Logo BeritaSatu

Libur Panjang, Kakorlantas Minta Masyarakat Tetap Patuhi Protokol Kesehatan

Senin, 26 Oktober 2020 | 19:13 WIB
Oleh : Gardi Gazarin / RSAT

Jakarta, Beritasatu.com - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Istiono mengingatkan masyarakat yang akan liburan panjang (long weekend) mulai 28 Oktober tetap mematuhi protokol kesehatan. Jika mengabaikan aturan itu, dikhawatirkan angka positif corona kembali meningkat.

Istiono berharap, libur panjang menjadi hari libur sehat. "Bagusnya memang libur di rumah saja, biar lebih sehat lagi," kata Irjen Istiono kepada Beritasatu.com, Senin (26/10/2020).

Advertisement

Menurut Kakorkantas Irjen Istiono, kepolisian meminta agar warga selama libur panjang jangan sampai menjadi masalah baru tentang penyebaran Covid-19. Pihaknya selalu mengingatkan pada semua pengguna jalan, keselamatan adalah nomor 1 buat rakyat.

Untuk itu, mulai hari ini Polri menggelar Operasi Zebra dari tanggal 26 Oktober - 8 November 2020. Operasi ini sifatnya simpatik persuasif dan humanis. Di lapangan Polri lebih mengedepankan tindakan-tindakan yang membangun kesadaran masyarakat supaya patuh terhadap protokol Covid-19.

"Kita barengi dengan Operasi Zebra ini supaya kedisiplinan masyarakat jadi lebih tinggi dan menyehatkan mereka," tegas jenderal bintang dua itu.

Dijelaskan Istiono, dalam rangka pengamanan libur panjang dan sekaligus Operasi Zebra jajaran Polantas akan mengedepankan upaya-upaya humanisme serta mengedukasi kesadaran masyarakat dalam berkendara mengingat Operasi Zebra kali ini masih dalam masa pandemi Covid-19.

"Operasi Zebra dilaksanakan secara simpatik, persuasif dan humanis mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemik Covid-19," ujarnya.

Operasi Zebra kali ini, pihak Koorlantas Polri bekerja sama dengan stakeholder atau pemangku kepentingan terkait seperti Kementerian Perhubungan, Jasa Raharja agar pengamanan arus lalu lintas libur panjang berjalan aman dan lancar.

Untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan pada libur panjang ini, sejumlah antisipasi telah diiapkan seperti sistem satu arah, pengaturan lawan arus, pengaturan buka tutup rest area, pengaturan gerbang tol dengan menambah petugas dan pengaturan di kapal penyeberangan.

Pada Operasi Zebra ini, Korlantas Polri mengerahkan 160.916 personel gabungan untuk mengamankan libur panjang Maulid Nabi dengan rincian 94.170 personel Polri, 24.448 personel, TNI dan unsur terkait 42.298 personel.

Selain itu, terdapat 645 pos keamanan dan pos terpadu yang disiapkan. Pos-pos tersebut difokuskan di jalur tol, rest area, jalur arteri, lokasi wisata, dan jalur alternatif ataupun tempat penyeberangan ASDP.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jaksa Sebut Khadijah hingga Bunda Maria, Pengacara Putri Candrawathi: Kamuflase

Pihak pengacara Putri Candrawathi menilai replik jaksa yang menyebut sosok Khadijah hingga Bunda Maria hanyalah sebuah kamuflase.

NEWS | 2 Februari 2023

Soal Replik Jaksa, Pengacara Putri Candrawathi: Menyedihkan dan Sia-sia

Pengacara Putri Candrawathi, Arman Hanis memandang replik jaksa seperti tengah tersesat dalam rimba fakta serta argumentasi.

NEWS | 2 Februari 2023

Putri Candrawathi Akan Divonis Hakim pada 13 Februari

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menjatuhkan vonis terhadap Putri Candrawathi pada Senin (13/2/2023).

NEWS | 2 Februari 2023

Bareskrim Polri Usut Dugaan Pencucian Uang dalam Kasus KSP Indosurya

Bareskrim Polri mengusut dugaan pencucian uang dalam kasus penipuan investasi dana nasabah koperasi simpan pinjam (KSP) Indosurya.

NEWS | 2 Februari 2023

Polresta Bogor Tangkap Pelaku Penipuan 106 Jemaah Umrah

Aparat Reskrim Polresta Bogor Kota menangkap seorang wanita yang diduga menjadi otak penipuan bermodus jemaah umrah Kamis (2/2/2023).

NEWS | 2 Februari 2023

Buat Prank Penculikan Anak, Pemuda di Konawe Berurusan dengan Polisi

Seorang pemuda bernama Hamdil (24) harus berurusan dengan polisi lantaran membuat prank atau lelucon tentang penculikan anak.

NEWS | 2 Februari 2023

Pengacara Putri Candrawathi: Dalil Jaksa Hanya Delusi

Pengacara Putri Candrawathi, Arman Hanis menilai dalil jaksa penuntut umum selama rangkaian persidangan hanya merupakan sebuah delusi.

NEWS | 2 Februari 2023

Jenderal Dudung Absen Rapat, Komisi I DPR Minta Saling Menghormati

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman absen dalam rapat antara Komisi I DPR dengan TNI yang digelar hari ini, Kamis (2/2/2023)

NEWS | 2 Februari 2023

Rumah Tempat Percetakan di Ciracas Terbakar, 9 Unit Damkar Dikerahkan

Api dapat dipadamkan satu jam kemudian setelah sembilan unit mobil Pemadam kebakaran dan 45 personel diterjunkan.

NEWS | 2 Februari 2023

Pengacara Putri Candrawathi Nilai Jaksa Terlalu Lelah Bersidang

Pengacara Putri Candrawathi, Arman Hanis menilai jaksa penuntut umum sudah terlalu lelah untuk mengikuti persidangan.

NEWS | 2 Februari 2023


TAG POPULER

# Harga Bawang


# Koalisi Indonesia Bersatu


# Bunda Corla


# Serial Killer


# Penculikan Anak


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jaksa Sebut Khadijah hingga Bunda Maria, Pengacara Putri Candrawathi: Kamuflase

Jaksa Sebut Khadijah hingga Bunda Maria, Pengacara Putri Candrawathi: Kamuflase

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE