Logo BeritaSatu

LDKS SMAN 8 Jakarta Bentuk Pemimpin Milenial Cerdas dan Tangguh

Minggu, 25 Oktober 2020 | 13:56 WIB
Oleh : Jeis Montesori / JEM

Jakarta, Beritasatu.com - Belajar dari rumah atau belajar jarak jauh yang kini diterapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tak menyurutkan peserta didik SMA Negeri 8 Jakarta kelas X untuk mengikuti kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS). Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu (24/10/2020) tersebut, diikuti oleh seluruh peserta didik kelas X yang berjumlah 345 orang terdiri dari 145 peserta didik putra dan 200 peserta didik putri.

Kegiatan ini diadakan secara synchronous dan asynchronous. Secara synchronous dengan disiarkan langsung melalui kanal Youtube SMA Negeri 8 Jakarta dan zoom meeting. Ada pun secara asynchronous peserta didik dapat menyimak video yang telah disiapkan oleh pemateri dengan belajar mandiri. Selain itu, seluruh peserta juga mengikuti posttest untuk mengukur keterserapan materi yang telah disiapkan oleh narasumber.

Kepala SMA N 8 Jakarta, Rita Hastuti dalam sambutan pembukaan mengatakan bahwa, SMAN 8 Jakarta memiliki reputasi yang baik dan para lulusannya menempati banyak posisi-posisi penting, menjadi pemimpin-pemimpin di berbagai bidang di negeri ini, termasuk 3 menteri di kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini.

“Bisa jadi apa yang telah dijalani selama di SMAN 8, menjadi bagian yang menguatkan. Selamat mengikuti LDKS 2020,” ujar Rita Hastuti yang bersama guru, orang tua, siswa, komite sekolah, dan alumni terus melakukan inovasi dimasa pandemi Covid-19 untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para siswa.

Tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk membentuk kepribadian para peserta didik yang matang dalam memahami tentang kepemimpinan, sehingga di sinilah pentingnya diadakan LDKS untuk membentuk personal kepemimpinan pribadi siswa.

Rita Hastuti mengatakan, para siswa harus menuntaskan kemampuan memimpin dirinya terlebih dahulu sebelum ia dapat memimpin orang lain atau organisasi, yang mana nantinya siswa bisa lebih disiplin dan bertanggung jawab dalam tugasnya sebagai siswa maupun tugas dalam berorganisasi.

Kegiatan LDKS merupahan tahap awal untuk menuju tahapan berikutnya. Peserta didik yang telah berhasil mengikuti LDKS mendapatkan sertifikat yang kemudian menjadi tiket untuk mengikuti tahap selanjutnya. Tahapan selanjutnya yaitu LKS, kegiatan yang harus dilewati peserta didik jika ingin mengikuti organisasi di SMAN 8 seperti OSIS, Perwakilan Kelas (PK), dan jabatan tinggi pada ekstrakurikuler.

Adapun materi dalam kegiatan ini adalah kepemimpinan yang disampaikan oleh Dr. Ratiyono, Pencegahan narkoba yang disampaikan oleh Untung Subagio dari BNN DKI, keorganisasi dan problem solving yang disampaikan oleh Rio Ashadi, serta pendidikan karakter yang disampaikan oleh Aries Setiawan. Namun, di samping materi-materi tersebut ada selingan acara yang sifatnya menghibur.

Dua Sesi
Penyampaian materi secara synchronous terbagi ke dalam dua sesi. Pada sesi pertama yaitu kepemimpinan yang dibawakan oleh Dr Ratiyono, dimoderatori oleh Fronika Munthe dan Anggi (perwakilan orang tua kelas X).

Pada sesi diskusi, para peserta LDKS mengajukan banyak sekali pertanyaan yang menarik. Salah satunya siswa bernama Najwa mengatakan “Berikan tugas pada orang sibuk, maka tugas itu akan segera selesai. Berikan tugas pada orang yang santai maka tugas itu tidak akan selesai,” kata Najwa, sebagaimana disampaikan Ratiyono.

Ketika guru memberikan banyak tugas, apakah memang guru menganggap siswa sebagai orang sibuk? Jawaban yang menarik dari Ratiyono bawah orang-orang yang sibuk akan mampu mengatur waktunya, menyelesaikan tugas-tugas besar dengan sangat baik.

Sesi diskusi berjalan sangat menarik, siswa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sangat cerdas. Setelah pemaparan sesi 1 selesai, acara dilanjutkan dengan kuis kahoot mengenai materi kepemimpinan, penyerahan sertifikat digital dari kepala sekolah kepada pemateri, kemudian dilanjutkan dengan ice breaking chicken dance dan break sesi 1.

Materi lainnya yaitu tentang pencegahan antinarkoba oleh Untung Subagio, penyuluh BNN Provinsi DKI Jakarta. Sesi ini dimoderatori oleh Kamid.

Pemaparan materi mengenai bahaya narkoba, jenis-jenis narkoba baru yang ditemukan, juga langkah pencegahan agar siswa tidak mencoba atau terjerumus ke dalam narkoba. Pada sesi diskusi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan siswa sangat menarik sehingga atmosfer tanya jawab terasa sangat seru dan menyenangkan.

Materi berikutnya dilaksanakan melalui asynchronous di e-learning SMA Negeri 8 Jakarta. Siswa dapat mengakses materi tersebut secara mandiri dan mengerjakan penugasan terkait materi dan melaksanakan posttest pada tanggal 31 Oktober 2020.
Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik atas kerja sama antara pihak sekolah dan orang tua siswa kelas X.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Desmond: Fit and Proper Test Calon Komisioner Komnas HAM Kali Ini Paling Buruk

Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa menyebutkan fit and proper test calon Komisioner Komnas HAM merupakan fit and proper test paling buruk.

NEWS | 30 September 2022

Ini Keunggulan Vaksin IndoVac dan AWcorna Produksi Dalam Negeri

Vaksin IndoVac dan AWcorna yang merupakan produksi dalam negeri, sudah mengantongi izin penggunaan darurat dari BPOM.

NEWS | 30 September 2022

DPR Tiba-tiba Copot Hakim MK Aswanto, Jimly: Ini Pemecatan Tanpa Dasar

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie angkat bicara soal DPR yang tiba-tiba mencopot Aswanto dari jabatan Hakim MK.

NEWS | 30 September 2022

Jadi Calon Kuat Pj Gubernur DKI, Kasetpres: Itu Penuh Misteri

Kasetpres Heru Budi Hartono enggan berkomentar terkait dirinya menjadi calon kuat Pj Gubernur DKI menggantikan Anies Baswedan yang purnatugas pada Oktober.

NEWS | 30 September 2022

Keppres Pemecatan Ferdy Sambo Telah Diteken Jokowi

Presiden Jokowi telah menandatangani Keppres Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) atau pemecatan Irjen Ferdy Sambo terkait kasus Brigadir J.

NEWS | 30 September 2022

Kapolri: Putri Candrawathi Resmi Ditahan Mulai Hari Ini

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi resmi ditahan di Rutan Mabes Polri terkait kasus tewasnya Brigadir J, mulai hari ini, Jumat (30/9/2022).

NEWS | 30 September 2022

Lesti Kejora Laporkan KDRT Rizky Billar, Netizen: Kacang Lupa Kulitnya

Rizky Billar yang diduga melakukan KDRT kepada Lesti Kejora, disebut netizen sebagai kacang yang lupa akan kulitnya.

NEWS | 30 September 2022

Putusan Arbitrase Indonesia Dapat Dieksekusi di Singapura

Putusan arbitrase yang ditetapkan oleh lembaga-lembaga arbitrase Indonesia dapat dieksekusi di Singapura,

NEWS | 30 September 2022

Jokowi Ajak KAHMI Terus Berkontribusi untuk Kemajuan Bangsa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

NEWS | 30 September 2022

Putri Candrawathi Rampung Jalani Tes Kesehatan di Bareskrim

Istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi rampung menjalani tes kesehatan di ruang tes kesehatan Bareskrim Polri.

NEWS | 30 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Rizky Billar, KPI Pusat Larang Stasiun Televisi dan Radio Undang Pelaku KDRT

Kasus Rizky Billar, KPI Pusat Larang Stasiun Televisi dan Radio Undang Pelaku KDRT

NEWS | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings