Logo BeritaSatu

Soal Reuni PA 212 di Monas, Anies Belum Mau Komentar

Senin, 16 November 2020 | 18:12 WIB
Oleh : Yustinus Paat / DAS

Jakarta, Beritasatu.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan enggan memberikan komentar terlalu banyak soal izin kegiatan reuni persaudaraan alumni 212 di Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

Anies hanya mengatakan bahwa pada waktunya ia akan menyampaikan keputusan Pemprov DKI atas izin yang diajukan PA 212 untuk melakukan reuni di kawasan Monas. “Nanti kita akan sampaikan sendiri,” jawab Anies singkat di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (16/11/2020).

Advertisement

Anies merupakan penentu terakhir izin acara reuni PA 212 dilakukan di Monas. Selama pandemi Covid-19, penggunaan Monas untuk kegiatan harus mendapatkan izin dari Gubernur DKI.

Berdasarkan informasi dari Kepala Seksi Pelayanan Informasi Unit Pengelola Kawasan (UPK) Monas, Irfal Guci, PA 212 sudah mengirimkan surat izin penggunaan kawasan Monas untuk acara reuni kepada Anies pada 1 September yang lalu.

Kemudian, Anies meneruskan surat izin tersebut kepada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Provinsi DKI Jakarta untuk dikaji dan memberikan pertimbangan serta rekomendasi kepadanya.

Bakesbangpol DKI telah melakukan rapat pada Rabu (11/11/2020) lalu dengan agenda membahas permohonan izin dari PA 212. Sejumlah pihak diundang, antara lain Kapolda Metro Jaya, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Kepala Biro Pendidikan dan Mental Spiritual Setda DKI Jakarta, Kapolres Jakarta Pusat, Kepala UPK Monas dan pihak Bakesbangpol DKI Jakarta.

“Pada dasarnya semua SKPD (yang ikut rapat) keberatan. Karena memang sedang suasana Covid-19 seperti ini. Kalau satu boleh nanti semua itu pada bablas, pada minta. Nanti pada nanya kenapa boleh, apa alasannya kenapa kami yang (pesertanya) lebih kecil nggak boleh. Jadi pertimbangan-pertimbangan seperti itu sudah mengemuka dari Monas. Tapi keputusan akhir itu, karena rekomendasi kita kasih ke Pak Gubernur, terserah Pak Gubernur kasih apa nggak. Kalau boleh, kita siap, kalau nggak, ya lebih bagus lagi,” jelas Irfal.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza menegaskan, reuni PA 212 belum dimungkinkan diselenggarakan di Monas. Pasalnya, hingga saat ini, berbagai aktivitas masih dilarang dilakukan di Monas dalam kaitan dengan pandemi Covid-19 dan pemberlakukan PSBB.

“Perlu diketahui kalau tempatnya di Monas belum dimungkinkan. Karena Monas termasuk tempat atau unit kegiatan yang memang belum dibuka," kata Ariza di kawasan TMP Kalibata, Jaksel, Minggu (15/11/2020).

Apalagi, kata Ariza, Pemprov DKI Jakarta masih melarang kegiatan yang mengumpulkan massa atau banyak orang dalam rangka mencegah terjadi penularan Covid-19. "Dan juga kegiatan-kegiatan yang menghadirkan jumlah banyak dan menimbulkan kerumunan, tentu kami tak perkenankan,” pungkas dia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bupati Minta Kasus Penembakan Balon DPD RI Diungkap Tuntas

Bupati Kaur Lismidianto meminta aparat kepolisian mengungkap tuntas kasus penembakan terhadap adiknya Rahiman Dani.

NEWS | 4 Februari 2023

Jaga Lingkungan, Ganjar Adaptasi Go Green di Perencanaan Pembangunan 2023

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengadaptasi konsep go green dalam perencanaan pembangunan Jateng tahun 2023.

NEWS | 5 Februari 2023

Ganjar Pranowo Akan Kembali Naikkan Nominal Bantuan KJS

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berencana menaikkan nominal bantuan KJS di provinsinya.

NEWS | 4 Februari 2023

Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Puluhan Prajurit Tahanan

Puluhan tawanan perang Rusia dan Ukraina telah kembali ke Tanah Air mereka setelah pertukaran tahanan, kata pejabat di kedua belah pihak, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Diabetes Anak Naik 70 Kali Lipat, IDAI: Faskes Masih Kurang

Menurut dr Faizi, ketidakseimbangan fasilitas kesehatan (faskes) untuk menangani masalah diabetes anak, perlu menjadi perhatian utama pemerintah.

NEWS | 4 Februari 2023

Doa dan Harapan Orang Tua Brigadir J Jelang Vonis Ferdy Sambo

Orang tua Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat pun melantunkan doa dan harapan menjelang vonis Ferdy Sambo.

NEWS | 4 Februari 2023

Erick Thohir Minta Singkawang Bangun 5 Destinasi Wisata

Erick Thohir memotivasi pemerintah daerah dan tokoh masyarakat setempat Singkawang guna membangun destinasi lainnya agar menjadi pusat wisata.

NEWS | 5 Februari 2023

Aktivitas Gunung Bromo Meningkat

Aktivitas Gunung Bromo, Jawa Timur, meningkat. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut.

NEWS | 4 Februari 2023

Warga Terdampak Abu Gunung Kerinci Diimbau Gunakan Masker

Warga di sejumlah desa di Kecamatan Gunung Tujuh yang terdampak semburan abu vulkanik Gunung Kerinci diminta untuk menggunakan masker saat beraktivitas.

NEWS | 5 Februari 2023

Tempat Pembuangan Akhir Burangkeng Bekasi Kelebihan Kapasitas

Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, sudah kelebihan kapasitas.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE