Logo BeritaSatu

Rapindo Manfaatkan Sistem Biometrik E-KYC Asli RI

Kamis, 8 Oktober 2020 | 22:59 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - PT Asli Rancangan Indonesia (Asli RI) dan PT Rapi Utama Indonesia (Rapindo) menerbitkan perjanjian kerja sama penyediaan layanan biometrik e-KYC pada aplikasi Rapindo ID Verification untuk sektor multifinance.

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), Suwandi Wiratno, mengatakan,aplikasi Rapindo ID Verification diperuntukkan bagi seluruh anggota Rapindo.

"Aplikasi ini dapat diakses pada situs resmi Rapindo ataupun melalui integrasi host-to-host antara sistem Rapindo dan sistem anggota Rapindo," kata Suwandi di Jakarta, Kamis (8/10/2020).

Suwandi menjelaskan, Rapindo merupakan badan usaha milik APPI yang menyediakan data secara nasional untuk pemeriksaan data aset, dimulai dari pendaftaran hingga validasi aset yang merupakan objek jaminan dari perusahaan pembiayaan.

"Anggota Rapindo juga dapat melakukan verifikasi status sebuah aset apakah sudah dijadikan agunan atau belum sehingga risiko double pledging dapat dihindari," jelasnya.

Menurut Suwandi, awal munculnya ide aplikasi tersebut dikarenakan perpanjangan masa pembatasan sosial bersakala besar (PSBB), dimana proses yang biasanya dilakukan oleh perusahaan pembiayaan, terutama proses customer due diligence (CDD), tidak dapat lagi dilakukan secara konvensional.

"Tentunya, diperlukan suatu transformasi digital untuk menjamin kelancaran bisnis untuk tetap jalan. Kita tidak boleh menyerah dengan keadaan," tandas Suwandi.

Direktur Rapindo, Widyastomo, menambahkan, dengan sistem e-KYC Asli RI, maka proses CDD menjadi lebih cepat, akurat, dan komprehensif karena dilakukan secara digital, sehingga tidak perlu lagi dilakukan secara manual atau tatap muka.

"Dengan menggunakan sistem e-KYC dari Asli RI, perusahaan pembiayaan dapat meningkatkan mitigasi risiko serta menjamin kualitas pembiayaan yang baik dan terproteksi, sehingga perusahaan pembiayaan dapat memberikan pelayanan yang lebih prima, baik dari segi kecepatan maupun keamanan kepada nasabahnya," tambahnya.

Menurut Widyastomo, terjalinnya kerja sama ini mendukung sektor multifinance untuk lebih mantap mengakuisisi lebih banyak customer dan nasabah baru secara tepat dan akurat tanpa mengabaikan prinsip CDD. "Sehingga membantu mendorong pergerakan roda ekonomi dan menjadi solusi dalam membangkitkan perekonomian bangsa yang sedang terpuruk di tengah pandemi ini," tandasnya.

Sementara itu, Komisaris Asli RI, Robert Rompas, mengatakan, sistem e-KYC yang dirancang Asli RI merupakan salah satu bentuk nyata karya anak bangsa yang dapat memberikan proteksi atau pengamanan bagi perusahaan pada industri 4.0 ini.

"Dengan menggunakan sistem ini, perusahaan dapat meminimalisir bahkan meniadakan tindak pemalsuan identitas dan menghindari kerugian. Apalagi, peran multifinance sangat penting dalam menyalurkan permodalan kepada masyarakat, tentunya dengan inovasi ini akan membawa dampak positif juga pada ekonomi secara mikro maupun makro, agar sisi pembiayaan tetap jalan dan tidak stuck," tegasnya.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

PLN siap mendukung pertumbuhan industri dan bisnis di Jabodetabek melalui pembangunan SUTET 500 kV Bekasi – Muara Tawar.

NEWS | 4 Oktober 2022

Kasus Garuda, Eks Anggota DPR Chandra Tirta Wijaya Dicegah ke Luar Negeri

Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mencegah eks anggota DPR Chandra Tirta Wijaya untuk berpergian ke luar negeri.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Tegaskan Tak Terpengaruh Rumor Politisasi Kasus Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak terpengaruh soal mencuatnya rumor politisasi dalam mengusut kasus Formula E.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dede Yusuf Pertanyakan Aksi Represif Aparat dalam Tragedi Kanjuruhan

Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf mempertanyakan aksi represif aparat keamanan dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

DPR Setujui 9 Komisioner Komnas HAM Periode 2022-2027

DPR menyetujui sembilan nama komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 dalam sidang paripurna yang digelar di gedung DPR, kompleks Parlemen, Jakarta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pangkogabwilhan II Novyan Samyoga Meninggal Dunia, Ini Sosoknya

Kadispenau Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah mengatakan, Marsdya Novyan Samyoga meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto Jakarta karena sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Presiden PKS: Anies Baswedan Mampu Menjadi Simbol Perubahan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mampu menjadi perubahan untuk Indonesia. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut positif langkah Partai Nasdem.

NEWS | 4 Oktober 2022

Masyarakat Papua Diharapkan Tinggalkan Kediaman Lukas Enembe

Masyarakat Papua diharapkan dapat memberi ruang kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memeriksa Gubernur Papua, Lukas Enembe.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dipanggil Polisi, Rizky Billar Diminta Kooperatif

Rizky Billar diminta kooperatif saat dipanggil polisi. Rizky diminta memenuhi panggilan polisi terkait KDRT yang dia lakukan terhadap sang istri, Lesti Kejora.

NEWS | 4 Oktober 2022

Barang Bukti Kasus Tewasnya Brigadir J, Ada 3 Pistol

Polri melimpahkan barang bukti kasus tewasnya Brigadir J, Salah satu barang bukti yang dilimpahkan, adalah pistol.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings