Logo BeritaSatu

Kaltim Identifikasi Lahan Terdegradasi Melalui Aplikasi Jelantara

Rabu, 13 Januari 2021 | 08:20 WIB
Oleh : HS

Penajam, Beritasatu.com - Provinsi Kaltim bersama pihak terkait melakukan identifikasi lahan kritis (terdegradasi) melalui aplikasi Jelantara, yakni masing-masing kontributor mengirimkan data via aplikasi pada telepon seluler guna menuju restorasi bentang lahan berkelanjutan.

"Melalui aplikasi ini tentu untuk menghimpun pelibatan banyak pihak berpartisipasi dalam pengumpulan data perubahan tutupan menggunakan aplikasi berbasis seluler," ujar Ketua Dewan Daerah Perubahan Iklim (DDPI) Provinsi Kaltim Daddy Ruhiyat di Samarinda, Selasa (12/1/2021). Kegiatan ini bertujuan untuk pengenalan dan peluncuran urun data, kemudian meningkatkan kapasitas pengguna melalui pendekatan Jelantara guna identifikasi lahan yang terdegradasi.

Hal ini dikatakan Daddy saat membuka Lokakarya Peluncuran Urun Data untuk Identifikasi Lahan Terdegradasi menuju Restorasi Bentang Lahan Berkelanjutan di Provinsi Kaltim yang digelar melalui zoom meeting.

Dikatakan, restorasi bentang lahan merupakan proses panjang untuk mengembalikan fungsi ekologi dari lahan yang terdegradasi dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang bermukim di kawasan setempat.
Restorasi ini berkaitan erat dengan berbagai kebijakan nasional yang terkait dengan perubahan iklim, termasuk berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan.

"Pendirian Badan Restorasi Gambut, alokasi konsesi restorasi ekosistem, hingga pemberian akses kelola perhutanan sosial, merupakan bentuk nyata komitmen Pemerintah Indonesia dalam melakukan restorasi bentang lahan," katanya.

Sedangkan di Kaltim, restorasi hutan dan bentang lahan merupakan bagian dari program Kaltim Hijau (Kaltim Green) yang dicanangkan Gubernur Kaltim sejak Januari 2010.

Sementara Fathir Mohammad dari System Developer World Resources Institute (WRI) Indonesia mengatakan, bagi pengguna aplikasi Urundata Jelantara yang ingin berkontribusi terhadap tambahan data dengan cara yang mudah.

"Caranya mudah, yakni tinggal datang ke lokasi tutupan lahan yang ditetapkan, kemudian memotret di empat penjuru mata angin dari titik yang sama, lalu mundur tiga langkah dan memotret lagi, selanjutnya kirim saat itu juga jika ada jaringan, tapi jika belum ada jaringan, bisa dikirim sampai ketemu jaringan," ujar Fathir.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Awasi Potensi Korupsi Penyaluran Bantuan Korban Bencana

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti soal isu bantuan kemanusiaan untuk para korban bencana yang dikelola dengan tidak amanah.

NEWS | 2 Desember 2022

Persiapan Pemilu 2024, KPU Gelar Konsolidasi Nasional

KPU menggelar rapat konsolidasi nasional dalam rangka persiapan Pemilu 2024 di Beach City Entertainment Center Ancol, Jakarta Utara, pada Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

Ekonomi Global Suram, Jokowi Minta KPU Efisien Gunakan Anggaran Pemilu 2024

Presiden Jokowi mengingatkan KPU untuk efisien menggunakan anggaran Pemilu 2024 karena Pemilu kali ini digelar dalam situasi ekonomi global yang suram. 

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Airlangga kepada Pengusaha: Kenaikan UMP ini yang Pertama dalam 3 Tahun

Airlangga kepada Pengusaha: Kenaikan UMP ini yang Pertama dalam 3 Tahun

EKONOMI | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE