuatan lebih besar dari magnitudo 5.

NEWS | 8 Desember 2022

Publik Puas dengan Kinerja Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno

Publik mengaku puas dengan kinerja tiga menteri, yakni Prabowo Subianto, Erick Thohir, dan Sandiaga Uno.

NEWS | 8 Desember 2022

Jokowi Tinjau Rumah Contoh Tahan Gempa di Cianjur

Jokowi meninjau rumah contoh yang tahan gempa di Yonif Raider 300, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022).

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ibu Kota China Mulai Melonggarkan Kebijakan Keras Covid-19

Ibu Kota China Mulai Melonggarkan Kebijakan Keras Covid-19

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE