Logo BeritaSatu

Paus Tedampar di Pantai Halmahera Selatan

Kamis, 7 Januari 2021 | 11:45 WIB
Oleh : Sahrudin Nurdin / JEM

Ternate, Beritasatu.com - Seekor paus berukuran besar dengan panjang 9 meter, ditemukan mati dan terdampar di pantai Desa Jiko Tamu, Kecamatan Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara, Kamis (07/01/2021).

Dari rekaman video amatir yang diperoleh warga, sebagian tubuh paus sudah terkubur oleh pasir, karena paus itu diketahu mati dan tedampar sejak tanggal 2 Januari 2021 lalu di pantai itu.

Advertisement

Tampak juga sejumlah warga desa setempat mulai dari anak-anak kecil hingga orang dewasa menjadikan bangkai paus sebagai objek berswa foto, dan dijadikan sebagai objek wisata karena kejadian seperti itu langka terjadi.

Kepala Harian Seksi Konservasi Wilayah I Ternate, Balai BKSDA Maluku, Anwar Ibrahim menjelaskan, Kamis, bangkai paus telah dievakuasi oleh petugas dengan cara ditarik ke laut mengunakan perahu motor, kemudian ditenggelamkan ke dasarr laut dengan mengunakan alat pemberat.

“Setelah menerima informasi dari warga ada paus terdampar di pantai Desa Jiko Tamu, sehingga dua hari kemudian teman-teman BKSDA di lapangan berkordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan penangananan. Puas itu telah ditenggelamkan ke dasar kayt dengan alat pemberat sehingga benar-benar bangkai itu teggelam, “ ungkap Anwar.

Anwar juga mengatakan, cara penanganan bangkai paus itu ditenggelamkan karena lokasi tersebut tidak tersedia alat yang bisa digunakan untuk penguburan bangkai paus tersebut.

"Kita tenggelamkan ke dalam laut, ini menghindari terjadinya pembusukan dan nantinya bisa berdampak pada kesehatan masyarakat setempat,” jelasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, Bareskrim Kirim Sampel ke BPOM

Bareskrim Polri mengirimkan sampel ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait dua kasus baru gagal ginjal akut yang ditemukan di DKI Jakarta.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Mardiono Sowan ke Ponpes Sukahideng, PPP Diminta Dekati Kiai dan Masyarakat

Muhamad Mardiono mengatakan dengan mendekatkan diri kepada masyarakat dan kiai maka PPP diharapkan bisa mendengar serta menyerap aspirasi yang ada.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, Daftar Obat Aman Dipertanyakan

Seiring munculnya kasus baru gagal ginjal akut, Tim Advokasi untuk Kemanusiaan meminta daftar obat aman yang dirilis BPOM harus diperiksa kembali.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Kasus Diabetes Anak Melonjak, IDI Tekankan Pentingnya Edukasi Masyarakat

Diperlukan edukasi bagi masyarakat terkait bagaimana skrining untuk penyakit diabetes khususnya pada anak agar tidak terjadi peningkatan kasus secara signifikan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

KPK Duga Ada yang Pengaruhi Saksi Kasus Lukas Enembe

Tim penyidik KPK mendalami dugaan adanya pihak yang memengaruhi saksi kasus dugaan suap dan gratifikasi Gubernur nonaktif Papua, Lukas Enembe.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Terduga Pelaku Pembunuhan Sopir Taksi Online Masih Aktif di Densus 88

Identitas pelaku pembunuhan seorang sopir taksi onoine berinisial HS, seorang anggota Densus 88 yang masih aktif ini disampaikan oleh penyidik.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Jumlah Korban Pelecehan Seksual Ibu Muda di Jambi Kemungkinan Bertambah

Subdit IV Ditreskrimum Polda Jambi masih terus melakukan penyidikan terhadap kasus pelecehan seksual yang dilakukan tersangka Yunita Asri kepada belasan anak-anak.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Kejagung Tetapkan dan Tahan Tersangka Kelima Kasus Korupsi BTS 4G Kominfo

Irwan Hermawan (IH), selaku Komisaris PT Solitech Media Sinergy jadi tersangka kelima kasus

NASIONAL | 7 Februari 2023

Tiket Kereta Api Mahal, Penumpang: Kayak Harga Pesawat

Masyarakat mengeluhkan harga tiket kereta yang tinggi. Mahalnya tiket kereta api bahkan banyak disebut hampir setara dengan harga tiket pesawat.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Pemerintah Didesak Segera Tetapkan KLB Gagal Ginjal Akut

Tim Advokasi untuk Kemanusiaan mendesak status kejadian luar biasa (KLB) segera ditetapkan pada kasus gagal ginjal akut progresif atipikal (GGAPA).

NASIONAL | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Putra Ronaldinho Segera Gabung Barcelona

Putra Ronaldinho Segera Gabung Barcelona

BOLA | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE