Logo BeritaSatu

Tips Aman dari Ancaman Siber Saat Bekerja dari Rumah

Rabu, 6 Januari 2021 | 13:28 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta, Beritasatu.com - Meski sudah banyak berita yang muncul mengenai kehadiran vaksin Covid-19 di awal tahun 2021, namun belum ada kepastian kapan pandemi ini akan usai.

Kondisi ini memiliki arti, tatanan hidup baru atau new normal kemungkinan besar akan masih terus berlanjut, begitu juga cara kita bekerja dari rumah atau yang lebih dikenal dengan istilah WFH (work from home).

Melalui laporan yang berjudul Future of Secure Remote Work, Cisco melakukan survei terhadap 3.000 pengambil keputusan teknologi dan informasi di perusahaan-perusahaan berskala kecil hingga besar dari 21 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Responden di Indonesia menyatakan, privasi data, keamanan akses, dan perlindungan dari malware merupakan tiga tantangan utama yang dihadapi selama WFH. Kekhawatiran akan perlindungan akses laptop atau komputer kantor, aplikasi berbasis teknologi cloud, informasi pelanggan, dan perangkat pribadi juga menjadi sorotan utama.

Oleh karena itu, Cisco membagikan tiga tips aman bekerja dari rumah selama pandemi yang bisa dilakukan perusahaan dan juga perseorangan guna menjawab tantangan di masa pandemi Covid-19.

Verifikasi Identitas Pengguna

Di era yang semakin canggih ini, menjaga keamanan siber dan perangkat sudah tidak bisa bertumpu pada kata kunci atau password lagi. Jika password tertebak atau diketahui oleh orang lain, maka sangat sulit untuk mencegah akses yang tidak sah (unauthorized access).

Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengaktifkan pengaturan verifikasi identitas pengguna. Dengan Cisco Duo misalnya, bisa membantu meningkatkan keamanan akses perangkat dengan melakukan pendekatan zero trust dalam proses autentikasi dua faktor (two-factor authentication).

Cisco Duo memastikan hanya pengguna dan perangkat yang terdaftar yang bisa mengakses aplikasi atau sumber data penting milik perusahaan. Selain itu, juga bisa membantu memberikan visibilitas perangkat dan aktivitas pengguna serta membatasi akses aplikasi.

Koneksi Internet yang Aman

Pastikan untuk selalu mengakses koneksi internet yang aman. Alasannya, saat memakai jaringan WiFi publik, mungkin saja jaringan tersebut dienkripsi sehingga siapapun yang ada di jaringan tersebut bisa memantau aktivitas di internet.

Hal ini akan sangat berbahaya jika pengguna melakukan akses ke informasi sensitif yang dimiliki oleh perusahaan karena itu berarti siapapun bisa mengaksesnya.

Untuk melindungi hal tersebut, mungkin bisa menggunakan Cisco AnyConnect Secure Mobility Client, yang mampu memberikan akses mudah dan sangat aman ke jaringan perusahaan dari perangkat apa pun, kapan pun, dan di mana pun sambil tetap melindungi data-data perusahaan yang sensitif.

Situs Internet yang Terpercaya
Perlu diingat, tidak semua situs yang dikunjungi di internet aman. Ada banyak situs berbahaya yang dapat menyebarkan malware ke perangkat, mencuri informasi pribadi bahkan meretas akun email.

Sebelum terlambat, ada baiknya melindungi diri dari ancaman siber malware. Cisco Advanced Malware Protection (AMP) misalnya, bisa melindungi dari malware yang mengancam email, jaringan, atau bahkan keamanan endpoint perusahaan.

Bagi perseorangan, Cisco AMP bisa membantu meningkatkan keamanan email dengan memblokir surat elektronik yang berindikasi melakukan spear phishing, ransomware, cryptoworms, dan serangan siber berbasis email lainnya. Bagi perusahaan, Cisco AMP juga bisa membantu melindungi keamanan jaringan dan endpoint perusahaan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Tambang Ilegal, Bareskrim Jadwalkan Periksa Ismail Bolong Besok

Tim penyidik Dit Tipidter Bareskrim Polri menjadwalkan memeriksa Ismail Bolong Selasa (29/11/2022) terkait kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim).

NEWS | 28 November 2022

Harga Beras Premium di Jayapura Tembus Rp 15.000 Per Kg

Harga beras di Pasar Induk Youtefa, Kota Jayapura, mulai merangkak naik seiring kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

NEWS | 28 November 2022

Polda Metro Jaya Akan Tangkap Kendaraan Tanpa Pelat Nomor

Polda Metro Jaya akan menangkap kendaraan tanpa pelat nomor. Dengan tanpa pelat nomor dan pelat nomor palsu, akan terhindar dari ETLE.

NEWS | 28 November 2022

Jaksa Minta Hakim Tolak Eksepsi Nikita Mirzani

Jaksa penuntut umum meminta majelis hakim PN Serang menolak keberatan atau eksepsi yang diajukan Nikita Mirzani. 

NEWS | 28 November 2022

Saksi Duga Ada Teroris Saat Disuruh Bawa Senjata ke Rumah Ferdy Sambo

Kombes Susanto Haris sempat menduga ada teroris saat disuruh bawa senjata ke rumah dinas Ferdy Sambo.

NEWS | 28 November 2022

Sikat Tambang Galian Ilegal, Ganjar Inisiasi Pembuatan Aplikasi Khusus

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, membuka seminar bertajuk “Penataan Pertambangan Mineral Bukan Logam dan Batuan Provinsi Jawa Tengah dan DIY”.

NEWS | 28 November 2022

Kasal Yudo Margono Dipilih Jokowi Jadi Calon Panglima TNI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI.

NEWS | 28 November 2022

Terlambat ke TKP Penembakan, Arif Rachman Dituding Sambo Apatis

Arif Rachman Arifin mengungkapkan momen saat dirinya dimarahi oleh Ferdy Sambo ketika dia terlambat ke TKP. Dia mengaku dituding apatis oleh Sambo.

NEWS | 28 November 2022

Naik 5,6 Persen, UMP DKI Jakarta Jadi Rp 4,9 Juta

UMP DKI Jakarta tahun 2023 naik sebesar 5,6 persen. Kenaikan itu menjadi Rp 4.900.798 dari yang sebelumnya sebesar Rp 4.641.854.

NEWS | 28 November 2022

Anak Tega Bunuh Ayah Kandung di Indramayu

Seorang anak tega bunuh ayah kandungnya sendiri di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Kabupaten Indramayu.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kasus Tambang Ilegal, Bareskrim Jadwalkan Periksa Ismail Bolong Besok

Kasus Tambang Ilegal, Bareskrim Jadwalkan Periksa Ismail Bolong Besok

NEWS | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE