Logo BeritaSatu

KPU Targetkan Partisipasi Pemilih Pilkada Bengkulu 80%

Minggu, 29 November 2020 | 16:17 WIB
Oleh : Usmin / FER

Bengkulu, Beritasatu.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Bengkulu, targetkan partisipasi pemilih di ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2020 di daerah ini sebesar 80 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1,3 juta jiwa.

"Kita menargetkan tingkat pastisipasi pemilih di pilbup dan pilgub Bengkulu melalui Pilkada Serentak 2020 sebesar 80 persen dari jumlah pemilih sebanyak 1,3 juta jiwa, yang tersebar di 10 kabupaten dan kota di Bengkulu," kata anggota KPU Provinsi Bengkulu, Eko Sugianto, di Bengkulu, Minggu (29/11/2020).

Eko mengatakan, awalnya KPU Bengkulu hanya menargetkan partisipasi pemilih di Pilkada Serentak 2020 sebesar 77,5 persen, tapi belakangan setelah sosialisasi pilkada berjalan baik ditengah pandemi Covid-19, target ditingkatkan menjadi 80 persen dari 1,3 juta pemilih.

"Melihat antusias masyarakat terhadap tahapan pelaksanaan pilbup dan pilgub Bengkulu, salah satunya kampanye tatap muka dengan jumlah terbatas hanya 50 orang yang dilakukan para cakada mendapat respon baik dari masyarakat, maka target tersebut optimistis dapat direalisasikan," ujarnya.

Selain itu, tanggal 9 Desember 2020 telah ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai hari libur nasional, sehingga karyawan swasta, karyawan BUMN, ASN dan masyarakat tidak bekerja alias tidak masuk kantor, sehingga bagi daerahnya yang melaksanakan pilkada mereka akan datang ke TPS untuk menyalurkan hak politiknya sesuai dengan pilihan masing-masing.

"Penetapan hari pencoblosan pilkada sebagai hari libur nasional sangat mempengaruhi tingkat kehadiran para pemilih di TPS pada masa pandemi Covid-19, termasuk di Bengkulu. Karena itu, KPU Bengkulu optimistis penetapan 9 Desember sebagai hari libur nasional akan meningkatkan partisipasi pemilih pibup dan pilgub di Bengkulu," ujarnya.

Sebab, bagi warga yang namanya sudah masuk dalam DPT baik di pilbup maupun pilgub Bengkulu, merasa rugi bila tidak menyalurkan hak suaranya pada pilkada 9 Desember mendatang. Dengan demikian, mereka pada hari libur nasional tersebut, tanpa ada paksaan dari pihak manapun datang sendiri ke TPS untuk menyalurkan hak politiknya sesuai dengan hati nurani masing-masing.

"Atas dasar inilah, KPU Provinsi Bengkulu sangat optimistis target partisipasi pemilih pilbup dan pilgub pada 9 Desember 2020 mendatang sebesar 80 persen dari DPT dapat direalisasikan dengan baik," ujarnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022

Dapat Suntikan Rp 551 M, Jakpro Segera Bangun ITF Sunter

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyuntikkan modal Rp 551 miliar kepada PT Jakpro untuk pembangunan ITF Sunter.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Taman Pracima Pura Mangkunegaran, Dulunya Lapangan Tenis Tertua di Solo

Taman Pracima Pura Mangkunegaran, Dulunya Lapangan Tenis Tertua di Solo

LIFESTYLE | 45 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE