Logo BeritaSatu

Festival Film Europe on Screen 2020 Perluas Jangkauan

Senin, 2 November 2020 | 21:21 WIB
Oleh : Dina Fitri Annisa / CAH

Jakarta, Beritasatu.com - Ajang Europe on Screen (EoS) hadir kembali untuk ke 20 kalinya di Indonesia pada 16 hingga 30 November 2020. Berbeda dari tahun sebelumnya, di massa pandemi ini EoS akan diadakan secara daring melalui situs Festival Scope.

Edisi online EoS 2020 untuk pertama kalinya menjangkau seluruh nusantara. Festival ini tetap menghadirkan serangkaian film Eropa kontemporer terbaik. Sebanyak 40 film panjang dari 25 negara Eropa dan 1 kompilasi film pendek pemenang kompetisi Short Film Pitching Project EoS 2019 dapat diakses dari kenyamanan rumah penonton.

“Tentunya, kita akan merindukan layar perak dan hiruk pikuk kerumunan memasuki ruang sinema. Tetapi, kami akan mengkompensasi dengan menyajikan pilihan film terbaik dan terbaru Eropa, dan dengan jangkauan geografis yang lebih luas: yaitu seluruh 34 provinsi, dari Sabang di Aceh hingga Merauke di Papua,” kata Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket, Senin (2/11/2020).

Senada dengan Piket, festival Co-director EoS, Nauval Yazid mengatakan, bentuk festival daring juga membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat menonton di EoS dimanapun dan kapanpun.

“Walaupun dilakukan secara daring, penonton tetap dapat menonton secara bersamaan. Bedanya kini kita harus janjian dulu untuk menonton film yang sama, tapi dari rumah masing-masing," kata.

Festival Scope adalah situs khusus untuk mengadakan festival film secara daring yang sudah digunakan beberapa festival film internasional dunia, seperti Venice, Helsinki, dan lain-lain.

Untuk mendapatkan tiket menonton, penonton diharuskan untuk membuat akun di situs Festival Scope serta memiliki browser dan sistem operasi gawai terkini. Tiket gratis akan tersedia di hari pemutaran dengan jumlah terbatas untuk setiap filmnya.

Swoon, film panjang asal Swedia tahun 2019 yang disutradarai oleh Mans Marlind dan Bjorn Stein, akan menjadi film pembuka festival tahun ini. Film pemenang penata musik dan penata kostum terbaik dalam ajang Guldbagge Awards 2020 ini terinspirasi oleh sejarah taman rekreasi Grona Lund di Stockholm, Swedia.

Festival akan ditutup dengan How About Adolf?, film komedi tahun 2018 dari Jerman arahan Sönke Wortmann yang mendapatkan nominasi film terbaik dalam ajang Film Festival Cologne 2018.

Semangat EoS untuk mendukung industri film di Indonesia tetap berlanjut dengan mengadakan program Short Film Pitching Project (SFPP). Di EoS SFPP 2020, para pembuat film dapat mendaftarkan ide cerita film pendek mereka dan berkesempatan memenangkan dana produksi parsial dari EoS.

Festival co-director EoS, Meninaputri Wismurti mengatakan, keberagaman narasi serta inovasi teknis perfilman pendek Indonesia secara konsisten terus meningkat setiap tahunnya, baik dalam ajang SFPP dan juga industri film internasional," kata

"Hal ini dibuktikan dengan adanya 170 ide cerita yang kami terima. Kami sudah memilih 9 finalis dan mereka akan mempresentasikan idenya di depan para juri secara daring untuk dipilih 3 pemenang," jelasnya Meninaputri.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Menlu Retno dan Menkes Ethiopia Bahas Vaksinasi Global Covid-19

Menlu Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Kesehatan Ethiopia Lia Tadesse Gebremedhin membahas perkembangan vaksinasi global Covid-19.

NEWS | 26 September 2022

Jokowi Minta Lukas Enembe Hormati Proses Hukum di KPK

Presiden Jokowi meminta Gubernur Papua, Lukas Enembe menghormati proses hukum yang berjalan di KPK. termasuk menghadiri pemanggilan pemeriksaan dari KPK. 

NEWS | 26 September 2022

KPK Jadwalkan Periksa Anggota DPR Fraksi PKB Sofyan Ali

KPK menjadwalkan memeriksa anggota DPR dari Fraksi PKB, Sofyan Ali terkait pengembangan kasus suap pembahasan RAPBD Provinsi Jambi. 

NEWS | 26 September 2022

DKI Tambah 1 Lagi Fasilitas Penyaringan Sampah pada 2023

DKI menambah satu lagi fasilitas penyaringan sampah sungai yang akan ditempatkan di Kali Pesanggrahan

NEWS | 26 September 2022

Baru 9 Tahun, Pangeran George Ditaksir Bakal Miliki Kekayaan Rp 15 Triliun

Pangeran George, putra sulung dari Pangeran William dan Kate Middleton yang baru berusia 9 tahun, ditaksir bakal memiliki kekayaan senilai US$ 1 miliar.

NEWS | 26 September 2022

Kasus Gubernur Papua Lukas Enembe, KPK Panggil 2 Saksi

KPK memanggil dua orang saksi dalam penyidikan kasus dugaan suap dan gratifikasi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe.

NEWS | 26 September 2022

Presiden Jokowi: Hormati Proses Hukum di KPK

Presiden Jokowi mengimbau Gubernur Papua Lukas Enembe menghormati proses hukum yang kini dijalaninya di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

NEWS | 26 September 2022

500 Personel Gabungan Gerebek Lumpur di Kali Cideng

Sebanyak 500 personel gabungan diterjunkan dalam kegiatan gerebek lumpur yang dilakukan Sudin SDA Jakarta Pusat di Kali Cideng, Jakarta Pusat

NEWS | 26 September 2022

Raker Komisi I DPR dengan Menhan, Panglima TNI, dan Kasad Digelar Tertutup

Rapat kerja Komisi I DPR dengan Menhan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Kasad Jenderal Dudung Abdurachman digelar secara tertutup.

NEWS | 26 September 2022

Jenderal Listyo Sigit Mutasi 30 Perwira ke Sejumlah Jabatan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi 30 perwira ke sejumlah jabatan di lingkungan Polri

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jamal Musiala Tak Menyesal Pilih Bela Jerman Bukan Inggris

Jamal Musiala Tak Menyesal Pilih Bela Jerman Bukan Inggris

BOLA | 5 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings