Logo BeritaSatu

Lansia Bukan Prioritas Vaksinasi Covid-19, Ini Alasan Menkes

Selasa, 12 Januari 2021 | 13:57 WIB
Oleh : Dina Manafe / EAS

Jakarta, Beritasatu.com - Pelaksanaan vaksinasi di Indonesia dipastikan dimulai besok, Rabu (13/1/2021) dan targetnya berlangsung selama 12 bulan ke depan. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksinasi perdana akan dilakukan di seluruh Indonesia, dan selanjutnya dilakukan secara bertahap.

Pada tahap pertama dengan waktu pelaksanaan Januari-Februari, sebanyak 1,48 juta tenaga kesehatan (nakes) disuntik. Tahap kedua sebanyak 17,4 juta petugas publik, dan selanjutnya 21,5 juta lanjut usia (lansia). Waktu pelaksanaannya untuk kelompok ini pada bulan Maret dan April.

Menkes mengatakan, sama dengan negara lain di dunia, tenaga kesehatan adalah kelompok prioritas pertama yang divaksinasi. Mengapa? Karena setiap hari mereka menangani pasien Covid-19, dan lebih berisiko tinggi terinfeksi. Tetapi berbeda dengan banyak negara, di Indonesia tenaga publik ditempatkan sebagai prioritas kedua sebelum lansia.

"Di Indonesia lansia kita jadikan prioritas 2b karena vaksin yang ada sekarang yaitu Sinovac baru uji klinis pada usia 59 tahun,” kata Menkes pada rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (12/1/2021).

Lansia ditempatkan pada prioritas ketiga setelah petugas publik, alasannya karena vaksin Sinovac yang saat ini tersedia di Indonesia dan telah mendapatkan izin penggunaan dalam kondisi darurat atau emergency use authorization (EUA) dari BPOM pada Senin (11/1/2021) uji klinisnya baru dilakukan pada usia 18-59 tahun.

"Kita harapkan vaksin Pfizer dan Astra Zeneca yang datang di bulan April adalah vaksin yang uji klinisnya digunakan untuk usia di atas 59 tahun,” kata Menkes.

Diharapkan setelah datang vaksin dari Pfizer dan Astra Zeneca tersebut, pelaksanaan vaksinasi untuk petugas publik dan lansia dilakukan di bulan Maret dan April.

Menkes juga mengatakan, petugas publik adalah orang-orang yang dalam tugasnya sehari-hari bertemu banyak orang, dan berisiko tinggi terpapar Covid-19. Banyak negara mendahulukan lansia sebelum petugas publik. Alasannya sama, kelompok ini juga berisiko tinggi tertular. Lansia yang tertular Covid-19 lebih mudah menjadi parah dan bahkan meninggal, sehingga di banyak negara mereka lebih dulu divaksin sebelum petugas publik.

"Jadi ini bukan alasan politik, ekonomi atau sosial, tetapi lebih kepada alasan kemanusiaan,” kata Menkes.

Diharapkan vaksinasi tahap dua ini selesai di akhir April, sehingga bisa dilanjutkan ke tahap berikutnya dengan menjangkau kelompok sasaran lainnya. Pemerintah menargetkan sebanyak 181,5 juta sasaran mendapatkan vaksin Covid-19.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jadi Pencetak Gol Terbanyak Timnas Prancis, Ini Respons Olivier Giroud

Jadi Pencetak Gol Terbanyak Timnas Prancis, Ini Respons Olivier Giroud

SEMESTA BOLA 2022 | 31 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE