Logo BeritaSatu

Dua Menteri Ditangkap KPK, Pakar: Shock Therapy Pejabat Negara

Minggu, 6 Desember 2020 | 11:29 WIB
Oleh : Yeremia Sukoyo / FMB

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menetapkan Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara sebagai tersangka dugaan tindak pidana korupsi berupa penerimaan sesuatu kepada penyelenggara negara atau yang mewakilinya di Kementerian Sosial terkait bantuan sosial (bansos).

Sebelumnya, di jabatan setingkat kementerian, KPK juga telah menetapkan status tersangka kepada Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terkait dengan urusan ekspor benih lobster atau benur.

Padahal, pasca-UU KPK direvisi, hampir setahun lamanya KPK seolah "tiarap" tanpa ada satupun penindakan kasus korupsi besar yang diusut. Namun, memasuki tahun kedua, KPK kembali menunjukkan kinerja yang patut mendapatkan apresiasi.

Pakar hukum pidana Universitas Parahyangan Agustinus Pohan, menilai, penangkapan dua pejabat negara setingkat menteri seolah merupakan shock therapy bagi para pejabat yang mengira KPK telah dilemahkan.

"Mungkin selama satu tahun kekosongan KPK tersebut, para pejabat mengira tidak akan ditindak. Pengungkapan kasus di Kemsos saya lihat sebagai shock therapy bagi para pejabat yang korupsi," kata Agustinus Pohan, di Jakarta, Minggu (6/12/2020).

Menurutnya, pengungkapan kasus besar yang dilakukan KPK belakangan ini membuktikan pimpinan KPK tetap mengedepankan penindakan. Walaupun, harus diakui revisi UU KPK memang tetap membuat KPK berubah.

"Revisi UU KPK memang tetap membuat KPK berubah. Di situ sekarang ada Dewas, penyadapan harus seizin Dewas. Tetapi revisi UU KPK bukan berarti membuat KPK tidak bisa melakukan penindakan," ujarnya.

Menurutnya, baik buruknya kinerja KPK sangat ditentukan oleh kemampuan dan keinginan lima pimpinan KPK. Sebaik atau seburuk apapun UU yang memayungi KPK, jika tidak ada kemampuan dan keinginan untuk memberantas korupsi di Indonesia, maka akan sia-sia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022

Dapat Suntikan Rp 551 M, Jakpro Segera Bangun ITF Sunter

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyuntikkan modal Rp 551 miliar kepada PT Jakpro untuk pembangunan ITF Sunter.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE