Logo BeritaSatu

Indonesia Kekurangan Tenaga Ahli Programmer

Senin, 26 Oktober 2020 | 15:04 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Ketimpangan antara kebutuhan dan ketersediaan tenaga programmer yang memenuhi kualifikasi industri membuat Nextgen, salah satu perusahaan alih daya tenaga ahli teknologi informasi (TI) profesional di tanah air, membuka kursus programming dengan metode baru. Kursus ini terbuka untuk umum dan diselenggarakan secara online.

CEO Nextgen, Mirfan Brainer, mengatakan, metode baru kursus programming yang digagas pihaknya, diyakini bisa mencetak programmer sesuai kualifikasi industri dengan lebih cepat dan pasti.

Advertisement

"Metode baru ini akan menghapus gap pengetahuan dan pengalaman yang selama ini banyak membuat programmer pemula gagap bahkan gagal ketika masuk dunia kerja," kata Mirfan Brainer dalam keterangan tertulisnya kepada Beritasatu.com, Senin (26/10/2020).

Menurut Mirfan, ketimpangan antara supply and demand tenaga programmer siap pakai selalu jadi masalah yang dihadapi selama belasan tahun, mempersiapkan dan menyalurkan tenaga TI profesional.

"Banyak perusahaan yang mencari mereka namun rata-rata tidak siap ketika mulai bekerja dan harus langsung memberi kontribusi maksimal. Akibatnya mereka dianggap gagal memenuhi kualifikasi dan inilah masalah yang akan diselesaikan oleh metode baru di kursus programming Nextgen,” paparnya.

Mirfan menjelaskan, metode belajar kursus programming Nextgen akan fokus pada wawasan industri dan ketangkasan eksekusi sehingga para peserta bisa langsung memberi kontribusi maksimal saat masuk dunia kerja.

"Peserta akan langsung dilatih mengerjakan tugas coding untuk mini project, sampai proyek berskala industri yang semuanya akan diperiksa otomatis oleh sebuah aplikasi khusus Nextgen untuk kebutuhan ini. Jadi tak cuma teori atau praktek normatif,” jelasnya.

Mirfan menegaskan, bootcamp internal Nextgen yang telah berlangsung tahunan berkontribusi besar dalam mematangkan metode baru ini hingga terbukti sangat efektif. Rata-rata lulusan bootcamp internal Nextgen terbukti langsung berperan penting di berbagai skala proyek perusahaan rekanan.

"Tak heran, karena mereka memang sudah dikondisikan untuk itu dan kami akan membuat semua peserta kursus programming Nextgen juga demikian,” tegasnya.

Tersedia cukup banyak bahasa pemrograman yang dapat dipelajari di kursus Nextgen, di antaranya kursus HTML, Javascript, JQuery dan Java yang kesemuanya fokus kepada pengerjaan tugas-tugas coding. Nextgen juga menyediakan kursus khusus untuk belajar framework bahasa pemrograman, seperti Java Spring dan Hibernate.

Kemudian, tersedia juga kursus pengembangan perangkat lunak, yaitu aplikasi point of sale (POS) yang terbilang cukup komplet karena peserta harus menyelesaikan tugas mengembangkan crud master data, login, security, transaksi sampai reporting.

Menyinggung soal durasi kursus, Mirfan menjelaskan, tak ada batas waktu tertentu. Durasi akan kursus akan sangat tergantung dari kemampuan peserta dalam menyelesaikan semua tugas.

"Jika peserta diasumsikan mendedikasikan waktu lima jam sehari untuk mengerjakan tugas, mestinya bisa selesai dalam waktu dua tiga minggu. Ada yang berhasil begitu tapi ada juga yang lebih lama, bahkan sampai dua bulan,” kata Mirfan.

Saat peserta telah menuntaskan kursus, kata Mirfan, Nextgen akan memberi sertifikat kelulusan. "Peserta juga berhak mencantumkan proyek kursus sebagai pengalaman proyek dalam resume pribadinya," pungkasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tandan Pisang Setinggi 2 Meter Hebohkan Warga Kudus

Warga di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah dibuat heboh dengan adanya tandan pisang yang menjulur dari atas sampai ke bawah setinggi 2 meter.

NEWS | 29 Januari 2023

Jembatan Putus, 4 Anggota TNI dan Polri Hilang di Sungai Digoel Papua

Tiga anggota Polri dan satu anggota TNI dikabarkan hilang di Sungai Digoel, Distrik Iwur Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jalur Semarang-Grobogan Ambles Sepanjang 25 Meter

Jalur utama yang menghubungkan antara Kabupaten Grobogan dengan Kota Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Gubug, Grobogan, ambles.

NEWS | 29 Januari 2023

7 Pelaku Perusakan Bus Persis Solo Ditangkap Polisi

Polres Tangerang Selatan menangkap tujuh suporter yang diduga pelaku perusakan bus Persis Solo usai pertandingan melawan Persita Tangerang, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Masuki Peralihan Musim, BMKG Imbau Masyarakat Waspada

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai kondisi cuaca pada saat peralihan musim.

NEWS | 29 Januari 2023

Pura-pura Hendak Salat Duha, Pasangan Suami Istri Curi Kotak Amal Terekam CCTV

Pasangan suami istri yang berpura pura hendak menjalankan salat Duha terekam kamera pengawas CCTV mencuri uang dalam kotak amal masjid.

NEWS | 29 Januari 2023

Serahkan Diri, Sopir Audi Tersangka Penabrak Mahasiswi Cianjur Diperiksa Polisi

Sopir Audi A6 berinisial SG, tersangka kasus kecelakaan yang menewaskan mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini sedang diperiksa Polres Cianjur. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jakarta Berpotensi Diguyur Hujan Lebat Tiga Hari ke Depan

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut wilayah DKI Jakarta berpotensi diguyur hujan lebat selama tiga hari ke depan.

NEWS | 29 Januari 2023

Banjir di Jalan Bangun Nusa Raya Cengkareng karena Drainase Buruk

Banjir yang kerap melanda Jalan Bangun Nusa Raya, Cengkareng, Jakarta Barat disebabkan sistem drainase yang buruk.  

NEWS | 29 Januari 2023

Raih 20 dari 36 Suara, Chandra Terpilih Jadi Ketum HMI Palembang

Chandra berhasil meraih 20 suara dari total 36 suara dan terpilih menjadi ketua umum HMI Cabang Palembang.

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

Keketuaan ASEAN 2023 Jaga Stabilitas Episentrum Ekonomi

EKONOMI | 28 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE